Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Perbedaan Information Technology dan Computer Science

Bina-Qurani-Perbedaan-Information-Technology-dan-Computer-Science
Perbedaan Information Technology dan Computer Science

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi infomasi pun semakin mengalami kemajuan yang cukup pesat. Kemajuan ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya inovasi dan penemuan di bidang information technology, baik dari technology yang sederhana hingga technology yang sangat rumit.

Information technology saat ini telah menjadi salah satu penunjang dalam membantu menyelesaikan pekerjaan manusia. Technology ini dapat membantu manusia agar hasil kerja yang dicapai dapat lebih efektif dan efisien. Masyarakat yang dulu hanya menggunakan dan mengandalkan technology tradisional atau sistem manual, kini mulai beralih menggunakan technology yang lebih modern.

Salah satu contohnya yaitu di bidang perkantoran, dimana saat ini banyak perusahaan mulai beralih menggunakan fingerprint (sidik jari) dalam mendata kehadiran karyawan atau pegawainya. Sehingga akurasi data absensi karyawan dapat lebih terjamin dibandingkan dengan pendataan menggunakan sistem manual.

Semakin maju dan berkembangnya technology ini telah banyak memberikan kemudahan manusia, sehingga menyebabkan technology seolah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia dalam menjalani aktifitas kesehariannya. Akibatnya, untuk menunjang kebutuhan teknologi bagi manusia, maka dibutuhkan juga tenaga-tenaga ahli yang memiliki gelar dan kemampuan di bidang information technology dan computer science untuk mengambil alih pekerjaan ini.

Lantas apakah information technology dan computer science merupakan disiplin ilmu yang sama? Apakah ada perbedaan information technology dan computer science? Apakah computer science lebih baik daripada information technology? Atau justru sebaliknya?

Berikut jawabannya!

Bina-Qurani-Perbedaan-Information-Technology-dan-Computer-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Perbedaan Information Technology dan Computer Science, Source: Photo by Pixabay Gtuignatov

Beberapa Perbedaan Information Technology Dan Computer Science

Bagi orang-orang awam, menganalisa perbedaan information technology dan computer science mungkin cukup sulit, atau bisa dibilang sangat sulit. Meskipun keduanya sama-sama memiliki kaitan erat dengan computer dan technology, namun memiliki ranah yang berbeda. Sehingga, memerlukan pengetahuan yang cukup luas untuk mengetahui perbedaan information technology dan computer science.

Untuk membantu memberikan penjelasan terkait perbedaan keduanya, berikut kami tuliskan beberapa perbedaan information technology dan computer science ditinjau dari beberapa aspek:

1. Ditinjau dari Definisi

Information Technology adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana menggunakan teknologi komputer secara optimal untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Information technology dapat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan atau menyebarkan informasi dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan computer science atau ilmu komputer adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang ilmu komputasi, perangkat lunak maupun perangkat keras. Bidang ilmu ini lebih khusus mengajarkan tentang bagaimana cara agar komputer dapat bekerja atau melakukan berbagai hal sesuai dengan keinginan penggunanya.

2. Cakupan Ilmu yang Dipelajari

Cakupan materi pembelajaran antara bidang ilmu information technology dengan computer science juga memiliki perbedaan.

Pada bidang ilmu information technology, cakupan ilmu yang akan dipelajari antara lain:

  • Pengantar komputer dan perangkat keras.
  • Pengantar sistem operasi.
  • Dasar-dasar pemrograman dan logika.
  • Pengantar database.
  • Dasar-dasar infrastruktur jaringan.
  • Keamanan teknologi informasi.
  • Pengantar sistem web, dan media.
  • User interface dan user experience.

Sedangkan pada bidang computer science, cakupan ilmu yang akan dipelajari antara lain:

  • Rekayasa perangkat lunak
  • Bahasa pemrograman
  • Desain database
  • Jaringan komputer
  • Kecerdasan buatan atau Artificial intelligence

Cakupan-cakupan ilmu di atas akan dipelajari oleh mahasiswa yang telah diterima pada perguruan tinggi dengan jurusan information technology maupun computer science, sesuai dengan kualifikasinya masing-masing.

Bina-Qurani-Perbedaan-Information-Technology-dan-Computer-Science

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Perbedaan Information Technology dan Computer Science, Source: Photo by Pixabay Geralt

3. Jenjang Karir

Jenjang karir yang didapatkan oleh seorang lulusan information technology dan computer science juga memiliki perbedaan.

Seorang lulusan dengan gelar sarjana information technology mempunyai kesempatan untuk bekerja sebagai tim keamanan informasi maupun arsitektur jaringan. Selain itu, sarjana information technology juga bisa menjadi bagian dari administrator database, administrator sistem atau bahkan support system.

Sedangkan seorang lulusan dengan gelar sarjana computer science memiliki kesempatan untuk menjadi pengembang perangkat lunak, atau web programmer. Untuk dapat menjadi seorang pengembang perangkat lunak professional, seorang lulusan computer science juga harus lebih banyak belajar dan sering-sering mencoba untuk membangun sebuah sistem perangkat lunak.

Itulah beberapa perbedaan information technology dan computer science jika ditinjau dari tiga aspek, mulai dari definisi, cakupan ilmu yang dipelajari, hingga jenjang karir lulusannya.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Buffik

Artikel Terkait:
Pemanfaatan Teknology Virtual Reality

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login