Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Perbedaan JavaScript Dan JQuery

Bina-Qurani-Perbedaan-JavaScript-Dan-JQuery
Perbedaan JavaScript Dan JQuery

JavaScript dan JQuery merupakan suatu sumber daya pemrograman yang cukup populer di era digital seperti sekarang. Kedua sumber daya ini memiliki peran penting bagi seorang developer dalam proses pengembangan suatu proyek, baik itu sebuah proyek website maupun aplikasi.

Lalu apa itu JavaScript dan JQuery? Apa perbedaan di antara keduanya? Dan apa kelebihan yang dimiliki oleh dua sumber daya ini? Berikut ulasannya!

Bina-Qurani-Perbedaan-JavaScript-Dan-JQuery

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Perbedaan JavaScript Dan JQuery, Source: Photo by Cottonbro Pexels

Definisi JavaScript

Apa itu JavaScript?

JavaScript atau sering disingkat dengan JS merupakan bahasa pemrograman berbasis protoyope yang digunakan untuk meningkatkan interaksi di situs web. JavaScript juga termasuk salah satu dari teknologi inti sebagaimana CSS dan HTML. Dimana CSS dan HTML digunakan untuk membuat halaman web. Sedangkan JavaScript digunakan untuk meningkatkan fungsi user interface atau UI dengan elemen pendukung seperti animasi, game, eye-catching flash, pop-up, dan validasi sisi klien.

Setiap web browser yang tersedia, telah mendukung JavaScript melalui mesin bawaan yang berfungsi untuk mengidentifikasi kode dan fungsi JavaScript. Pada awal mulanya, JavaScript hanya digunakan pada browser sisi klien saja. Namun, saat ini web browser telah menyediakan fitur-fitur dan fungsionalitas untuk semua host perangkat lunak yang ditemukan di database sisi server dan web server.

JavaScript sebagai bahasa pemrograman berbasis prototype yang memiliki unsur nama ‘Java’, tidaklah memiliki hubungan apapun terkait dengan bahasa pemrograman Java. Berikut kami berikan contoh script untuk menampilkan salam disesuaikan pada waktu yang ditentukan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript:

Contoh Penulisan Script JavaScript

Contoh Penulisan Script JavaScript

Definisi JQuery

Lalu apa itu JQuery?

Berdasarkan pada situs resminya di jquery[dot]com, JQuery didefinisikan sebagai library JavaScript yang cepat, kecil, dan kaya fitur. Hal ini membuat traversal dan manipulasi dokumen HTML, event handling, animasi, dan ajax, jauh lebih sederhana dengan API yang mudah digunakan serta memiliki banyak fungsi di berbagai web browser.

Maka jelaslah bahwa JQuery tidaklah sama seperti JavaScript. JQuery bukanlah bahasa pemrograman sebagaimana JavaScript, melainkan library lintas platform yang dikembangkan dari JavaScript.

Berikut contoh script JQuery untuk menampilkan salam sesuai pada waktunya, sebagaimana contoh sebelumnya.

Contoh Penulisan Script JQuery

Contoh Penulisan Script JQuery

Perbedaan JavaScript dan JQuery Ditinjau dari Beberapa Sisi

Berikut ini adalah beberapa perbedaan JavaScript dan JQuery yang paling menonjol jika ditinjau dari beberapa paremeter:

1. Ditinjau dari Fungsinya

Untuk mengetahui perbedaan JavaScript dan JQuery, dapat kita tinjau melalui fungsi dari kedua sumber daya ini.

Jika ditinjau dari fungsinya, JavaScript merupakan sumber daya pemrograman yang berfungsi sebagai bahasa pemrograman. Sedangkan JQuery adalah sebuah application programming interfave (API) serta library JavaScript lintas platform yang dirancang untuk meningkatkan fitur web browser.

2. Bahasa Pemrograman yang Digunakan

Bahasa pemrograman yang digunakan pada JavaScript menggunakan bahasa C. Sedangkang bahasa pemrograman yang digunakan pada JQuery menggunakan JavaScript.

3. Coding atau Scripting

Pada JavaScript, coding atau scripting mengharuskan seorang programmer untuk menulis script mereka secara manual, sehingga memakan banyak waktu dalam proses pengembangan suatu proyek. Sedangkan pada JQuery proses coding atau scripting sebagian besar sudah tersedia di dalam library.

Bina-Qurani-Perbedaan-JavaScript-Dan-JQuery

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Perbedaan JavaScript Dan JQuery, Source: Photo by Mati Mango Pexels

4. Kompatibilitas

JavaScript memungkinkan seorang programmer untuk menulis kode khusus untuk menangani kemampuan multi browser. Sedangkan pada JQuery merupakan library multi browser sehinga tidak memerlukan adanya Tindakan lebih lanjut dalam penulisan scrip atau kode pemrograman.

5. Panjang Kode

Kode yang ditulis pada JavaScript membutuhkan lebih banyak baris kode dibandingkan dengan JQuery yang membutuhkan lebih sedikit baris kode dalam proses coding.

6. Kecepatan atau Performa

JavaScript mempunyai kecepatan akses yang lebih cepat pada web browser, karena murni mengakses dokumen object model atau DOM. Sedangkan JQuery sedikit lebih lama, karena memerlukan sedikit waktu untuk dikonversi ke dalam JavaScript agar dapat dijalankan di web browser.

7. Verbositas (Penggunaan Kata)

JavaScript membutuhkan lebih banyak penggunaan kata pada baris kode untuk fungsionalitas apapun. Sedangkan JQuery jauh lebih ringkas terhadap titik yang kadang-kadang hanya satu baris yang diperlukan.

8. Maintain dan Reusable

Pada JavaScript karena memiliki karakter yang membutuhkan penggunaan banyak kata (verbose), mungkin akan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam melakukan maintan dan reusable. Sedangkan JQuery karena memiliki lebih sedikit baris kode, mungkin akan lebih mudah untuk pelaksanaan maintain dan reusable.

Itulah beberapa perbedaan JavaScript dan JQuery jika dilihat dari delapan aspek di atas. Berdasarkan tinjauan dari delapan aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa JavaScript dan JQuery tidaklah sama.

Thumbnail Source: Photo by Negative Space Pexels

Artikel Terkait:
Belajar Coding Dasar

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login