Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Perkara yang Berguna Bagi Mayit

Bina-Qurani-Perkara-yang-Berguna-Bagi-Mayit
Perkara yang Berguna Bagi Mayit

Sebagai seorang muslim, kita semua menyadari bahwa setiap yang bernyawa pasti akan meninggalkan dunia ini. Kita sadar bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah sementara. Namun, banyak di antara kita yang masih lalai dan tertipu akan keindahan dunia, seolah-oleh kita akan hidup selamanya dengan mengumpulkan dan menumpuk harta yang sangat banyak sehingga melalaikan kehidupan akhirat kita.

Atau kita justru mengira bahwa harta yang selama ini kita kumpulkan, kita kejar-kejar, akan menemani kehidupan kita di akhirat? Jawabannya tentu tidak! Segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini tidak lain hanyalah amanah yang akan kita tinggalkan setelah hari kematian kita datang.

Tidak ada sedikitpun dari hal tersebut yang akan di bawa ke dalam liang lahat kita. Adapun beberapa perkara yang berguna bagi seseorang setelah kematiannya yaitu:

Bina-Qurani-Perkara-yang-Berguna-Bagi-Mayit

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Perkara yang Berguna Bagi Mayit, Source: Photo by Pok Rie Pexels

1. Doa Kaum Muslimin untuk Mayit

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ (10)

Artinya:

“Dan orang-orang yang datang setelah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa. ‘Ya Rabb kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesunggungnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.’” (QS. Al-Hasyr: 10)

Dan Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya:

“Doa seorang muslim kepada saudaranya yang jauh darinya adalah mustajab.” (HR. Muslim)

2. Melunasi Hutang-hutang Si Mayit

Perkara lain yang juga berguna bagi mayit yaitu melunasi hutang-hutangnya oleh siapa saja. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Abu Qatadah yang melunasi hutang seseorang yang telah meninggal dunia.

Bina-Qurani-Perkara-yang-Berguna-Bagi-Mayit

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Perkara yang Berguna Bagi Mayit, Source: Photo by Abdullah G Pexels

3. Walinya Mengqadha Puasa yang Tidak Sempat Dilaksanakan

Hal ini berdasarkan hadits ‘Aisyah Raḍiallāhu ‘Anhā bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya:

“Barang siapa yang meninggal dunia sedangkan ia mempunyai tanggungan puasa, maka walinya berpuasa (mengqasha puasa tersebut) untuknya.” (HR. Bukhari Muslim)

Nash ini bersifat umum untuk puasa Ramadhan dan puasa nadzar. Dan ini adalah pendapat yang paling shahih dari para ulama.

4. Menunaikan Nadzar Sang Mayit

Perkara lain yang juga akan berguna dan bermanfaat bagi mayit adalah menunaukan nadzar sang mayit, baik itu nadzar puasa atau yang lainnya.

Hal ini sebagaimana ketika Sa’d bin ‘Ubadah pernah meminta fatwa kepada Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, ia berkata, “Sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia, sedangkan ia meninggalkan nadzar.” Beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Tunaikanlah nadzarnya itu.” (HR. Bukhari Muslim)

Bina-Qurani-Perkara-yang-Berguna-Bagi-Mayit

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Perkara yang Berguna Bagi Mayit, Source: Photo by Alena D Pexels

5. Amal Shalih yang Dilakukan oleh Anaknya

Amal shalih yang dilakukan oleh anaknya yang shalih merupakan perkara yang berguna bagi mayit.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā firman:

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى (39)

Artinya:

“Dan bahwa seorang manusia tidaklah memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm: 39)

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya sebaik-baik apa yang dimakan oleh seseorang adalah apa yang diusahakan dengan tangannya sendiri, dan sesungguhnya anaknya adalah hasil dari usahanya.” (HR. Abu Daud)

6. Amal Shalih dan Sedekah Jariyah si Mayit

Perkara lain yang akan berguna bagi mayit atau orang yang meninggal dunia adalah amal shalih dan sedekah jariyah yang dilakukan si mayit semasa hidupnya.

Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaatm dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Dikutip dari: Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Fiqhus Sunnah Lin Nisa’ Wama Yajibu an Ta’rifahu Kullu Muslimatin min Ahkam. Edisi terjemah: Alih Bahasa M. Taqdir Arsyad, Fikih Sunnah Wanita Panduan Lengkap Wanita Muslimah, (Bogor: Griya Ilmu, 2019), 252-254.

Thumbnail Source: Photo by Fawaz Pexels

Artikel Terkait:
Ziarah Kubur bagi Wanita

TAGS
#adab penuntut ilmu #Al Baqarah #Alquran 30 Juz #cara berbakti kepada orang tua #Cara Manghafal Quran #Cara membuat hand sanitizer #Cara Sholat Jenazah #hukum qurban adalah #ikhlas dalam beramal #Keutamaan Membaca Alquran
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login