Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

PPKM Artinya

Bina-Qurani-Ppkm-Artinya

PPKM Artinya – PPKM Darurat Jawa-Bali resmi ditetapkan oleh pemerintah terhitung sejak tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jadi PPKM artinya adalah sebuah aturan yang diterapkan untuk membatasi kegiatan masyarakat, guna mengurangi penyebaran virus corona.

PPKM diterapkan guna membendung laju angka positif virus corona yang terus mengalami kenaikan tiap harinya. PPKM ini awalnya diberlakukan untuk wilayah Jawa dan Bali yang kemudian diperluas ke 15 daerah di luar Jawa dan Bali.

Wilayah perluasan PPKM ini akhirnya meliputi Kota Tanjung Pinang dan Batam, Singkawang dan Pontianak, Padang Panjang dan Bukit Tinggi, Bandar Lampung, Manokwari dan Sorong, Padang, Mataram, dan Medan.

Bina-Qurani-Ppkm-Artinya

Source: Photo From Freepik

Presiden Jokowi mengatakan bahwa, “Dalam masa PPKM artinya aktifitas masyarakat akan dibatasi secara lebih ketat dari pembatasan sebelumnya.”

Adapun 16 rincian dari PPKM adalah sebagai berikut:

  1. Seluruh perkantoran di sektor non esensial wajib menerapkan 100% WFH (work from home) atau bekerja dari rumah.
  2. Untuk sektor esensial, karyawan boleh bekerja di kantor dengan maksimal 50% dari total karyawan dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
  3. Untuk sektor kritikal, karyawan dibolehkan bekerja di kantor dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
  4. Kegiatan belajar mengajar wajib dilaksanakan secara online atau daring.
  5. Jam operasional pasar tradisional, toko kelontong, supermarket dan pasar swalayan dibatasi sampai pukul 20.00 dengan kapasitas pengunjung maksimal 50%.
  6. Jam operasional apotek dan toko obat 24 jam.
  7. Kegiatan di pusat perbelanjaan, pusat perdagangan dan mal ditutup sementara.
  8. Rumah makan, restoran, kafe dan pedagang kaki lima dilarang makan di tempat, hanya boleh melayani pesanan take away atau delivery order.
  9. Kegiatan kontruksi dan proyek boleh beroperasi 100% dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  10. Tempat ibadah ditutup sementara
  11. Fasilitas umum ditutup sementara
  12. Kegiatan olahraga, seni & budaya, dan sosial kemasyarakatan ditutup sementara.
  13. Penumpang kendaraan umum dan angkutan masal dibatasi, maksimal 70% penumpang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  14. Resepsi pernikahan maksimal dihadiri oleh 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan penyediaan makananan hanya boleh dibawa pulang.
  15. Pelaku perjalanan domestik menggunakan pesawat, bus dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama serta tes PCR atau antigen.
  16. Masker tetap dipakai saar melakukan kegiatan di luar rumah. Penggunaan face shield wajib menggunakan masker.
Bina-Qurani-Ppkm-Artinya

Source: Photo From Freepik

Demikianlah uraian tentang PPKM yang diterapkan oleh Pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Selain PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) versi Pemerintah, warganet juga nampaknya mempunyai versi tersendiri menyikapi kebijakan PPKM ini.

Di antara mereka ada yang menyebutkan bahwa PPKM artinya adalah Pelan Pelan Kami Mati, ada juga yang menyebutkan bahwa PPKM artinya adalah Pernah Percaya Kemudian Menyesal dan kepanjangan-kepanjangan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa kepanjangan PPKM versi warganet:

1. PPKM artinya Pernah Percaya Kemudian Menyesal

Dalam cuitan ghaffi.pongkreng di twitternya pada tanggal 04 Juli 2021, dia menyebutkan bahwa PPKM artinya adalah Pernah Percaya Kemudian Menyesal.

2. PPKM artinya Pernah Pendekatan Kemudian Menjauh

Dalam cuitannya iwah yudis mengatakan bahwa PPKM artinya Pernah Pendekatan Kemudian Menjauh, dan dilanjutkan dengan permintaan maaf “maaf ya pernah nyakitin, jangan sampai kita sakit lagi”

3. PPKM artinya Pulang Pergi Kena Macet

Sementara itu, kenjiro dalan cuitannya menyebutkan bahwa singkatan PPKM artinya adalah Pulang Pergi Kena Macet. Mungkin dia terinspirasi dari rutinitasnya yang sehari-hari kena macet.

4. PPKM artinya Pelan Pelan Kabeh Mati

Sementara itu akun anggi meca malah menyebutkan bahwa PPKM artinya adalah Pelan Pelan Kabeh Mati yang dalah bahasa Indonesia artinya adalah Pelan Pelan Semua Mati.

Bina-Qurani-Ppkm-Artinya

Source: Photo From Freepik

Nah itulah kepanjangan PPKM versi netizen menyikapi kebijakan yang diterapkan untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang makin hari makin bertambah banyak.

Ada-ada aja memang ya, kreatifitas netizen Indonesia. Meski begitu, tetap jaga kebersian dan kesehatan. Semoga pendemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal seperti dulu kala.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

 

TAGS
#Arti PPKM #Kepanjangan PPKM #Masa Pemberlakuan PPKM #PPKM Jawa-Bali #PPKM Level 4 #PPKM
Login