Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Prinsip Kerja Ikigai

Bina-Qurani-Prinsip-Kerja-Ikigai
Prinsip Kerja Ikigai

Ikigai merupakan suatu konsep penting yang dapat membantu seseorang dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan hal yang disukai, hal yang mehir di dalamnya, memiliki banyak manfaat, juga mendapatkan bayaran dari pekerjaan yang dilakukannya.

Kata ikigai merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Jepang, yaitu kata “iki” yang artinya adalah hidup, dan “gai” yang artinya adalah nilai. Jadi, secara bahasa dapat dikatakan bahwa ikigai adalah sebuah nilai atau prinsip-prinsip kehidupan seseorang untuk mencapai tujuan hidupnya.

Seseorang yang memiliki dan memahami konsep ikigai, maka mereka akan lebih mudah dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. Selain dapat mencapai tujuan hidup yang diharapkan, menerapkan konsep ikigai dalam setiap aktivitas juga dapat membantu seseorang untuk tetap produktif.

Ikigai juga membantu seseorang dalam menentukan tujuan hidupnya, sehingga dapat memberikan kemudahan dalam menentukan suatu tindakan dan pekerjaan yang dilakukan lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, agar pekerjaan yang dilakukan oleh suatu karyawan dalam sebuah perusahaan dapat maksimal, maka memerlukan perhatian khusus mengenai kebutuhan-kebutuhan karyawan agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan bahagian dan bermakna.

Bina-Qurani-Prinsip-Kerja-Ikigai

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Prinsip Kerja Ikigai, Source: Photo by Helena Pexels

Manfaat Prinsip Ikigai dalam Pekerjaan

Menerapkan prinsip atau konsep ikigai dalam aktivitas sehari-hari, dapat membantu seseorang untuk memiliki tujuan hidup dan paham mengenai makna dari pekerjaan yang dilakukan. Selain itu, menerapkan prinsip ikigai juga dapat memberikan beberapa manfaat dalam suatu pekerjaan.

Berikut ini beberapa manfaat dari menerapkan prinsip ikigai:

1. Meningkatkan Motivasi Kerja

Ketika seseorang sudah mengetahui tujuan hidupnya, maka daya juang untuk mengejar tujuan tersebut juga semakin tinggi. Oleh karena itu, dengan menerapkan konsep ikigai ini, seseorang percaya bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukannya dapat membuahkan hasil di masa mendatang.

2. Mempermudah dalam Mengambil Tindakan

Ketika seseorang sudah mengetahui tujuan hidupnya, maka akan lebih mudah menentukan keputusan untuk melakukan sesuatu hal. Selain itu, kita juga akan paham bagian-bagian yang termasuk prioritas dalam kehidupannya. Sehingga, dapat membantu memberikan kemudahan dalam mengambil keputusan.

Bina-Qurani-Prinsip-Kerja-Ikigai

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Prinsip Kerja Ikigai, Source: Photo by Mikhail Pexels

3. Lebih Cepat dalam Bekerja

Seseorang yang melakukan pekerjaan berdasarkan passion dan hal yang disukai, tentu akan menjadi lebih enjoy dalam mengerjakannya. Sehingga, seseorang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

Memiliki prinsip dan tujuan hidup artinya memiliki rencana jangka panjang maupun jangka panjang dalam kehidupan, terutama di dalam pekerjaan. Rencana yang tersusun dengan baik, dapat membantu seseorang untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan tepat.

4. Menciptakan Etos Kerja yang Baik

Etos kerja adalah pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Dalam menerapkan konsep ikigai, seseorang akan lebih memaknai hidup karena paham bahwa pekerjaan yang dilakukannya dapat memberikan manfaat bagi orang banyak.

Bina-Qurani-Prinsip-Kerja-Ikigai

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Prinsip Kerja Ikigai, Source: Photo by Kampus Pro Pexels

Struktur dan Komponen Ikigai

Dalam diagram Venn, ikigai memiliki empat irisan yang merupakan struktur atau komponen dalam konsep ikigai. Irisan-irisan ini dapat membantu seseorang menemukan ikigai dari hidup kita. Irisan tersebut terdiri dari hal-hal yang kita sukai, hal-hal yang kita mahir di dalamnya, hal-hal yang memiliki manfaat pada orang lain, dan hal-hal yang membuat kita bisa memperoleh bayaran.

Adapun keempat irisan tersebut, dapat diartikan sebagai fase-fase atau komponen ikigai. Berikut ini penjelasannya:

1. Passion

Passion merupakan irisan dari “what you love” dan “what you are goof at”. Setiap orang tentu memiliki satu atau lebih kegiatan yang disukai. Tapi dari sekian banyknya kegiatan tersebut, kegiatan manakah yang benar-benar kamu kuasai dan bisa kamu lakukan dengan baik? Itulah yang disebut dengan passion.

2. Mission

Missian merupakan irisan antara “what you love” dan “what the world needs”. Kondisi ini menggambarkan ketika hal yang seseoramh sukai dibutuhkan, dan menjawab apa yang dibutuhkan oleh banyak orang. Itu artinya seseorang memiliki mission.

3. Vocation

Vocation merupakan irisan antara “what you can be paid off” dan “what the world needs”. Hal ini berlaku ketika seseorang memiliki kemampuan dan mendapatkan imbalan atas pekerjaan yang bisa memberikan manfaat atau impact bagi orang banyak.

4. Profession

Profession merupakan irisan antara “what you are good at” dan “what you can be paid off”, yaitu ketika seseorang melakukan hal yang kamu kuasai dan menerima imbalan atas pekerjaan yang dilakukan sesuai kemampuan tersebut.

Thumbnail Source: Photo by Andre Pexels

Artikel Terkait:
Aktivitas Eco Green

TAGS
#Berbakti kepada orang tua #doa berlindung dari virus corona #Doa Pagi Hari #Doa-doa #hukum qurban adalah #ikhlas beramal shalih #ikhlas beramal #Lingkungan #Perubahan Iklim #Sunah Rasul #Sunnah Rasul
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login