Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Prinsip Pendidikan Islamic school

Islamic school sebagai institusi pendidikan islami yang menjadikan wahyu sebagai sumber rujukan dalam pendidikannya memiliki prinsip pendidikan yang tidak boleh dilanggar. Prinsip pendidikan islamic school yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Prinsip pendidikan islamic school merupakan implikasi dari karakteristik manusia.

Dalam syariat Islam manusia memiliki beberapa karakter yang menonjol. Karakter tersebut diantaranya pertama adalah fitrah. Allah ‘azza wajalla berfirman:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Islam sesuai fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. Itulah agama yang lurus tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS. Al Rum[30]: 30).

Kedua, manusia terdiri dari roh dan jasad. Dan yang membedakan dengan makhluk yang lain manusia diberi akal dan hati. Ketiga, manusia memiliki kebebasan berkemauan untuk memiliki dan memutuskan tingkah lakunya. (al Tarbiyah al Islamiyah, 1993).

  1. Prinsip pendidikan islamic school adalah pendidikan integral.

Ini bermakna semua latar belakang ilmu bersumber dari ajaran Islam. Sehingga para peserta didik islamic school memahami Islam sebagai a total way of life yang dapat mengatur berbagai aspek kehidupan manusia.

  1. Prinsip pendidikan Islamic school adalah pendidikan yang seimbang.

Ini tidak lain karena para pendidik islamic school ingin menjadikan peserta didik yang multi talenta. Tidak hanya mahir dalam pendidikan agama namun juga mengajarkan pendidikan yang dapat membuat peserta didik sukses dunianya terlebih akhiratnya. “Dan carilah pahala untuk negeri akhirat dengan apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu. Tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah.” (QS. Al Qashas[28]: 77).

  1. Prinsip pendidikan islamic school adalah universal.

Pada prinsip ini pendidikan islamic school haruslah meliputi seluruh dimensi kehidupan manusia dan tidak boleh hanya memberikan penekanan kepada salah satu aspek saja dengan meninggalkan aspek lainnya. (Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, 1994).

  1. Prinsip Pendidikan Islamic school adalah Dinamis.

Dinamis dalam arti tidak beku dalam tujuan tertentu, kurikulum, manajemen, dan metode tertentu tetapi selalu berupaya untuk selalu memperbaharui diri dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. (Ramayulis, 2009).

Semoga dengan prinsip-prinsip pendidikan ini lulusan islamic school menjadi sosok manusia terbaik yang bermanfaat dan berkah, Amin.

TAGS
#Ibadurrahman #Prinsip Pendidikan #Tujuan Pendidikan #Islamic School
Login