Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Puasa Arafah Dilaksanakan Pada Tanggal Berapa?

Begitu antusias dan semangatnya seorang muslim untuk melaksanakan puasa Arafah, kedatangan bulan Dzulhijjah menjadikan sebagian mereka bertanya-tanya. Kapan puasa Arafah dilaksanakan? Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal berapa?

Berdasarkan riwayat dari Abu Qatadah Raḍiallāhu ‘Anhu puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah bertepatan dengan wukufnya jamaah haji di Arafah. Puasa Arafah memiliki keutamaan dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Dari Abu Qatadah Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.” (HR. Muslim)

bina-qurani-di-indonesia-puasa-arafah-dilaksanakan-pada-tanggal-berapa

Source: Photo by Izuddin

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang disyariatkan kepada orang yang tidak menunaikan ibadah haji. Adapun bagi jamaah haji disunnahkan untuk tidak melaksanakan puasa Arafah.

Perbedaan waktu antara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Kerajaan Saudi Arabia (KSA) menjadikan sebagian kaum muslimin di Indonesia kebingungan untuk melaksanakan puasa Arafah.

Penentuan terkait puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal berapa di Indonesia, oleh Pemerintah melalui Kementrian Agama melakukan sidang isbat yang melibatkan unsur-unsur masyarakat lainnya.

Sidang Isbat dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas dan dihadiri oleh Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan Ormas Islam, dan sebagainya.

Sidang isbat kali ini dilakukan secara daring mengingat diberlakukannya PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali. Selain via zoom, sidang isbat juga disiarkan langsung oleh Channel Youtube Kemenag RI dan Bima Islam TV.

bina-qurani-di-indonesia-puasa-arafah-dilaksanakan-pada-tanggal-berapa

Source: Photo by Razvan

Sidang yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 menyatakan bahwa berdasarkan pantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) posisi hilal Dzulhijjah sudah terlihat di atas ufuk di seluruh wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Menteri Agama menetapkan bahwa, 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli 2021.

Lantas puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal berapa?

Berdasarkan keputusan sidang isbat Kementrian Agama RI, 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 11 Juli 2021 dan Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah) jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Artinya bahwa puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021 yang bertepatan dengan hari Senin.

Setelah kita mengetahui bahwa puasa Arafah dilaksanalan pada tanggal 19 Juli 2021, sudah selayaknya kita mempersiapkan diri untuk melaksanakan puasa di hari Arafah tersebut.

Selain berpuasa di hari Arafah, kaum muslimin juga dianjurkan untuk memperbanyak amal shalih di awal bulan Dzulhijjah. Amal shalih yang dilakukan di awal bulan Dzulhijjah ini memiliki keutamaan yang lebih tinggi dari jihad.

bina-qurani-di-indonesia-puasa-arafah-dilaksanakan-pada-tanggal-berapa

Source: Photo by Abdullah

Dari Ibnu ‘Abbas Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ. يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

“Tidak ada satu amal shalih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shalih yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab, “Dan tidak pula dengan jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali sedikitpun” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk dapat melaksanakan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dan dapat memperbanyak amal shalih di awal bulan Dzulhijjah.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

TAGS
#hasil sidang isbat #kapan puasa arafah #keutamaan bulan dzulhijjah #manfaat puasa #pauasa arafah di indonesia #penentuan puasa arafah #penetuan bulan dzulhijjah #puasa 9 dzulhijjah #puasa arafah tahun 2021 #puasa arafah #sidang isbat menteri agama #tanggal berapa puasa arafah
Login