Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Pulau Terbesar Di Indonesia

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia
Pulau Terbesar Di Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah salah satu negara yang dikenal sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia juga menempati urutan kelima sebagai negara yang memiliki pulau terbanyak di dunia.

Total seluruh pulau yang ada di Indonesia tercatat sekitar 17.508 pulau, dimana 16.056 pulau tersebut sudah memiliki nama dan sudah didaftarkan di PBB pada tahun 2018.

Meskipun Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau, namun apabila kita memperhatikan peta Indonesia dengan kasat mata, maka yang dapat kita lihat hanyalah beberapa pulau terbesar di Indonesia saja di antara belasan ribu pulau yang lain.

Terdapat sekitar lima pulau terbesar di Indonesia yang di dalamnya memiliki perbedaan geografis, adat istiadat dan budaya, serta memiliki kekayaan alam yang melimpah. Lima pulau terbesar di Indonesia tersebut antara lain yaitu:

  • Pulau Jawa
  • Pulau Sulawesi
  • Pulau Sumatera
  • Pulau Kalimantan
  • Pulau Papua

Lima pulau tersebut adalah pulau terbesar di Indonesia yang mendominasi wilayah Indonesia dibandingkan belasan ribu pulau yang lainnya.

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pulau Terbesar di Indonesia, Source: Photo From Pukpik AB46y Unsplash

Namun, tahukah kalian mana pulau terbesar di Indonesia?

Yuk simak artikel ini sampai selesai, agar kita dapat mengetahui urutan pulau terbesar di Indonesia dari lima pulau di atas.

Lima Pulau Terbesar di Indonesia
1. Pulau Papua

Urutan pertama yang menduduki pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Papua. Selain sebagai pulau tersebsar di Indonesia, Papua juta merupakan pulau terbesar kedua di dunia dengan luas sekitar 821.400 KM².

Papua merupakan pulau yang terletak di bagian paling timur negara Indonesia, yang membentang sepanjang 2.400 KM dari barat laut ke timur tenggara. Sedangkan lebar paling jauh pulau ini adalah 650 KM dari ujung utara ke ujung selatan.

Pulau papua sendiri dibagi menjadi dua provinsi yaitu Provinsi Papua atau Irian Jaya dan Provinsi Papua Barat atau Irian Barat. Papua setidaknya memiliki sekitar 255 suku dengan bahasa yang berbeda-beda antara suku satu dengan suku yang lainnya. Suku-suku tersebut antara lain adalah:

  1. Suku Ansus
  2. Suku Amungme
  3. Suku Asmat
  4. Suku Ayamaru
  5. Suku Bauzi
  6. Suku Biak
  7. Dan Suku-suku yang lainnya

Pulau Papua juga dikenal sebagai Pualau yang memiliki sumber daya mineral yang melimpah seperti tembaga, emas, minyak bumi, dan beragam jenis tambang yang lainnya.

Di Pulau ini juga terdapat gunung tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Gunung Jaya Wijaya atau Puncak Jaya dengan ketinggian sekitar 4.884 meter di atas permukaan laut.

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pulau Terbesar di Indonesia, Source: Photo From lrns Niwvq Unsplash

2. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan atau pulau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Borneo ini merupakan pulau yang menempati urutan kedua sebagai pulau terbesar di Indonesia setelah Papua.

Pulau Kalimanatan merupakan bagian dari kepulauan Indonesia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi, dimana keseluruhan luas wilayah Pulau Kalimantan yaitu sekitar 755.000 KM². Sebagian besar Pulau ini merupakan wilayah dari NKRI dan di sepanjang barat laut dan ujung utara pulau ini adalah negeri Sabah dan Serawak dari Malaysia serta berdiri Negara Brunei Darussalam.

Di dalam Pulau Kalimantan, terdapat empat provinsi utama yaitu Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, dan pada tahun 2012 terjadi pemekaran dari wilayah Provinsi Kalimantan Timur sehingga melahirkan Provinsi Kalimantan Utara.

Sebagian besar wilayah Pulau Kalimantan adalah area hutan tropis yang menjadi penumbang oksiger terbesar bagi makhluk hidup di Indonesia. Total luas hutan hujan tropis ini sekitar 20 juta hektare lebih.

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pulau Terbesar di Indonesia, Source: Photo From Harry Kessell Unsplash

3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera atau Pulau yang dikenal dengan sebutan Andalas ini merupakan pulau terbesar di Indonesia yang menempati urutan ketiga. Luas keseluruhan wilayah Pulau Sumatera adalah 473.481 KM².

Menurut proyeksi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Pulau Sumatera dihuni oleh sekitar 59 juta jiwa dan merupakan wilayah dengan penduduk terbanyak kedua setelah Pulau Jawa.

Pulau Sumatera terdiri dari delapan provinsi utama yaitu Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, dan Aceh.

Pulau yang berada di bagian paling barat Indonesia ini menyimpan banyak kekayaan alam, mulai dari pertambangan mineral, pertambangan minyak dan gas, kekayaan hutan, serta kekayaan flora dan fauna.

Pulau Sumatera juga memiliki hutan hujan tropis yang cukup luas, dimana luas hutan hujan tropisnya adalah sekitar 2,5 juta hektare.

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pulau Terbesar di Indonesia, Source: Photo From Fadrian Dwiki Unsplash

4. Pulau Sulawesi

Dengan luas keseluruhan wilayahnya sekitar 174.000 KM², menjadikan Pulau Sulawesi menduduki urutan keempat sebagai pulau terbesar di Indonesia.

Pulau Sulawesi atau yang lebih dikenal dengan Celebes adalah Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan dan memiliki enam provinsi.

Enam provinsi tersebut antara lain yaitu:

  • Provinsi Sulawesi Utara
  • Provinsi Sulawesi Tengah
  • Provinsi Sulawesi Barat
  • Provinsi Sulawesi Selatan
  • Provinsi Sulawesi Tenggara
  • Gorontalo

Seperti halnya pulau-pulau yang lain, Pulau Sulawesi juga memiliki kekayaan alam yang sangat beragam, serta kekayaan flora dan fauna yang langka.

Bina-Qurani-Pulau-Terbesar-di-Indonesia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Pulau Terbesar di Indonesia, Source: Photo From Denissa Devy Unsplash

5. Pulau Jawa

Yang terakhir adalah Pulau Jawa. Pulau jawa merupakan pulau terbesar di Indonesia yang menempati posisi ke lima. Luas keseluruhan wilayah Pulau Jawa adalah 128.700 KM².

Meskipun sebagai pulau terbesar ke lima di Indonesia, namun Pulau Jawa merupakan Pulau yang memiliki penduduk terbanyak di antara pulau-pulau yang lainnya. Menurut Bappenas, ada sekitar 152 juta jiwa penduduk yang mendiami Pulau Jawa.

Terdapat enam provinsi yang ada di Pulau Jawa, enam provinsi tersebut yaitu Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi D.I. Yogyakarta, dan Provinsi Banten.

Thumbnail Source: Photo From Mz Romadhoni Unsplash

Artikel Terkait:
Rumah Adat Kalimantan Barat

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Pulau Terluas di Indonesia #Rumah Adat Kalimantan Barat #Rumah Adat #Sejarah
Login