Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Rujukan Penting Dalam Belajar Tafsir Alquran

Kitab tafsir adalah kitab rujukan bagi siapapun yang belajar Alquran. Hanya saja seseorang harus mengetahui kitab apa yang tepat dan bagus untuk dipelajari. Pilihan ini sesuai dengan level kemampuan masing-masing yang sedang belajar Alquran. Kitab Tafsir Jalalain merupakan kitab yang umumnya digunakan oleh para pemula yang sedang belajar Alquran. Kitab yang disusun oleh Imam Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin as-Suyuti ini mudah dipahami, ringkas, dan tidak banyak menguaraikan pendapat ulama, hanya memilih pendapat yang kuat saja, terkadang dibahas pula sisi bahasa nahwu dan i’rabnya. Kitab tersebut banyak dijadikan pelajaran resmi Pondok Pesantren dalam belajar Alquran.

Terdapat banyak sekali kitab-kitab tafsir yang dapat dijadikan rujukan dalam belajar Alquran. Di antara kitab tafsir yang banyak direkomendasikan oleh para ulama adalah sebagai berikut berikut:

Pertama, Kitab Tafsir at-Thabari

Nama kitab tafsir ini adalah Jami al-Bayan Fi Ta’wili Ayi al-Qur’an. Disusun oleh Imam Abu Ja’far Muhammad bin Jarir at-Thabari. Kitab ini dikenal juga dengan sebutan Tafsir ath-Thabari. Kitab tafsir terbaik di antara kitab tafsir yang ada. Dikatakan bahwa kitab tafsir yang paling shahih di antara kitab-kitab tafsir yang beredar di tengah masyarakat adalah karangan Muhammad bin Jarir at-Thabari. Karena di dalamnya disebutkan perkataan para ulama salaf dengan sanad yang tidak diragukan lagi kesahihannya serta tidak ada bid’ah di dalamnya. Tidak pula menukil perkataan orang-orang yang diduga dengan kedustaannya seperti Muqotil bin Bakir dan al-Kalbi. Kitab tafsir at-Thabari adalah tafsir yang paling mulia dan paling berbobot isinya.

Kedua, Kitab Tafsir Ibnu Katsir

Nama kitab tafsir Ibnu Katsir adalah kitab Tafsir al-Qur’an al-Adzim karya al-Hafiz Abu al-Fida Ismail ibn Umar ibnu Katsir. Kitab tafsir ini termasuk terbaik dan menggunakan metode tafsir terbaik, yaitu metode tafsir bil matsur. Kitab tafsir ini sudah diterjamahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Edisi ringkasan kitab ini juga cukup banyak, baik edisi Arab maupun yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Bagi penuntut ilmu pemula atau orang awam bisa mencukupkan diri dengan kitab tafsir ini dalam belajar Alquran. Terutama ringkasannya agar lebih mudah dipahami.

Metode Imam Ibnu Katsir dalam kitab ini adalah dimulai dengan menyebutkan ayat terlebih dahulu dan kemudian menjelaskan makna ayat secara umum. Setelah itu beliau menafsirkannya dengan ayat, hadits, perkataan sahabat dan tabi’in. Beliau menjelaskan hukum-hukum yang berkiatan dengan ayat yang sedang dibahas disertasi dalil-dalil argumentasinya beserta pandangan para ulama.

Ketiga, Taisir al-Karim al-Rahman.

Kitab Taisir al-Karim al-Rahman Fi Tafsiri Kalam al-Mannan adalah karya Syekh Abdurrahman ibn Nasir as-Sa’di. Kitab tafsir ini termasuk kitab tafsir kotemporer yang sangat mudah dipahami. Gaya bahasa yang sederhana dan jelas, membuat kitab ini mudah dipahami oleh siapapun. Kitab ini sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Keempat, Tafsir Al-Muyassar.

Kitab Tafsir al-Muyassar disusun oleh tim ahli tafsir kotemporer terpilih di bawah bimbingan Syekh Dr. Shalih Alu asy-Syaikh. Keistimewaan kitab ini adalah sesuai manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah dalam hal akidah, penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan ringkas, menjelaskan ayat demi ayat dengan tafsir yang mudah, sederhana, dan sangat jelas menguraikan maksud per ayatnya sehingga menghindari penambahan dari ayat lain, dan kitab tafsir ini pun tetap mengacu pada riwayat Tafsir Bil Matsur.

Dan masih banyak lagi kitab-kitab yang dapat dijadikan pilihan dalam belajar Alquran, seperti Tafsir Fathul Qadir karya Imam asy-Syaukani, al-Jami Li-Ahkam al-Quran karya Imam al-Qurtubi, dan Tafsir al-Baghawi.

TAGS
#Belajar #Rujukan #Tafsir Alquran
Login