Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Rumah Adat Joglo

Bina-Qurani-Rumah-Adat-Joglo
Rumah Adat Joglo

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keanekaragaman adat dan kebudayaaan. Keberagaman adat dan budaya yang dapat kita temui di Indonesia adalah terdapat banyaknya pakaian adat, upacara adat, senjata tradisional, dan rumah adat yang dimiliki oleh suku-suku di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas kembali mengenai rumah adat yang terdapat di Indonesia. Nampaknya pembahasan mengenai rumah adat cukup menarik dan banyak diminati oleh kalangan pelajar, juga para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sebelum pembahasan ini, kami juga telah mengulas mengenai beberapa rumah adat yang terdapat di Pulau Kalimantan, khususnya Provinsi Kalimantan Barat. Anda dapat membaca ulasan tersebut di Rumah Adat Kalimantan Barat.

Rumah adat adalah rumah yang memiliki ciri khas khusus dan dibangun dengan cara yang sama dari masa ke masa tanpa mengalami perubahan. Rumah adat biasanya dibangun sesuai dengan kegunaan, fungsi sosial, dan arti budaya yang tersirat di balik corak bangunannya.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adat dengan karakteristik dan keunikan yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya.

Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

Salah satu rumah adat yang terdapat di Indonesia adalah Rumah Adat Joglo. Joglo adalah rumah adat yang mempunyai nilai historis dan arsitektur yang cukup unik dan khas.

Joglo merupakan rumah adat dari Provinsi Jawa Tengah. Jawa Tengah sendiri merupakan salah satu provinsi yang paling penting di Jawa Tengah. Selain karena aktivitas ekonominya, Provinsi Jawa Tengah juga terkenal karena unsur kebudayaannya yang masih terjaga.

Provinsi Jawa Tengah setidaknya memiliki lima rumah adat. Akan tetapi, rumah adat joglo adalah rumah adat yang paling terkenal dari Jawa Tengah. Adapun beberapa rumah adat lain dari Provinsi Jawa Tengah adalah:

  • Rumah Adat Limasan
  • Rumah Adat Tajug
  • Rumah Adat Panggang Pe
  • Rumah Adat Kampung

Rumah adat Joglo adalah rumah adat dari jawa tengah yang dibangun berlandaskan pada fungsi dan status sosialnya. Rumah joglo juga dikenal sebagai rumah untuk para bangsawan dan konglomerat pada masa itu. Namun seiring berjalannya waktu, rumah adat joglo juga bisa dimiliki oleh rakyat biasa.

Unsur Pembangunannya Rumah Adat Joglo

Rumah adat joglo bukanlah sekedar hunian. Lebih dari itu, joglo adalah simbol yang memiliki nilai-nilai luhur. Rumah joglo dibangun dengan bahan utama berupa kayu jati, dengan empat pilar utama sebagai penyangga rumah. Empat pilar atau tiang utama ini sering disebut dengan Soko Guru.

Sesuai dengan namanya, soko guru merupakan empat tiang penyanggah yang dipercaya mempunyai kekuatan dari empat penjuru mata angin. Masing-masing tiang mewakili arah mata angin, arah timur, arah selatan, arah barat, dan arah selatan.

Rumah adat Jawa Tengah ini (Rumah Joglo) terdiri dari beberapa bagian rumah, yaitu:

  • Pendopo, adalah bagian depan rumah atau teras atau bagian joglo yang biasa dipakai untuk menjamu tamu yang datang.
  • Pringgitan, adalah bagian tengah rumah yang biasa digunakan untuk menjamu tamu. Tamu yang dijamu di pringgitan ini biasanya tamu yang sudah kenal dekat dengan pemilik rumah.
  • Omah Ndalem atau Omah Njero, adalah bagian rumah yang merupakan ruang keluarga. Ruang keluarga ini biasanya digunakan untuk bercengkrama antar anggota keluarga.
  • Senthong atau kamar, adalah bagian dalam rumah yang biasa digunakan untuk istirahat atau tidur. Dalam satu rumah biasanya terdapat setidaknya tiga senthong di dalamnya.

Demikianlah pembahasan mengenari rumah adat yang terdapat di Jawa Tengah. Jadi sudah jelas bahwa rumah joglo adalah rumah adat dari Jawa Tengah yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri pada bangunannya, sesuai dengan fungsinya.

Thumbnail Source: Photo by Google Search 99

Artikel Terkait:
Bangunan Bersejarah di Bandung

TAGS
#Adab Muslimah #adab sebelum ilmu #Biografi Ibnu Hajar #Cara Menghafal Quran #Ikhlals ketika ibadah #Indonesia #Museum Bank Indonesia #Pendiri Paskibraka #Tafakur alam
Login