Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sanlat Adalah

Bina-Qurani-Sanlat-Adalah
Sanlat Adalah

Istilah pesantren kilat atau sanlat tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Terlebih bagi kita yang masih berstatus sebagai pelajar, bahkan bagi kita yang kini sudah berstatus sebagai orang tua.

Pesantren kilat atau sanlat adalah kegiatan rutin yang umumnya dilaksanakan pada bulan Suci Ramadhan, oleh sebuah lembaga pendidikan baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Berbicara mengenai sanlat, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang apa itu sanlat. Ulasan sanlat di tulisan kali ini akan mencakup beberapa pembahasan di antaranya yaitu:

  • Pengertian Pesantren Kilat
  • Kegiatan Yang Dilakukan Pada Pelaksanaan Pesantren Kilat
  • Manfaat Pesantren Kilat

Yuk kita simak pembahasannya!

Pengertian Pesantren Kilat atau Sanlat Adalah

Sebagaimana yang telah disebutkan di awal, bahwa pesantren kilat atau sanlat adalah sebuah program atau kegiatan belajar mengajar yang umumnya dilaksanakan ketika datangnya bulan Ramadhan oleh pihak sekolah. Dinamakan pesantren kilat karena kegiatan pesantren ini dilaksanakan dalam kurun waktu yang singkat, hanya beberapa hari di dalam bulan Ramadhan.

Meskipun pelaksanaannya yang cukup singkat, namun kegiatan pesantren kilat atau sanlat ini merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta didik ketika memasuki bulan Ramadhan.

Di dalam pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat, peserta didik dikenalkan mengenai beberapa tata cara dan pola kehidupan yang biasanya diterapkan oleh para santri yang belajar di pondok pesantren. Hal inilah yang kemungkinan membuat peserta didik begitu antusias dan semangat dalam melaksanakan program ini.

Kegiatan Yang Dilakukan Pada Pelaksanaan Pesantren Kilat

Selain dikenalkan tentang beberapa peraturan dan pola hidup keseharian santri di pondok pesantren, di dalam kegiatan pesantren kilat ini peserta didik juga diajarkan dan diarahkan untuk menanamkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Di antara kegiatan yang dilakukan pada saat pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah, sebagai berikut:

1. Shalat Berjamaah

Salah satu kegiatan yang dilakukan saat pesantren kilat atau sanlat adalah pelaksanaan shalat berjamaah lima waktu bagi seluruh peserta sanlat, baik dari peserta didik maupun staff, dan pengajar. Selain shalat lima waktu, seluruh peserta didik juga dianjurkan untuk mengikuti shalat Tarawih berjamaah.

Pelaksanaan shalat berjamaah ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan pada peserta didik (khususnya laki-laki) agar mendirikan shalat wajib secara berjamaah dan tepat pada waktunya.

2. Membaca Alquran

Selain shalat berjamaah, kegiatan lain yang dilakukan pada pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah kegiatan membaca Alquran. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan selepas shalat Subuh, setelah melakukan dzikir pagi.

Selain membaca Alquran, peserta didik juga akan mendapatkan bimbingan dari guru dan pengajar agar dapat membaca Alquran dengan baik sesuai dengan hukum tajwid.

Pelaksanaan kegiatan membaca Alquran pada sanlat ini, bertujuan agar peserta didik terbiasa untuk membaca Alquran dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mendengarkan Ceramah

Kagiatan lain yang biasanya juga dilakukan pada pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah mendengarkan ceramah tentang materi-materi keislaman.

Peserta didik yang mengikuti sanlat, tidak diperkenankan untuk meninggalkan tempat pelaksanaan sanlat sebelum seluruh rangkaian acara selesai. Salah satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan oleh peserta didik adalah mendengarkan ceramah, baik dari guru maupun dari penceramah yang diundang oleh pihak sekolah.

Kegiatan mendengarkan ceramah ini, bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan peserta didik terkait dengan materi-materi dan hukum-hukum Islam. Peserta didik juga diperkenankan untuk bertanya kepada penceramah terkait hal-hal yang belum dipahami tentang hukum Islam.

Dalam kegiatan ini, peserta didik tidak hanya diwajibkan untuk mendengarkan ceramah. Tapi, mereka juga diwajibkan untuk merangkum dari ceramah yang diberikan oleh penceramah. Rangkuman ini kemudian dikumpulkan dan menjadi nilai tambahan untuk mata pelajaran Agama Islam.

4. Perlombaan

Selain beberapa kegiatan di atas, kegiatan yang harus ada pada pesantren kilat atau sanlat adalah diadakanya kegiatan lomba-lomba keislaman. Perlombaan ini diadakan untuk menambah rasa bahagia dan semangat peserta didik, serta memotivasi peserta didik agar senantiasa berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Perlombaan yang biasanya dilaksanan pada pesantren kilat atau sanlat adalah sebagai berikut:

  • Lomba baca tulis Alquran
  • Lomba azan
  • Lomba kaligrafi
  • Lomba kebersihan
  • Lomba tahfiz
  • Dan yang semisalnya
5. Buka Puasa Bersama

Kegiatan terakhir yang biasanya paling ditunggu-tunggu oleh peserta didik dalam pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah buka puasa bersama.

Buka puasa bersama inilah yang merupakan hal paling menyenangkan peserta didik, karena mereka dapat menyantap hidangan berbuka bersama teman-teman sehingga dapat mempererat hubungan pertemanan dan persahabatan.

Manfaat Pesantren Kilat

Dilaksanakannya program pesantren kilat, tentu bukan hanya sekedar program seremonial di bulan Ramadhan saja. Lebih dari itu, pelaksanaan pesantren kilat mempunyai tujuan yang mulia bagi seluruh peserta didik yang terlibat.

Di antara manfaat dan tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah sebagai berikut:

1. Menanamkan Nilai-Nilai Islam dalam Kehidupan Sehari-hari

Di antara manfaat atau tujuan dari dilaksanakannya pesantren kilat atau sanlat adalah untuk menanamkan nilai-nilai Islam kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun lingkungan masyarakat.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dengan diadakannya pesantren kilat, diharapkan peserta didik semakin mendekatkan dirinya kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.

3. Meningkatkan Wawasan Keislaman

Peserta didik diharapkan dapat menambah dan meningkatkan wawasan keislaman setelah mengikuti pelaksanaan pesantren kilat. Sehingga, tidak ada lagi istilah beribadah tanpa ilmu di kalangan peserta didik.

4. Memperbaiki Akhlak

Tujuan dan manfaat lain dari pelaksanaan pesantren kilat atau sanlat adalah diharapkan peserta didik dapat menumbuhkan segala bentuk akhlak mulia dan meninggalkan segala bentuk akhlak yang tercela.

5. Mempererat Ukhuwah

Yang selanjutnya dari tujuan dan manfaat dilaksanakannya pesantren kilat atau sanlat adalah untuk mempererat ukhuwah di antara peserta didik.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai pesantren kilat mulai dari pengertian, kegiatan yang dilaksanakan dan manfaat serta tujuan dari diadakannya pesantren kilat. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Alena Darmel Pexels

Artikel Terkait:
Market Day Adalah

TAGS
#ASEAN #Hubungan Internasional #Indonesia #Olimpiade Tokyo #Organisasi Internasional #Pendiri Paskibraka #Peran Indonesia dalam ASEAN #PPKM Level 4 #Sejarah #Sidang Pertama BPUPKI
Login