Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Sekolah atau Pesantren

Bina-Qurani-Sekolah-atau-Pesantren
Sekolah atau Pesantren

Bagi sebagian orang tua, memilih antara sekolah atau pesantren sebagai tempat untuk melanjutkan proses pendidikan bagi sang anak adalah hal yang terbilang cukup sulit. Banyak di antara orang tua yang mengalami kebingungan dan kebuntuan, untuk menentukan pilihan yang terbaik antara sekolah atau pesantren.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini penulis akan menyampaikan beberapa perbedaan yang terdapat di antara sekolah dan pesantren. Beberapa perbedaan ini mudah-mudahan menjadi solusi dan memudahkan bagi orang tua, dalam menentukan pilihan antara sekolah atau pesantren.

Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini!

Bina-Qurani-Sekolah-atau-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah atau Pesantren, Source: Photo by Pok Rie Pexels

Definisi Sekolah dan Pesantren

Secara umum, sekolah dapat dikatakan sebagai lembaga pendidikan yang dirancang untuk kegiatan belajar mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran di bawah pengawasan guru.

Menurut statusnya, sekolah terbagi menjadi dua, pertama yaitu sekolah negeri yang meliputi Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, serta Perguruan Tinggi. Kemudian yang kedua adalah sekolah swasta, dimana sekolah ini dikelola oleh lembaga pendidikan swasta.

Sedangkan pesantren, adalah lembaga pendidikan keagamaan yang memberikan pendidikan dan pengajaran tentang agama Islam. Pondok pesantren pada dasarnya adalah sebuah asrama pendidikan Islam dimana setiap siswa atau santri, tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan seorang guru atau lebih. Dimana pembimbing atau pengajar dalam sebuah pesantren disebut dengan istilah Kyai.

Asrama yang digunakan untuk tempat tinggal santri biasanya berada di dalam lingkungan pesantren dimana Kyai bertempat tinggal. Dimana di dalam komplek pesantren tersebut juga disediakan sebuah Masjid untuk kegiatan ibadah, ruangan untuk belajar, dan berbagai fasilitas untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan yang lain.

Itulah definisi tentang apa itu sekolah dan pesantren. Selanjutnya, agar kita semakin mudah untuk menentukan pilihan antara sekolah atau pesantren, kita harus mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Bina-Qurani-Sekolah-atau-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah atau Pesantren, Source: Photo by Wichianduangsri Getty Images

Perbedaan antara Sekolah dan Pesantren

Berikut ini adalah beberapa perbadaan antara sekolah dan pesantren yang dapat kita jadikan sebagai acuan perbandingan di antara keduanya.

1. Perbedaan pada Sistem Pendidikan

Sekolah atau pesantren memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Secara umum, pendidikan yang didapatkan oleh siswa yang belajar di sekolah umum hanya sebatas pada waktu sekolah saja.

Misalnya, siswa masuk pukul 07.00 kemudian pulang pada pukul 15.30, maka hanya sebatas pada waktu itu saja siswa mendapatkan pengajaran dan pengawasan dari guru atau para pengajarnya. Selepas itu, setelah pulang sekolah, para siswa terlepas dari pengawasan para pengajar yang ada di sekolah.

Hal ini tentu berbeda dengan anak yang belajar di pondok pesantren, dimana para santri yang belajar di pesantren mendapatkan pengawasan dan pendampingan yang ketat dari kyai atau ustaznya. Selama dua puluh empat jam dalam sehari semalam, para santri mendapatkan bimbingan dan pengawalan. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, setiap santri diarahkan tentang dan dibimbing agar memiliki adab yang baik, serta memiliki pemahaman yang benar.

Bina-Qurani-Sekolah-atau-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah atau Pesantren, Source: Photo by Jasmin Merdan Getty Images

2. Perbedaan Materi Pembelajaraan

Selain sistem pendidikan, yang membedakan antara sekolah dan pondok pesantren adalah materi pembelajaraan yang diajarkan.

Pada sekolah umum, materi pembelajaran yang diajarkan lebih luas, serta berfokus pada materi pengetahuan umum seperti IPA, IPS, Matematika, dan sejenisnya. Sedangkan materi pendidikan agamanya, hanya mendapatkan porsi yang lebih sedikit dibanding materi pengetahuan umum.

Sementara pada pondok pesantren, materi pembelajaran yang diajarkan lebih fokus pada pendidikan dan pengetahuan keagamaan. Baik pada masalah tauhid, fikih, bahasa arab, hingga pada bab tafsir Alquran dan syarah Hadis. Adapun untuk pengetahuan umum pada pondok pesantren, hanya diajarkan dasar-dasarnya saja sebagai bekal pengetahuan untuk para santri.

3. Perbedaan Biaya Pendidikan

Hal lain yang menjadi pembeda antara sekolah dan pesantren adalah biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh siswa.

Pada sekolah umum, biaya pendidikan pada dasarnya cenderung lebih murah atau bahkan gratis dibandingkan pondok pesantren. Sebab, program pendidikan sekolah formal ini adalah program pemerintah dan banyak dana yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mensukseskan program wajib belajar bagi anak di Indonesia.

Sedangkan di pondok pesantren biaya pendidikan cenderung lebih mahal, meskipun pada saat ini telah banyak pondok pesantren yang menawarkan biaya pendidikan secara gratis. Beasiswa pendidikan tahfidz Alquran, dan beasiswa pondok pesantren lainnya, kini banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan Islam yang semakin sadar akan pentingnya pendidikan Islam.

Itulah beberapa perbedaan antara sekolah dan pondok pesantren yang dapat dijadikan sebagai perbandingan untuk memilih di antara keduanya.

Baik sekolah atau pesantren, sejatinya adalah lembaga pendidikan yang bagus. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing masing. Tidak dapat kita menjelekkan salah satu diantara keduanya. Tinggal bagaimana orang tua memilih secara objektif, dan bagaimana kecenderungan dan minat anak dalam masalah pendidikan.

Thumbnail Source: Photo by Wokandapix Pixabay

Artikel Terkait:
Pondok Pesantren Modern dan Tradisional

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login