Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sekolah Madani

Bina-Qurani-Sekolah-Madani-

Pengertian Sekolah Madani

Arti kata Sekolah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah sebuah tempat atau bangunan atau lembaga pendidikan yang digunakan sebagai tempat belajar mengajar serta tempat menerima dan memberi palajaran sesuai dengan tingkatan yang ada. Sedangkan kata Madani menurut KBBI artinya adalah menjunjung tinggi nilai-nilai, norma-norma dan hukum yang ditopang oleh penguasaan iman, ilmu dan teknologi yang berperadaban.

Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Sekolah Madani adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi nilai, norma, dan hukum berdasarkan keimanan kepada Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berperadaban.

Sekolah Madani merupakan sekolah yang menerapkan konsep pendidikan dengan memadukan antara aspek ilmu pengetahuan umum dengan aspek ilmu keagamaan. Selain itu, Sekolah Madani juga mendukung segala bentuk kreativitas peserta didiknya di berbagai macam bidang baik seni, budaya, maupun teknologi.

Bina-Qurani-Sekolah-Madani-

Image: Sekolah Madani, Source: Photo From mche lee unsplash

Peran Sekolah Madani dalam Pendidikan Indonesia

Hadirnya Sekolah Madani di tengah-tengah dunia pendidikan Indonesia, nampaknya memberikan dampak yang cukup signifikan. Lahirnya siswa yang bertauhid, berakhlak mulia dan berprestasi merupakan produk dari Sekolah Madani dengan penerapan konsep pendidikan yang matang.

Di antara peran nyata yang diberikan oleh Sekolah Madani dalam dunia pendidikan Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Sekolah Madani Membentuk Siswa Berkarakter Islami

Dengan konsep kurikulum pendidikan yang memadukan antara pengetahuan umum dengan aspek ilmu keagamaan, Sekolah Madani benar-benar serius dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan. Membiasakan peserta didik untuk menerapkan norma-norma Islam dalam setiap aktivitas sehari-hari merupakan salah satu upaya yang diterapkan di dalam lingkungan sekolah.

Pembentukan karakter Islami pada siswa dilakukan secara ketat dengan bimbingan para guru pendamping yang berkompeten dalam membina aspek intelektual, spiritual, dan emosional anak didik.

Dengan pendampingan yang ketat, peserta didik diharapkan dapat menjadi pribadi yang unggul dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, seperti:

  • Mengesakan Allah
  • Ikhlas dalam beribadah
  • Menjalankan shalat wajib dan puasa Ramadhan
  • Berbakti kepada orang tua
  • Sopan dan hormat kepada guru
  • Berakhlak mulia kepada sesama
  • Saling tolong-menolong
  • Bertoleransi dalam perbedaan pendapat
  • Jujur dalam setiap ucapan dan tindakan
  • Kerja keras dan tidak malas
  • Dan nilai-nilai lainnya

Untuk menyiapkan generasi penerus bangsa, tidak cukup dengan memberikan ilmu pengetahuan umum semata kepada peserta didik, tetapi harus diimbangi dengan penanaman aspek-aspek keagamaan.

Bina-Qurani-Sekolah-Madani-

Image: Sekolah Madani, Source: Photo From Ivan aleksic unsplash

2. Sekolah Madani Membentuk Generasi Qurani

Sekolah Madani mempersiapkan generasi yang memegang teguh dengan Alquran. Peserta didik setiap harinya berinteraksi dengan Alquran, mulai dari membaca, menghafal, mengkaji hukum-hukumnya, mentadabburi, dan mengamalkan isi kandungannya.

Dalam proses pembentukan generasi qurani, peserta didik akan dikawal oleh para pengasuh dan guru yang berpengalaman serta didukung oleh lingkungan yang kondusif. Sehingga proses pembentukan dapat berjalan dengan baik.

Keseriusan Sekolah Madani dalam membentuk generasi qurani dibuktikan dengan pengalokasian waktu belajar, dimana dalam 70% dari total pembelajaran sekolah digunakan untuk berinteraksi dengan Alquran.

3. Sekolah Madani Melek Bidang Informasi dan Teknologi

Cepatnya laju perkembangan di bidang informasi dan teknologi menjadi tantangan tersendiri bagi Sekolah Madani. Keseimbangan antara Ilmu Agama, Ilmu pengetahuan umum serta infromasi dan teknologi merupakan sebuah gagasan yang harus diwujudkan agar terlahir lulusan-lulusan terbaik yang siap bersaing di dunia industri.

Selain melahirkan lulusan yang berwawasan luas, mempunyai pemahaman yang benar, berakidah yang lurus, dan berakhlak mulia, lulusan Sekolah Madani juga diharapkan cakap dalam bidang informasi dan teknologi sehingga mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan berbagai program dan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Bina-Qurani-Sekolah-Madani-

Image: Sekolah Madani, Source: Photo From aaron burden unsplash

Di antara salah satu contoh Sekolah Madani yang menerapkan konsep pendidikan dengan memadukan antara aspek ilmu pengetahuan umum dengan aspek ilmu keagamaan serta informasi dan teknologi adalah Bina Qurani Islamic School.

Bina Qurani Islamic School adalah lembaga pendidikan formal yang menggabungkan kurikulum pendidikan nasional dengan kurikulum khas Bina Qurani yang dalam metode pembelajarannya menerapkan konsep QUALITY Kurikulum, yaitu Quran, Adab, Language, Information Technology.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Bina Qurani Islamic School, Anda dapat mengunjungi link berikut ini Bina Qurani Islamic School.

Thumbnail Source: Photo From inaki del olmo unsplash

Artikel Terkait:
Pesantren Madani

TAGS
#Boarding School Islam #Boarding School Terbaik #Insan cendekia #Pendidikan Islam #pesantren madani #Pesantren Terbaik di Bogor #Boarding School #Islamic Boarding School #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login