Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Sekolah Tahfidz Quran

Bina-Qurani-Sekolah-Tahfidz-Quran
Sekolah Tahfidz Quran

Memiliki anak seorang penghafal Alquran atau hafidz Quran, tentu menjadi impian dan keinginan setiap orang tua. Tidak heran apabila para orang tua, baik ayah maupun bunda berusaha sekuat tenaga untuk mencari berbagai tips dan cara agar anak-anaknya dapat menjadi penghafal Alquran. Banyak orang tua yang kemudian mencari berbagai cara melalui situs internet, video di youtube, dan mengikuti webinar agar tujuannya dapat tercapai.

Bahkan, bagi orang tua yang anaknya kini telah lulus sekolah dasar dan akan menempuh sekolah tingkat menengah, banyak dari mereka yang kemudian mencari sekolah tahfidz quran sebagai tempat menyekolahkan anaknya. Hal ini mereka tempuh dengan tujuan sang anak dapat menghafal Alquran dan menjadi seorang hafidz quran.

Keinginan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tahfidz quran bukan tanpa alasan. Mereka menginginkan anaknya menjadi penghafal Alquran karena mereka mengetahui keutamaan-keutamaan dari penghafal Alquran sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam.

Bina-Qurani-Sekolah-Tahfidz-Quran

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah Tahfidz Quran, Source: Photo by Mataq DU Pexels

Abu Umamah Al Bahiliy Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Bacalah Alquran karena Alquran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menjelaskan bahwa seorang muslim yang menghafalkan Alquran akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak.

Dalam hadits yang lain Abdullah bin Amr Raḍiallāhu ‘Anhu meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

“Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Alquran nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal)’.” (HR. Abu Daud)

Hadits di atas menjelaskan bahwa menghafal Alquran merupakan salah satu ibadah yang akan meninggikan derajat kemuliaan seorang muslim. Bagi para penghafal Alquran, di akhirat kelak hafalannya tersebut akan menolong dirinya untuk menggapai derajat yang mulia.

Inilah beberapa alasan yang menjadi motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tahfidz quran.

Bina-Qurani-Sekolah-Tahfidz-Quran

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah Tahfidz Quran, Source: Photo by Indonesia Bertauhid Unsplash

Tips Memilih Sekolah Tahfidz Quran

Orang tua mana yang tidak Bahagia ketika melihat sang buah hati berhasil menjadi seorang penghafal quran? Begitu banyak keutamaan yang Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berikan kepada para penghafal Alquran sehingga para orang tua banyak mencari sekolah tahfidz quran yang tepat untuk anaknya.

Berikut ini beberapa tips memilih sekolah tahfidz quran yang tepat untuk anak-anak Ayah dan Bunda:

1. Sekolah Didominasi dengan Tahfidz Quran

Sekolah tahfidz quran yang baik memiliki ciri khas kurikulum utamanya adalah tahfidz Alquran atau hafalan. Dengan dominasi tahfidz quran sebagai kurikulum utamanya, maka kegiatan sehari-hari santri pun didominasi oleh kegiatan menghafal Alquran, mulai dari habis subuh, setelah dzuhur dan ashar, dan setelah isya diisi dengan kegiatan menghafal dan murajaah Alquran.

2. Memiliki Staf Pengajar atau Assatidz yang Hafal Alquran

Sekolah tahfidz quran yang baik wajib memiliki guru atau assatidz yang sudah hafal Alquran 30 juz dan hafalannya kuat. Sehingga assatidz yang hafal Alquran tersebut dapat memberikan tips dan trik dalam menghafal Alquran serta memberikan arahan ketika santri mengalami kesulitan dalam menghafal Alquran.

Bina-Qurani-Sekolah-Tahfidz-Quran

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sekolah Tahfidz Quran, Source: Photo by Alena D Pexels

3. Lingkungan Sekolah Tahfidz Quran Harus Kondusif

Lingkungan sekolah tahfidz quran yang kondusif memiliki kontribusi yang kuat dalam keberhasilan santri dalam menghafal Alquran. Lingkungan pegunungan, lingkungan pedasaan dan lingkungan yang jauh dari keramaian serta hiruk pikuk dunia, umumnya dipilih sebagai lokasi untuk mendidik para kader penghafal Alquran.

Selain lingkungan yang kondusif, sekolah tahfidz quran diusahakan agar memisahkan lingkungan santri putra dan putri sehingga tidak menimbulkan ikhtilath dan fitnah.

Demikianlah tiga tips penting yang dapat Ayah dan Bunda terapkan untuk memilih sekolah tahfidz quran terbaik untuk sang buah hati.

Thumbnail Source: Photo by Masjid Pogung Dalangan Unsplash

Artikel Terkait:
Nasihat untuk Penghafal Alquran

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login