Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sekolah Tahfiz Antara Realita Dan Idealita

Sekolah tahfiz yang cukup menjadi trending topik akhir-akhir ini membuat lesu ketertarikan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah umum. Pastinya orang tua punya alasan tersendiri kenapa harus menyekolahkan anaknya di sekolah tahfiz. Hanya saja sayangnya besarnya kemauan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah tahfiz tidak berbanding lurus dengan pelayanan, manajemen dan fasilitas yang tersedia di sebagian sekolah tahfiz yang ada.

Idealnya sekolah tahfiz memberikan pelayanan yang ekstra prima. Mulai dari saat santri dan orang tuanya akan mendaftar, berkunjung dan berada dalam lingkungan sekolah tahfiz. Tetapi realitanya ada saja sekolah tahfiz yang kurang dalam melayani saat santri akan mendaftar seperti persyaratan masuk yang memberatkan dari sisi administrasi misalkan santri harus datang, santri harus sudah bagus bacaannya dan lambatnya respon dari sekolah tahfiz ketika adanya pertanyaan.

Tentu ini menjadi penilaian tersendiri bagi orang tua yang akan menyekolahkan anaknya di sekolah tahfiz karena menurut para orang tua sekolah tahfiz adalah sekolah Islam yang seharusnya memudahkan karena memudahkan adalah adab orang beriman. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:

يَسِّرَا وَلا تُعَسِّرَا ، وَبَشِّرَا وَلا تُنَفِّرَا ، وَتَطَاوَعَا وَلا تَخْتَلِفَا

Permudahlah urusan jangan mempersulit orang lain, berilah kabar gembira jangan membuat orang lari dari agama Allah, serta berlaku rukunlah jangan suka berselisih. (HR. Bukhari).

Belum lagi saat berkunjung ke sekolah tahfiz beberapa didapati lahan parkir terbatas atau tidak rapi, tata ruang yang sempit atau ala kadarnya seolah yang penting wujud sekolah tahfiznya ada, ditambah lagi masalah kebersihan yang seharusnya sekolah tahfiz adalah prototipe utama kebersihan sekolah secara umum tetapi realitanya berbeda.

Kemudian dari sisi manajemen juga demikian, idealnya sekolah tahfiz adalah cerminan dari penerapan manajemen Islam yang terbukti sangat rapi, detail dan terbaik. Namun realitanya sedikit sekali kita dapati manajemen sekolah tahfiz yang betul-betul rapi mengelola manajemen sekolah, manajemen konflik pendidik dan peserta didik dan manajemen keuangan.

Untuk itulah, sekolah tahfiz yang memiliki animo tinggi dan sangat diminati para orang tua hendaklah dipertahankan dengan meningkatkan perbaikan dalam pelayanan, manajemen, fasilitas, kebersihan, dan lingkungan pesantren yang hospitality. Sekolah tahfiz cerminan dari sekolah Alquran. Dan di dalam Alquran diajarkan semua aspek kehidupan yang sempurna, sebuah beban berat jika kita melabelkan sekolah Alquran tetapi realitanya berbeda dengan ajaran-ajaran Alquran terlebih sampai membuat orang berkesimpulan tidak baik terhadap Islam karena lemahnya dan buruknya pengelolaan sekolah tahfiz.

Untuk itu, hendaknya sekolah tahfiz mulai kembali mengevaluasi, berbenah dan memperbaiki kekurangan yang ada agar menjadi sarana pendidikan yang profesional dan produktif. Agar trending topiknya melebihi ekspektasi realita yang ada sehingga membuat para orang tua tidak ragu memasukkan anaknya ke sekolah tahfiz.

TAGS
#Sekolah Alquran #Sekolah Terbaik #Islamic School #Sekolah Tahfiz
Login