Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital

Bina-Qurani-Islamic-School-Sertifikasi-yang-Dibutuhkan-di-Era-Digital
Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital

Sebagai seorang fresh graduate yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan di bangku perkuliahan, kalian tentu memerlukan berbagai sertifikasi agar dapat menunjang karir di masa depan. Sertifikasi ini nantinya dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau ditunjukkan kepada klien agar lebih yakin terhadap kemampuan yang kalian miliki.

Di antara sertifikasi yang perlu dimiliki untuk dapat menunjang karir seseorang adalah sertifikasi profesi. Sertifikasi prosesi adalah sertifikasi yang berguna untuk mevalidasi skill atau keahlian yang telah dimiliki yang didapatkan melalui berbagai pembelajaran, pelatihan maupun pengalaman kerja.

Bina-Qurani-Islamic-School-Sertifikasi-yang-Dibutuhkan-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital, Source: Photo by Anete Lusina From Pexels

Tiga Jenis Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital

Jenis sertifikasi profesi sangat banyak sekali macamnya, kalian dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keahlian yang kalian miliki. Namun dari beberapa jenis sertifikasi profesi yang ada, terdapat tiga jenis sertifikasi yang dibutuhkan di era digital.

Berikut ini beberapa daftar sertifikasi yang dibutuhkan di era digital:

1. Sertifikasi Web Developer

Salah satu sertifikasi yang dibutuhkan di era digital adalah sertifikasi web developer. Web developer adalah seorang programmer yang bertugas untuk merancang, membuat, memelihara, mengembangkan dan merawat situs website atau aplikkasi website.

Dalam melakukan pengembangan sebuah web, seorang web developer dapat menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman sesuai dengan kenyamanan dan skill yang dimiliki. Adapun beberapa jenis bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh web developer adalah sebagai berikut:

  • HTML (Hyper Text Markup Language)
  • CSS (Cascading Style Sheets)
  • PHP (Hypertext Preprocessor)
  • SQL (Structured Query Language)
  • Java
  • Phyton
  • JavaScript
  • Ruby
  • C++

Sertifikasi web developer merupakan salah satu sertifikasi yang dibutuhkan di era digital, terlebih bagi kalian yang berprofesi sebagai web developer. Dengan memiliki sertifikasi ini, kalian akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari klien maupun pihak perusahaan.

Bina-Qurani-Islamic-School-Sertifikasi-yang-Dibutuhkan-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital, Source: Photo by Tiger Lily From Pexels

2. Sertifikasi Data Analyst

Sertifikasi data analyst atau data scientist juga merupakan salah satu sertifikasi yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Data Analyst adalah suatu profesi yang bertugas untuk menganalisa data mentah, dan menerjemahkan data tersebut menjadi susunan laporan yang mudah dimengerti oleh manajemen perusahaan maupun klien.

Hasil analisa data tersebut kemudian dijadikan oleh klien sebagai bahan acuan dalam membuat keputusan penting dengan melakukan berbagai identifikasi dari fakta dan tren yang ada. Seorang data analyst juga memiliki tanggung jawab dalam mengolah bahan yang diberikan untuk membuat eksperimen dan menentukan strategi bisnis yang akan datang.

Setidaknya ada beberapa jenis sertifikasi yang perlu dimiliki oleh seorang data analyst, sebagai berikut:

  • SAS Certified Data Scientist
  • Dell EMC Proven Professional Certification Program
  • Microsoft Certified: Azure Data Scientist Associate

Sertifikasi ini adalah sertifikasi yang dibutuhkan di era digital, apalagi hasil rilis dari Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) menyebutkan bahwa data analyst adalah pekerjaan yang nantinya paling dibutuhkan di tahun 2025.

Bina-Qurani-Islamic-School-Sertifikasi-yang-Dibutuhkan-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sertifikasi yang Dibutuhkan di Era Digital, Source: Photo by Rawpixel From Freepik

3. Sertifikasi Artificial Intellegence (AI)

Sertifikasi yang dibutuhkan di era digital selanjutnya adalah sertifikasi Artificial Intellegence (AI). Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar dapat bekerja dan berfikir selayaknya manusia.

Menurut Mc Leod dan Schell, Artificial Intellegence adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer yang memiliki kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia.

Seorang spesialist di bidang AI, perlu kiranya untuk memiliki sertifikasi Artificial Intellegence. Hal ini dapat berguna apabila ada klien atau perusahaan yang masih meragukan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki.

Manfaat Memiliki Sertifikasi

Dengan memiliki sertifikasi tersebut, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat apabila kita memiliki sertifikasi yang dibutuhkan di era digital seperti saat ini:

  • Sebagai tanda bukti memiliki keahlian sesuai dengan sertifikasi yang dimiliki.
  • Peningkatan karir di masa depan lebih terjamin dibanding dengan rekan kerja yang tidak memiliki sertifikasi.
  • Kesempatan berkarir terbuka lebih luas.
  • Sebagai bukti profesionalitas dalam melakukan pekerjaan.

Itulah tiga jenis sertifikasi yang dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini dan manfaat yang didapatkan apabila memiliki sertifikasi tersebut. Semoga tulisan ini dapat diambil manfaatnya.

Thumbnail Source: Photo From Freepik

Artikel Terkait:
Sertifikasi Cisco Adalah

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login