Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Shalat Wustha

Bina-Qurani-Shalat-Wustha
Shalat Wustha

Sudah menjadi hal yang wajar dalam kehidupan kita saat ini, bagaimana ketika sebagian besar dari manusia bahkan banyak diantara kaum muslimin yang bekerja keras membanting tulang sedari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Pertanyaannya kenapa mereka melakukan hal itu? Karena mereka mengetahui bahwa hidup perlu makan, minum dan kebutuhan lainnya, dan hal-hal tersebut membutuhkan uang, dan uang akan didapat diantaranya dengan bekerja. Karena mereka mengetahui keutaman bekerja keras maka mereka pun melakukannya.

Lalu kenapa kaum muslimin banyak yang lalai untuk melaksanakan shalat, terutama terkait shalat wustha, karena mungkin mereka tidak tau pentingnya menunaikan shalat dalam hal ini terkait keutamaan melaksanakan shalat wustha.

Bina-Qurani-Shalat-Wustha

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Shalat Wustha, Source: Photo by Mohamed Hassan From Pixabay

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan shalat dan shalat wustha. Semoga dengan sedikit goresan tinta ini dapat memberikan suntikan semangat kepada kaum muslimin agar lebih perhatian terhadap rukun Islam yang amat mulia ini.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

“Peliharalah semua shalat dan shalat wustha, dan laksankanlah (shalat) karena Allah dengan khusyuk.” (QS. Al-Baqarah [02]: 238)

Menurut pendapat yang paling tepat yang dimaksud dengan shalat wustha dalam ayat diatas adalah shalat ashar. Hal ini berdasarkan hadist Nabi Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam Ketika terjadi perang ahzab,

شَغَلُونَا عَنِ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى، صَلَاةِ الْعَصْرِ

“Mereka (kaum kafir Quraisy) telah menyibukkan kita dari shalat wustha (yaitu) shalat ashar.” (HR. Bukhari dan Muslim. Lafadz hadits ini milik Muslim.)

Bina-Qurani-Shalat-Wustha

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Shalat Wustha, Source: Photo by Chanikarn Thongsupa Rawpixel

Balasan Bagi Orang yang Menjaga Shalat Wustha (Shalat Ashar)

Terdapat hadist khusus yang menyebutkan pahala bagi orang yang menjaga shalat ashar. Dari Abu Bashrah Al Ghifari radiyallahu’anhu menceritakan Rasulullah Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam shalat ashar bersama kami di daerah Makhmas. Kemudian beliau Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

إِنَّ هَذِهِ الصَّلَاةَ عُرِضَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ فَضَيَّعُوهَا، فَمَنْ حَافَظَ عَلَيْهَا كَانَ لَهُ أَجْرُهُ مَرَّتَيْنِ، وَلَا صَلَاةَ بَعْدَهَا حَتَّى يَطْلُعَ الشَّاهِدُ، وَالشَّاهِدُ: النَّجْمُ

“Sesungguhnya shalat ini (shalat ashar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Barangsiapa yang menjaga shalat ini, maka baginya pahala dua kali lipat. Dan tidak ada shalat setelahnya sampai terbitnya Asy Syahid (yaitu bintang).” (HR. Muslim)

Rasulullah Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ، وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidak akan masuk Neraka seorang pun yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit (yakni shalat shubuh) dan sebelum matahari terbenam (yakni shalat ashar).” (HR. Muslim)

Bina-Qurani-Shalat-Wustha

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Shalat Wustha, Source: Photo by Ima Miroshnichenko Pexels

Ancaman Bagi yang Meninggalkan Shalat Wustha (Shalat Ashar)

Diantara dalil yang menunjukan pentingnya kedudukan shalat ashar adalah ancaman bahwa barangsiapa yang meninggalkannya, maka terhapuslah pahala amal yang dikerjakannya pada hari tersebut. Nabi Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

“Barangsiapa yang meninggalkan shalat ashar, maka terhapuslah amalanya (pada hari itu).” (HR. Bukhori)

Nabi Muhammad Sallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam juga bersabda,

الَّذِي تَفُوتُهُ صَلَاةُ الْعَصْرِ، كَأَنَّمَا وُتِرَ أَهْلَهُ وَمَالَهُ

“Orang yang terlewat (tidak mengerjakan) shalat ashar, seolah-olah dia telah kehilangan keluarga dan hartanya.”

Ketika seseorang kehilangan keluarga dan hartanya, maka dia tidak lagi memiliki keluarga maupun harta dan betapa kasihannya ia. Maka ini adalah perumpamaan betapa celakanya tatkala terhapusnya amal seseorang karena meninggalkan shalat ashar.

Semoga kita adalah bagian dari golongan orang-orang yang mendapat balasan pahala kebaikan dari Allah karena senantiasa istiqomah menunaikan shalat wustha (shalat ashar).

Thumbnail Source: Photo by Sharon Ang From Pixabay

Artikel Terkait:
Perintah Shalat 5 Waktu

TAGS
#adab penuntut ilmu #Al Baqarah #Alquran 30 Juz #cara berbakti kepada orang tua #Cara Manghafal Quran #Cara membuat hand sanitizer #Cara Sholat Jenazah #hukum qurban adalah #ikhlas dalam beramal #Keutamaan Membaca Alquran
Login