Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Shared Hosting dan VPS

Bina-Qurani-Shared-Hosting-dan-VPS
Shared Hosting dan VPS

Layanan shared hosting dan VPS kerap menjadi perbincangan bagi orang yang ingin membuat sebuah website. Layanan shared hosting dan VPS meskipun sepintas terlihat sama, namun pada kenyataannya sangatlah berbeda.

Apa saja perbedaan dari layanan shared hosting dan VPS tersebut? Simak penjelasan lengkapnya pada tulisan di bawah ini mengenai perbedaan antara shared hosting dan VPS.

Apa itu Shared Hosting?

Shared hosting adalah sebuah layanan hosting yang menyediakan sebuah akun hosting yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa akun hosting dalam satu server yang sama, dan memakai server Bersama-sama seperti bandwidth, memori, serta daya komputasi.

Shared hosting merupakan layanan server yang sesuai untuk starter karena harganya yang sangat murah. Shared hosting sangat sesuai untuk Anda yang baru mulai memiliki website dengan tingkat kunjungan tidak terlampau tinggi, dan akun email dalam hitungan puluhan.

Menggunakan layanan shared hosting bagaikan tinggal di kamar kos. Di mana di dalam kamar kos Anda akan menempati sebuah kamar yang kecil tetapi Anda dapat dengan leluasa untuk berkunjung ke kamar teman kos yang lain. Dan ketika teman kos sebelah berisik, tentu Anda akan terganggu dengannya.

Dengan layanan shared hosting ini, Anda juga bagaikan sedang berbagi uang listrik rumah kos dengan teman-teman kos Anda yang lain. Bahkan jika Anda membawa microwave ke dalam kos Anda yang mana pemakaian listriknya sangat besar, maka semua orang yang tinggal di rumah kos akan ikut menanggung biaya listriknya.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Meski demikian penggunaan layanan shared hosting memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan shared hosting:

1. Kelebihan Layanan Shared Hosting

Di antara kelebihan dari layanan shared hosting yaitu:

  • Memiliki harga yang murah dan cukup terjangkau.
  • Mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian khusus dalam mengelola server.
  • Cocok untuk pemula yang baru belajar menggunakan website atau bagi para pemilik usaha kecil menengah yang baru akan menjadikan website sebagai branding produknya.
  • Memiliki akses ke control panel yang memungkinkan penggunanya untuk mengelola control panel.
2. Kekurangan Layanan Shared Hosting

Adapun kekurangan dari layanan shared hosting adalah:

  • Space yang relative kecil.
  • CPU dan RAM digunakan bersama-sama dengan pelanggan lain.
  • Jika terdapat pengguna yang menggunakan resource server secara berlebihan, maka akan mengganggu performa website Anda.
  • Keamanan server kurang terjamin.
  • Kontrol server terbatas.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan layanan shared hosting.

Bina-Qurani-Shared-Hosting-dan-VPS

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Shared Hosting dan VPS, Source: Photo by Manuel Pexels

Apa itu VPS?

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yaitu layanan server virtual yang memiliki sumber daya yang terdedikasi khusus untuk satu pengguna. Berbeda dengan shared hosting di mana sumber daya komputasi yang sama, digunakan oleh beberapa orang pengguna.

Sesuai dengan namanya, VPS terdiri dari kata Virtual, Private, dan Server. Kata Virtual dalam VPS menunjukkan bahwa VPS ini bertindak di lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi pada server. Sedangkan kata Private berarti bahwa server yang sudah diisolasikan sumber dayanya tersebut adalah milik pribadi. Adapun kata Server, berarti suatu komputer tempat di mana data hosting tersimpan.

Cara kerja VPS adalah dengan melakukan virtualisasi pada sebuah server fisik di mana virtualisasi ini akan mengisolasi sumber daya komputasi dari server tersebut ke beberapa server virtual.

Sebagai contoh: Sebuah server memiliki fisik dengan sumber daya 8 Core CPU dan 8 GB RAM akan di virtualisasi menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 Core CPU dan 1 GB RAM. Artinya, kamu akan berbagi satu server yang sama namun dengan sumber daya yang terisolasi hanya bisa kamu gunakan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Meski demikian penggunaan layanan VPS memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan VPS:

1. Kelebihan Layanan VPS

Di antara kelebihan dari layanan VPS yaitu:

  • Space memori lebih besar.
  • Fleksibel, Anda bisa mengkustom VPS sehingga sesuai dengan kebutuhan termasuk menginstall aplikasi-aplikasi server yang spesifik.
  • Memiliki akses root sehingga bisa melakukan apapun pada VPS tersebut.
  • Memiliki garansi resource CPU, RAM, dan Space.
2. Kekurangan Layanan VPS

Adapun kekurangan dari layanan VPS ini yaitu:

  • Harga cukup tinggi dibandingkan dengan layanan shared hosting.
  • Membutuhkan pengetahuan khusus untuk mengoperasikan server.
  • Garansi resource sama dengan limit resource. Menjadi konsekuensi logis jika provider VPS harus membatasi semua resource pada setiap VPS.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan Virtual Private Server atau VPS.

Thumbnail Source: Photo by Panumas Pexels

Artikel Terkait:
Membuat Website untuk Mengembangkan Bisnis

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
© 2023 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login