Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Sifat Orang Sukses

Bina-Qurani-Sifat-Orang-Sukses
Sifat Orang Sukses

Setiap orang tentu ingin menjadi sukses. Namun, tidak semua orang berhasil meraih kesuksesan. Orang sukses bukan hanya dilihat dari apa yang dia punya, yang lebih penting adalah karakter sebagai orang sukses yang melekat pada dirinya.

Banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk mencapai sebuah kesuksesan. Mereka hanya ingin menikmati kesuksesan dengan instan, tanpa mau melewati proses yang panjang dan sulit. Padahal kesuksesan lahir dari kerja keras. Bahkan, kesuksesan sejatinya adalah proses dan hasil kerja keras itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa mereka yang sukses ternyata memiliki beberapa sifat yang sangat mendukung kesuksesan tersebut. Sifat orang sukses tidak terjadi begitu saja, namun kebiasaan yang dikerjakan dengan tekun dari waktu ke waktu.

Bina-Qurani-Sifat-Orang-Sukses

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sifat Orang Sukses, Source: Photo by Mikhail Pexels

Sifat-sifat Orang Sukses yang Perlu Ditanamkan Sedari Dini

Berikut beberapa sifat orang sukses yang perlu untuk diketahui dan diupayakan:

1. Percaya Diri

Sifat orang sukses yang pertama adalah percaya diri. Percaya diri adalah perasaan yakin terhadap kemampuan diri sendiri. Tidak masalah bila berada dalam tekanan, ia akan berusaha melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan tugasnya.

Sebuah penelitian ilmiah Leadership Today menunjukan bahwa, orang sukses akan mengandalkan kepercayaan dirinya dan selalu memiliki keyakinan bahwa semua yang dihadapi bisa teratasi.

Tentunya rasa percaya diri akan sangat berkaitan dengan skill yang ada. Semakin baik dan banyak kemampuan atau skill yang dimiliki, maka akan semakin baik pula kepercayaan dirinya.

2. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sifat orang sukses selanjutnya adalah memiliki rasa ingin  tahu yang tinggi. Seringkali kita menyebut rasa ingin tahu yang tinggi dengan istilah “kepo”. Padahal memiliki rasa ingin tahu yang tinggi merupakan salah satu sifat orang sukses.

Melansir Journal of Personalized Medicine, karakter orang sukses umumnya menggunakan hasrat keingintahuannya dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Mereka juga suka mempelajari tentang berbagai hal untuk menambah wawasan dan ilmu baru.

Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi juga biasanya gemar dalam membaca. Dengan sering membaca akan menambah banyak pengetahuan dan itu merupakan bagian dari ciri orang sukses.

Bina-Qurani-Sifat-Orang-Sukses

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sifat Orang Sukses, Source: Photo by Anna Pexels

3. Memiliki Kontrol Diri

Ketika seseorang memiliki sifat mampu mengontrol diri, berarti orang tersebut memiliki sifat kedewasaan. Memiliki kontrol diri menjadi salah satu tanda orang sukses. Sebab, biasanya mereka cenderung berpikir sebelum berbiacara atau bertindak.

Saat berada dalam masalah, orang yang mampu mengontrol diri juga biasanya akan bersikap lebih tenang. Namun, dalam ketenangannya ia berpikir dan berusaha keras menyelesaikan masalah tersebut.

4. Kreatif

Kreatifitas yang tinggi menjadi bagian dari sifat orang sukses. Orang sukses sangat memahami potensi dirinya dan senantiasa berupaya melakukan hal menarik yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Kebanyakan orang yang sukses tidak silau dan tidak mudah berbangga diri dengan pencapaianya di masa lalu. Mereka cenderung fokus pada ide baru untuk pekerjaan yang akan datang.

5. Pengamat yang Baik

Mampu menjadi pengamat yang baik merupakan ciri dan sifat orang sukses. Alih-alih banyak berbicara pada orang lain tentang prestasinya, orang yang sukses cenderung diam dan jeli mengamati.

Orang yang sukses akan memperhatikan adanya kesalahan atau kekurangan dirinya ataupun yang ada pada orang lain. Hal ini ia lakukan sebagai perbaikan dan untuk mengambil peluang yang mungkin terlewatkan sebelumnya.

Orang yang memiliki pengamatan yang baik akan belajar dari kesalahan dan mengambil nilai positif dari pengamatan yang telah dilakukan. Sehingga ia akan mempertahankan hal-hal yang sudah baik dan mengembangkan atau menambahkan sesuatu yang dirasa dapat memberikan manfaat dan memiliki nilai positif lebih.

Thumbnail Source: Photo by Andrea Pexels

Artikel Terkait:
Skill di Era Digital

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login