Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Bina-Qurani-Sistem-Pendidikan-Terbaik-di-Dunia
Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, maupun pemerintah melalui berbagai kegiatan seperti pengajaran, bimbingan, dan latihan. Kegiatan ini berlangsung selama kehidupan manusia tanpa pandang usia, dan dilaksanakan di dalam maupun di luar sekolah.

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting bagi kehidupan setiap manusia, kelompok, bahkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya pendidikan yang baik setiap orang akan memberikan peran dan manfaat yang baik pula untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

Tidak ada satu negara majupun di dunia ini yang tidak konsen dan menitik beratkan sektor pendidikan dalam usaha membangun bangsa dan negaranya. Negara-negara maju telah memberikan bukti, bahwa pendidikan mempunyai peran dan pengaruh yang besar dalam meningkatkan kualitas kehidupan bangsanya.

Pendidikan menjadi salah satu faktor penting bagi kemajuan bangsa. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas, maka akan menghasilkan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi pula. Dengan demikian, usaha pembangunan bangsa dapat terlaksana secara mandiri dan berkesinambungan.

Bina-Qurani-Sistem-Pendidikan-Terbaik-di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Source: Photo by Dids Pexels

Tujuh Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Di beberapa negara maju di dunia, banyak yang telah menerapkan sistem pendidikan yang paling bagus dan terbaik bagi bangsanya. Berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia:

1.  Finlandia

Salah satu prestasi yang dimiliki oleh Finlandia adalah tercatat sebagai negara dengan penerapan sistem pendidikan terbaik di dunia. Meskipun beberapa universitas di Finlandia masih kalah popular dengan unversitas-universitas di Inggris dan Amerika Serikat, namun sistem pendidikan di negara Finlandia masih dianggal sebagai yang terbaik di dunia.

2. Australia

Negara kedua yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia adalah Australia. Australia memiliki sistem pendidikan yang berbeda dari kebanyakan negara lainnya di dunia dengan penerapan Australian Qualification Framework (AQF).

AQF merupakan kebijakan nasional yang melingkupi kualifikasi dari pendidikan tinggi, pendidikan vokasional, dan pelatihan yang dilakukan sebagai tambahan intil sertifikasi lulus sekolah yang dinamakan Senior Secondary Certificate of Education.

Bina-Qurani-Sistem-Pendidikan-Terbaik-di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Source: Photo by Sultan R Pexels

3. Belanda

Belanda juga termasuk salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Di negara Belanda, usia pendidikan dasar yang di tempuh anak-anak adalah pada usia 5 tahun dengan masa pendidikan selama 7 tahun. Pada tahun terakhir para siswa mulai memutuskan pendidikan lanjutan yang akan mereka terima.

Pendidikan lanjutan di Belanda dimulai pada usia 12 tahun dan wajib belajar sampai usia 16 tahun. Masa pendidikan ini dibagi menjadi beberapa tingkatan berdasarkan hasil tes dan tingkat akademik.

Siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah akan diarahkan untuk mengambil kursus VMBO selama 4 tahun. Di dalam kursus tersebut terdapat materi pendidikan umum dan pendidikan kejuruan. Setelah lulus siswa akan menlanjutkan pendidikan MBO. Setelah masa pendidikan MBO selesai, siswa dapat langsung bekerja atau mengikuti HAVO selama 5 tahun bagi siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi.

4. Jerman

Sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, jerman menjadi daya tarik siswa atau pelajar dari seluruh dunia untuk belajar di Jerman. Biasanya, program studi yang diambil oleh para pelajar mancanegara di Jerman adalah studi lanjutan. Studi lanjutan tersebut meliputi jurusan kedokteran spesialis, otomotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan perkapalan.

5. Jepang

Jepang menjadi salah satu negara asia yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Dengan menerapkan sistem profesionalisme yang sangat pakem dengan penerapan peraturan dengan standar terbaik, Jepang memiliki harapan untuk mencetak generasi yang Tangguh demi kemajuan bangsa.

Di antara kunci kesuksesan Jepang menjadi salah satu negara maju di dunia adala kedisiplinan, etos kerja, kemauan kuat, dan kecerdasan yang dimiliki dalam menciptakan teknologi.

Bina-Qurani-Sistem-Pendidikan-Terbaik-di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Source: Photo by Pixabay Pexels

6. Inggris

Lembaga pendidikan kelas dunia seperti Oxford, Cambridge, College London, dan masih banyak lagi telah menjadi bukti nyata bahwa Inggris memang terkenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Inggris menjadi negara sasaran utama para pelajar di seluru dunia. Pendidikan di Inggris juga terkenal dengan pendidikan yang fokus di bidang kedokteran, sains, astronomi, sejarah, seni, olahraga, dan beberapa pendidikan lainnya.

7. Denmark

Menurut CEO World Magazine, negara Denmark tercatat menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki sistem pendidikan yang mumpuni. Denmark menempati urutan ketujuh dunia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Eropa bahkan di dunia.

Denmark memiliki kurikulum pendidikan terbaik yang saat ini mulai banyak ditiru dan diterapkan oleh banyak negara-negara di dunia. Pendidikan di Denmark tidak jauh berbeda dengan sistem pendidikan di Negara Skandinavia lainnya.

Itulah tujuh negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, mulai dari Finlandia hingga Denmark. Semoga memberikan motivasi pada negara Indonesia khususnya, agar semakin memperhatikan sistem pendidikan untuk bangsanya.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login