Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Skill di Era Digital

Bina-Qurani-Skill-di-Era-Digital
Skill di Era Digital

Memiliki keahlian khusus atau skill di era digital, merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi penentu kesuksesan karir seseorang. Skill artinya adalah keahlian atau kemampuan atau ketrampilan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Ada berbagai macam jenis skill di era digital yang wajib dimiliki oleh seseorang dalam perjalanan untuk mancapai kesuksesan karirnya. Skill tersebut dapat berupa sofft skill maupun hard skill, keduanya sama-sama mempunyai peran yang penting bagi kesuksesan seseorang.

Berbicara mengenai skill di era digital, pada tulisan kali ini akan kami sampaikan beberapa skill di era digital yang perlu dikuasai dan dikembangkan.

Yuk kita simak!

Beberapa Hard Skill di Era Digital yang Perlu Dimiliki

Apa itu hard skill?

Hard skill adalah sebuah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa hard skill di era digital yang perlu dimiliki oleh seseorang dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan:

Bina-Qurani-Skill-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Skill di Era Digital, Source: Photo by Karolina Grabowska From Pexels

1. Kemampuan Data Analyst

Data analyst atau data scientist merupakan satu di antara hard skill di era digital yang paling dibutuhkan dan penting untuk dimiliki.

Data Analyst adalah suatu profesi yang bertugas untuk menganalisa data mentah, dan menerjemahkan data tersebut menjadi susunan laporan yang mudah dimengerti oleh manajemen perusahaan maupun klien.

Hasil analisa data tersebut kemudian dijadikan oleh klien sebagai bahan acuan dalam membuat keputusan penting dengan melakukan berbagai identifikasi dari fakta dan tren yang ada. Seorang data analyst juga memiliki tanggung jawab dalam mengolah bahan yang diberikan untuk membuat eksperimen dan menentukan strategi bisnis yang akan datang.

Menurut Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) dikatakan bahwa, data analyst merupakan pekerjaan yang menduduki peringkat pertama, dan menjadi sebuah profesi yang paling bersinar pada tahun 2025. Hal ini dipertegas dengan alasan bahwa pada tahun-tahun mendatang, perusahaan membutuhkan analisa data yang tepat dan akurat sebagai langkah dalam menentukan kebijakan.

Selain bertugas untuk menganalisa data mentah, dan menerjemahkan data tersebut menjadi susunan laporan yang mudah dimengerti, data analyst juga mempunyai beberapa tugas dan tanggung jawab sebagaimana berikut:

  • Mengumpulkan, mengelola, dan menganalisa data yang sudah jadi atau data mentah dari berbagai sumber data.
  • Menganalisa masalah bisnis perusahaan dengan mempelajari suatu persoalan dengan teknik dan kerangka kerja yang sistematis.
  • Memahami betul asal-usul data dan kemungkinan terdistorsinya data tersebut.
  • Mengidentifikasi berbagai korelasi dan pola interpretasi yang ada di dalam data.
  • Menyajikan data visual dari hasil analisa menggunakan beberapa tools.

Data analyst adalah suatu profesi yang nantinya paling banyak dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu keahlian di bidang analyst merupakan salah satu skill di era digital yang harus mulai kita pelajari dan terus kita asah.

Bina-Qurani-Skill-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Skill di Era Digital, Source: Photo by Freepik

2. Kemampuan Web Development

Selain data analyst, web development juga merupakan skill di era digital yang perlu dikuasai dan paling dibutuhkan.

Web development adalah suatu keahlian yang berkaitan dengan situs website atau aplikasi web. Tugas dari seseorang yang memiliki kemampuan di bidang web development atau seorang web developer adalah merancang, membuat, memelihara, mengembangkan dan merawat situs website atau aplikkasi website.

Dalam melakukan pengembangan sebuah web, seorang web developer dapat menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman sesuai dengan kenyamanan dan skill yang dimiliki. Adapun beberapa jenis bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh web developer adalah sebagai berikut:

  • HTML (Hyper Text Markup Language)
  • CSS (Cascading Style Sheets)
  • PHP (Hypertext Preprocessor)
  • SQL (Structured Query Language)
  • Java
  • Phyton
  • JavaScript
  • Ruby
  • C++

Memiliki keterampilan dan keahlian di bidang web development pada era digital seperti sekarang, tentu tidak akan sia-sia. Selain merupakan keahlian yang paling banyak dicari oleh perusahaan, memiliki kemampuan web develompent juga akan mendatangkan banyak manfaat seperti dapat bekerja remote atau jarak jauh, dapat membuat situs web atau aplikasi web sesuai keinginan dan kebutuhan kita, dan dapat mudah mencari pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Inilah kenapa web development adalah skill di era digital yang perlu dikuasai dan dikembangkan oleh setiap orang yang ingin karirnya sukses di masa depan.

Bina-Qurani-Skill-di-Era-Digital

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Skill di Era Digital, Source: Photo by Olia Danilevich From Pexels

3. Kemampuan Artificial Intellegence (AI)

Skill di era digital selanjutnya yang juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuan di bidang Artificial Intellegence (AI).

Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar dapat bekerja dan berfikir selayaknya manusia.

Menurut Mc Leod dan Schell, Artificial Intellegence adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer yang memiliki kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia.

Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi yang sangat penting bagi kehidupan manusia di masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kecerdasan buatan ini sangat penting:

  • Artificial Intellegence dapat mengautomasi pembelajaran dan penemuan berulang melalui data yang didapatkan.
  • Artificial Intellegence dapat menambah kecerdasan pada produk teknologi yang saat ini sudah ada.
  • Artificial Intellegence dapat dengan mudah beradaptasi melalui algoritma pembelajaran progresif dalam dunia pemrograman.
  • Artificial Intellegence menganalisa data lebih banyak dan lebih dalam dengan jaringan neural yang memiliki banyak lapisan tersembunyi.
  • Artificial Intellegence mempunyai akurasi yang cukup tinggi melalui jaringan neural untuk melakukan hal-hal yang tidak memungkinkan sebelumnya.

Itulah alasan kenapa Artificial Intellegence begitu penting bagi perkembangan dunia digital.

Beberapa Soft Skill di Era Digital yang Perlu Dimiliki

Di samping memiliki beberapa hard skill seperti diatas, untuk mencapai kesuksesan karir profesional juga dibutuhkan adanya soft skill dalam diri seseorang.

Berikut ini adalah beberapa soft skill di era digital yang perlu dimiliki untuk menunjang hard skill dalam mencapai kesuksesan karir:

  • Jujur dalam segala hal
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Kreatif
  • Kerja Keras
  • Kritis
  • Mempunyai Jiwa kepemimpinan
  • Mampu bekerja tim
  • Memiliki etika kerja yang baik
  • Dapat menentukan keputusan terbaik
  • Efektif dalam menggunakan waktu
  • Penyelesaian Konflik

Itulah beberapa soft skill di era digital yang hendaknya dimiliki oleh setiap orang, agar dapat menunjang hard skill yang kita miliki guna mencapai puncak kesuksesan karir.

Thumbnail Source: Photo by Nemuel Sereti From Pexels

Artikel Terkait:
Sertifikasi Yang Dibutuhkan di Era Digital

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login