Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Software Pembuat Aplikasi Android Offline

Bina-Qurani-Software-Pembuat-Aplikasi-Android-Offline
Software Pembuat Aplikasi Android Offline

Berbicara tentang teknologi tentu tidak akan pernah ada habisnya. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi terus memperbarui penemuan-penemuannya yang semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan manusia dalam mendapatkan informasi serta melakukan komunikasi.

Salah satu teknologi yang terus menerus memperbarui sistem operasinya adalah android. Android merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone yang paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia.

Di dalam sebuah smartphone yang berbasis android, kita dapat menemukan banyak aplikasi bermanfaat yang dapat membantu kita melakukan banyak hal seperti seperti facebook, instagram, whatsapp, tiktok, pinterest dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia, baik dalam mencari dan mendapatkan informasi, maupun dalam hal untuk melakukan komunikasi.

Lalu, apakah Anda tertarik untuk membuat aplikasi android?

Jika Anda tertarik untuk membuat aplikasi android, maka Anda berada pada artikel yang tepat. Pada tulisan kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang beberapa software pembuat aplikasi android offline yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi meskipun Anda tidak mempunyai koneksi internet.

Di antara software pembuat aplikasi android offline, yaitu:

  • Android Studio
  • Unity
  • Software Pembuat Apllikasi Android Offline NetBeans
  • Adobe Flash
  • Apache Cordova

Untuk lebih lengkapnya yuk kita simak!

Software Pembuat Aplikasi Android Offline Paling Direkomendasikan

Berikut ini adalah beberapa software pembuat aplikasi android offline yang paling recommended:

1. Android Studio

Android Studio adalah salah satu software pembuat aplikasi android offline yang resmi dikembangkan oleh Google. Android Studio merupakan software IDE (Integrated Development Environment) yang dirancang khusus oleh Google untuk membantu penggunanya dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android.

Sejak dirilis pertama kali ke publik pada tahun 2013, Android Studio saat ini telah mencapai versi ke 4.2.0. yang semakin memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Android Studio sebagai software pembuat aplikasi android offline di antaranya adalah:

  • Android Studio teleh dilengkapi dengan sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel.
  • Dilengkapi dengan emulator yang cepat dan mempunyai banyak fitur.
  • Memiliki fitur instant run, yang digunakan untuk mendorong adanya perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa harus membuat aplikasi baru.
  • Dilengkapi template kode yang telah terintegrasi dengan GitHub.
  • Dilengkapi dengan Lint yang dapat meningkatkan kinerja aplikasi, kegunaan, dan kompatibilitas versi.

Bahas pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada Android Studio adalah Java, Kotlin, dan C++. Anda dapat mendownload software pembuat aplikasi android offline Android Studio ini melalui situs resminya.

2. Software Unity

Software pembuat aplikasi andorid offline yang paling direkomendasikan selanjutnya adalah Unity. Unity merupakan software pembuat game atau sering disebut sebagai game engine baik tiga dimensi ataupun dua dimensi, yang dirilis pertama kali pada tahun 2005.

Unity pada awalnya adalah software yang hanya bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Mac (MacOS). Namun, saat ini Unity sudah dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi yang lain seperti Linux maupun Windows.

Bahas pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada software Unity adalah bahas pemrograman Javascript, C#, dan bahasa pemrograman lainnya. Anda dapat mendownload software pembuat aplikasi android offline Unity ini melalui situs resminya di unity3d[dot]com.

3. Software Pembuat Apllikasi Android Offline NetBeans

NetBeans merupakan Software IDE (Integrated Development Environment) sejenis Android Studio yang dikembangkan oleh Perusahaan Oracle.

Bahas pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada software NetBeans adalah bahas pemrograman Java, C++, PHP dan bahasa pemrograman lainnya.

FYI: Untuk penggunaan software yang berbasis IDE, harus disertai dengan pemasangan JDK dan JRE pada perangkat yang akan kita gunakan untuk pengoperasian software tersebut.

Software pembuat aplikasi android offlilne ini dapat Anda download melalui situs resminya di www[dot]netbeans[dot]org.

4. Adobe Flash

Adobe Flash yang dulunya dikenal sebagai Macromedia Flash, ternyata merupakan salah satu software pembuat aplikasi android offline dari keluarga adobe.

Selain dapat digunakan untuk membuat aplikasi andorid, Adobe Flash juga memiliki fungsi utama sebagai software yang digunakan untuk membuat gambar vektor atau animasi.

Adobe Flash dapat Anda download melalui situs resminya di get[dot]adobe[dot]com[slash]flashplayer.

5. Apache Cordova

Apache Cordova adalah satu di antara beberapa software pembuat aplikasi andoid offline yang paling recommended.

Apache Cordova merupakan sebuah farmwork yang biasa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis sistem oprasi android, iphone, maupun windows. Bahasa pemrograman yang digunakan pada Apache Cordova adalah HTML 5, CSS3, dan Javascript.

Untuk menggunakan Apache Cordova Anda dapat mengunguh melalui situs resminya di cordova[dot]apache[dot]org.

Demikianlah beberapa software pembuat aplikasi android offline yang paling direkomendasikan.

Thumbnail Source: Photo From Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Belajar Web Design

TAGS
#Belajar Website Pemula #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login