Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Struktur Teks Ceramah

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Ceramah

Ceramah adalah kegiatan berbicara di depan khalayak ramai yang bertujuan untuk menyampaikan atau menyiarkan informasi seputar ajaran-ajaran agama kepada para pendengar.

Sebelum memulai ceramah, seorang penceramah biasanya terlebih dahulu menyiapkan bahan atau materi ceramah yang akan disampaikan di hadapan pendengar. Tidak jarang dari para penceramah, yang kemudian menyusun materinya ke dalam sebuah teks ceramah dan digunakan sebagai panduan saat ceramah berlangsung.

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar kegiatan ceramah antara lain adalah:

  • Apa itu teks ceramah?
  • Bagaimana cara menyusun teks ceramah?
  • Bagaimana struktur teks ceramah yang benar?
  • Apa saja unsur-unsur yang harus ada di dalam ceramah?

Berdasakan pertanyaan-pertanyaan di atas, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai pengertian teks ceramah, cara menyusun teks ceramah dengan struktur teks ceramah yang benar, dan unsur-unsur yang harus ada di dalam ceramah.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Ceramah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Ceramah, Source: Photo From Rodnae Productions Pexels

Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah adalah susunan teks yang terdiri atas beberapa paragraph yang berisi tentang informasi atau pemberitahuan mengenai ajaran-ajaran agama, yang tujuannya untuk menambah wawasan bagi para pendengar.

Teks ceramah merupakan tulisan yang bersifat edukatif, yang memberikan pengajaran kepada para pembaca atau pendengar dengan tujuan mengajak, atau meyakinkan pendengar untuk melakukan suatu amal perbuatan.

Teks ceramah biasanya digunakan oleh para penceramah sebagai panduan dalam melakukan ceramah agar pembahasan materi ceramah tidak keluar dari konteks materi.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Ceramah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Ceramah, Source: Photo From Imad Alassiry Unsplash

Struktur Teks Ceramah

Salah satu faktor pendukung kelancaran dalam ceramah adalah adanya teks ceramah yang bagus, dengan isi (materi) yang berkualitas, dan susunan struktur teks ceramah yang benar.

Oleh karena itu, struktur teks ceramah ini perlu diperhatikan dalam menyusun teks ceramah. Berikut ini adalah struktur teks ceramah yang baik dan benar:

1. Pendahuluan

Salah satu struktur teks ceramah yang paling utama adalah pendahuluan. Pendahluan merupakan awal untuk memulai ceramah. Di dalam pendahuluan terdapat dua unsur, yaitu:

  • Pembukaan, yaitu bagian pendahuluan teks ceramah yang di dalamnya berisi salam pembuka, ungkapan syukur, dan ucapan penghormatan.
  • Pengantar, yaitu bagian pendahuluan dari teks ceramah yang isinya mengarahkan pendengar kepada topik pembahasan utama atau materi inti.
2. Isi atau Materi

Struktur teks ceramah yang selanjutnya adalah isi atau materi ini. Di dalam bagian ini berisi tentang materi pokok tentang pembahasan yang ingin disampaikan kepada para pendengar.

Penyusunan materi atau isi ceramah harus diuraikan secara sistematis, teratur dan terarah agar menarik perhatian pendengar.

3. Penutup

Struktur teks ceramah yang terakir adalah penutup. Di bagian penutup ini biasanya berisi tentang:

  • Rangkuman atau kesimpulan
  • Ucapan terimakasih
  • Permintaan maaf
  • Salam penutup

Ketiga struktur teks ceramah di atas harus ada di dalam teks ceramah yang kita susun. Apabila salah satu dari ketiganya tidak terpenuhi, maka dapat dipastikan teks ceramah yang kita susun tidak memenuhi kaidah penyusunan teks ceramah.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Ceramah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Ceramah, Source: Photo From Alena Darmel Pexels

Unsur-unsur Ceramah

Beberapa unsur-unsur ceramah yang harus ada yaitu:

1. Penceramah

Penceramah adalah orang yang bertindak untuk menyampaikan ceramah. Seorang penceramah harus memiliki ilmu yang mumpuni terhadap materi yang akan disampaikan, serta memiliki kemampuan berbicara yang baik di depan umum.

2. Pendengar atau Audience

Pendengar atau audience adalah peserta yang mendengarkan serta menerima nasihat-nasihat dari penceramah.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Ceramah

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Ceramah, Source: Photo From Alena Darmel Pexels

3. Materi

Yaitu pokok utama yang disampaikan oleh penceramah. Materi ini biasanya berupa nasihat-nasihat atau himbauan yang berasal dari ajaran-ajaran agama.

4. Metode Ceramah

Yaitu cara atau metode yang digunakan oleh penceramah untuk menyampaikan materi. Beberapa metode ceramah yang sering digunakan antara lain:

  • Metode Membaca Naskah, yaitu ceramah dengan membaca naskah.
  • Metode Ektemporan, yaitu ceramah dengan menuliskan poin-poin pembahasan sebagai catatan pengingat.
  • Metode Menghafal, yaitu ceramah yang dilakukan dengan menghafal materi yang sudah disiapkan
  • Metode Impromptu, yaitu ceramah yang dilakukan tanpa melakukan persiapan.
5. Media Ceramah

Yaitu alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada pendengar. Di zaman sekarang ini banyak sekali media yang dapat digunakan untuk ceramah, dan tidak harus dilakukan secara offline.

Demikianlah uraian singkat mengenai teks ceramah, struktur teks ceramah, dan unsur-unsur ceramah. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Pexels Alena Darmel Pexels

Artikel Terkait:
Pengertian Interaksi Sosial dan Contohnya

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Teks Ceramah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
Login