Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Struktur Teks Persuasi

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Persuasi

Struktur Teks Persuasi – Dalam aktivitas sehari-hari, di antara kita mungkin pernah terdorong untuk melakukan suatu tindakan setelah kita membaca sebuah tulisan. Jika hal itu pernah terjadi, maka tulisan yang kita baca tersebut termasuk sebuah teks persuasi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa hal yang sering ditanyakan terkait teks persuasi, antara lain yaitu:

  • Apa pengertian teks persuasi?
  • Bagaimana ciri-ciri teks persuasi?
  • Bagaimana struktur teks persuasi?
  • Bagaimana kaidah penulisannya?

Sebelum kami mulai, kami memberi saran kepada Anda untuk membaca artikel ini dengan seksama. Dengan demikian Anda akan mendapatkan jawaban dari pengertian, ciri-ciri, kaidah penulisan dan struktur teks persuasi.

Dan jangan lupa untuk sediakan secangkir teh atau kopi, sebagai teman baca Anda.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Persuasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Persuasi, Source: Photo From Rodnae Productions Pexels

Pengertian Teks Persuasi

Teks persuasi adalah sebuah teks yang bersifat membujuk, mempengaruhi pendapat, perasaan, dan perbuatan pembaca.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah sebuah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang, kutipan, atau bahan tertulis untuk memberikan pelajaran.

Sedangkan persuasi menurut KBBI adalah, ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teks persuasi adalah sebuah naskah yang berisi ajakan kepada seseorang dengan memberikan alasan dan prospek yang meyakinkan.

Di dalam sebuah teks persuasi biasanya berisi tulisan-tulisan yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar tertarik dan melakukan suatu tindakan tertentu sesuai dengan apa yang disampaikan penulis.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Persuasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Persuasi, Source: Photo From Nordwood Themes Unsplash

Ciri-ciri Teks Persuasi

Sebuah naskah dapat disebut sebagai teks persuasi apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Berupa Ajakan atau Dorongan.

Teks persuasi biasanya berisi ajakan atau dorongan untuk melakukan suatu tindakan sesuai yang dibahas di dalam teks.

2. Berisi Fakta.

Di dalam teks persuasi dijelaskan mengenai fakta yang berusaha membuktikan salah satu kebenaran sebagaimana yang disampaikan penulis.

3. Terdapat Argumentasi.

Di dalam teks persuasi terdapat argumen atau pendapat dari penulis agar ajakan atau bujukan yang disampaikan menjadi pertimbangan oleh pembaca.

4. Menghindari Konflik.

Ide-ide pokok yang disampaikan dalam teks persuasi biasanya bersifat netral untuk menghindari konflik. Dan tidak menjurus kepada pembahasan yang bersifat spesifik.

5. Berorientasi Pada Pembaca.

Sasaran proses berpikir yang disampaikan pada teks persuasi berorientasi pada pembaca bukan pada penulis.

Selain ciri-ciri di atas, dikatakan sebagai teks persuasi apabila dalam penyusunannya memenuhi struktur teks persuasi yang sudah disepakati.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Persuasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Persuasi, Source: Photo From Liam Truong Unsplash

Struktur Teks Persuasi

Struktur teks persuasi adalah unsur-unsur atau bagian yang merupakan kerangka dari teks tersebut. Adapun beberapa struktur teks persuasi yaitu:

1. Pengenalan Isu

Salah satu struktur teks persuasi yang merupaka pembuka adalah pengenalan isu. Di bagian ini, penulis memberikan pengantar kepada pembaca mengenai isu atau permasalahan yang akan dibahas pada teks.

2. Rangkaian Argumen

Struktur teks persuasi yang kedua adalah rangkaian argumen, yaitu berupa pendapat-pendapat dari penulis mengenai isu yang telah dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini penulis mengenukakan beberapa data atau fakta yang mendukung argumen tersebut.

3. Ajakan

Struktur teks persuasi yang berikutnya adalah ajakan. Yaitu pernyataan ajakan berupa kalimat-kalimat dorongan kepada para pembaca untuk melakukan sesuatu.

4. Penegasan

Struktur teks persuasi yang terakhir yaitu penegasan ulang, artinya di dalam bagian ini merupakan berisi tentang penugasan ulang atas pernyataan dan argumen-argumen sebelumnya.

Bina-Qurani-Struktur-Teks-Persuasi

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Struktur Teks Persuasi, Source: Photo From Corinne Kutz Unsplash

Kaidah Penulisan Teks Persuasi

Dalam penulisan teks persuasi, seorang penulis harus memperhatikan betul struktur teks persuasi, semua unsur-unsurnya harus terpenuhi. Selain itu, penulis juga harus memperhatikan kaidah-kaidah penulisan teks persuasi dengan benar. Beberapa kaidah penulisan teks persuasi antara lain:

  1. Menggunakan kata-kata yang bersifat membujuk pembaca.
  2. Menggunakan kata kerja yang bersifat imperatif.
  3. Menggunakan kata penghubung yang bersifat argumentatif.
  4. Menggunakan istilah-istilah sesuai dengan teks yang dibahas.
  5. Menggunakan kata yang merujuk pada data, fakta, pendapat dan sebagainya.

Demikianlah uraian singkat mengenai teks persuasi berupa, pengertian, ciri-ciri, kaidah penulisan dan struktur teks persuasi.

Thumbnail Source: Photo From Alena Darmel Pexels

Artikel Terkait:
Struktur Teks Ceramah

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Struktur Teks Persuasi #Teks Ceramah #Warga Negara #Sekolah Islam
Login