Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sukses Tidak Datang Pada Orang yang Malas

Bina-Qurani-Sukses-Tidak-Datang-Pada-Orang-yang-Malas
Sukses Tidak Datang pada Orang yang Malas

Menjadi orang sukses adalah dambaan semua orang. Namun menjadi orang sukses tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu ada usaha yang penuh kesungguhan dan harus ada yang dikorbankan baik waktu maupun tenaga.

Perlu ditekankan bahwa sukses tidak datang pada orang yang malas. Malas adalah perasaan dimana seseorang enggan melakukan sesuatu karena dalam dirinya tidak ada keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Malas merupakan salah satu sifat manusia yang bisa menimpa siapa saja. Ketika seseorang menuruti rasa malas tersebut, maka hal itu dapat menimbulkan banyak dampak negatif. Diantara dampak negatifnya adalah pekerjaan akan tertunda dan menjadikan seseorang tidak produktif.

Bina-Qurani-Sukses-Tidak-Datang-Pada-Orang-yang-Malas

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sukses Tidak Datang Pada Orang yang Malas, Source: Photo by Minerva S Pexels

Pada dasarnya kesuksesan bukan diraih semata-mata karena kebetulan. Jangan berharap kesuksesan akan datang dengan sendirinya, jika kita enggan untuk berusaha, bekerja dan berdoa. Karena sukses tidak datang pada orang yang malas.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman,

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS. Ar-Ra’d [13]: 11)

Semua orang berpotensi untuk sukses, dan Allah telah menyediakan alternatif untuk meraihnya. Tugas kita hanyalah mengikuti petunjuk yang Allah berikan. Jika kita berupaya dengan sungguh-sungguh untuk merih kesuksesan, maka niscaya Allah akan memberikan jalan menuju kesuksesan tersebut.

Bina-Qurani-Sukses-Tidak-Datang-Pada-Orang-yang-Malas

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sukses Tidak Datang Pada Orang yang Malas, Source: Photo by Ekaterina Pexels

Berkenaan dengan topik pembahasan kali ini yaitu tentang sukses tidak datang pada orang yang malas, ada hal menarik terkait rasa malas itu sendiri. Sejumlah peneliti dari Oxford University telah melakukan penelitian dengan menggunakan Magnetic Resonance Imaging (MRI), alat yang menunjukan belahan otak manusia.

Hasil scan menunjukan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu atau ingin berkegiatan, area premotor pada otak akan menyala. Area premotor merupakan area otak yang penting, karena menentukan gerakan kita dalam mengendalikan otot besar dan proksima pada tubuh.

Pada orang yang malas, area promotor pada otak tidak menyala sehingga tidak memunculkan sinyal ke otot besar dan proksima di tubuh. Koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu” menjadi sebuah tindakan tidak efektif pada orang yang malas. Hal ini memunculkan rasa malas, Lelah dan lemas.

Jurnal cerebral cortex yang diterbitkan oleh Oxford Academic melakukan sebuah studi dan menemukan bahwa tingkat dopamin di otak juga dapat berdampak pada motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu. Para pekerja keras memiliki dopamin paling banyak yang memainkan peran penting dalam hal motivasi. Oleh karena itu perlu asupan yang baik untuk menyuplai asupan dopamin.

Bina-Qurani-Sukses-Tidak-Datang-Pada-Orang-yang-Malas

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sukses Tidak Datang Pada Orang yang Malas, Source: Photo by Dinielle Pexels

Dalam British Journal of Sport Medicine, Richard weiler mengatakan bahwa kemalasan harus mulai dikategorikan sebagai penyakit. Malas berkepanjangan berdampak kepada penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes dan hipertensi. Banyak sekali dampak negatif dari malas itu sendiri, oleh karena itu dapat dikaitkan bahwa sukses tidak datang pada orang yang malas.

Rasa malas menjadi satu diantara musuh terbesar seseorang dalam perjalan menggapai kesesuksesan. Ada banyak orang yang sebenarnya cerdas dan memiliki kapasitas dan skill yang bagus namun gagal untuk sukses karena malas.

Oleh karenanya perlu ditanamkan dalam diri kita bahwa sukses tidak datang pada orang yang malas. Sehingga akan memunculkan motivasi lebih terutama bagi mereka yang ingin meraih kesuksesan. Dan perlu diketahui bahwa malas tidak hanya menjadi penghalang sukses dalam urusan dunia saja. Orang-orang yang malas beribadah dan menunaikan amal ketaatan juga akan menyebabkan ia gagal meraih kesuksesan akhirat.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay Pexels

Artikel Terkait:
Sifat Orang Sukses

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login