Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Sungai Terpanjang Di Dunia

Bina-Qurani-Sungai-Terpanjang-Di-Dunia
Sungai Terpanjang Di Dunia

Sungai adalah aliran air besar yang mengalir dari hulu (sebagai sumber) menuju ke hilir (sebagai muaranya). Sungai biasanya terbentuk karena proses alamiah yang terjadi di permukaan bumi.

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi yang tidak pernah berhenti. Di dalam air sungai terkumpul beberapa unsur air yang berasal dari air hujan, mata air, embun, limpasan dasar tanah, dan lelehan es atau salju di sebagian negara tertentu.

Sungai adalah sumber kehidupan, yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Di Indonesia, terdapat banyak sekali sungai yang mengalirkan air dan digunakan untuk menunjang aktivitas sehari hari seperti, mandi, mengairi sawah dan ladang, mencuci pakaian, dan aktivitas lain sejenisnya.

Selain di Indonesia, di belahan dunia yang lain juga terdapat banyak sungai yang mengalir melewati berbagai negara. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai sungai terpanjang di dunia.

Bina-Qurani-Sungai-Terpanjang-Di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sungai Terpanjang Di Dunia, Source: Photo From Willem Chan Unsplash

Tujuh Sungai Terpanjang di Dunia

Tahukah kalian, apa sungai terpanjang di dunia?

Yap, betul. Sungai terpanjang di dunia adalah sungai Amazon. Namun, selain sungai Amazon ternyata masih ada beberapa sungai terpanjang di dunia yang lainnya.

Berikut ini adalah 7 sungai terpanjang di dunia:

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Sungai Amazon memiliki panjang sekitar 4.225 miles atau sekitar 6.900 km dan bermuara di Samudera Atlantik.

Karena sangat panjang, sungai Amazon juga melintasi beberapa negara di kawasan Benua Amerika Selatan, seperti: Brasil, Kolombia, Peru, Bolivia dan Ekuador.

2. Sungai Nile

Sungai Nile atau Nil adalah sungai terpanjang di dunia yang kedua, setelah sungai Amazon. Panjang keseluruhan sungai nil adalah sekitar 4.130 miles atau sekitar 6.650 km. Berbeda sekitar 250 km dengan panjang sungai Amazon.

Sungai Nile melintasi beberapa negara di kawasan Afrika seperti negara Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Sudan.

Sungai Nile memiliki peranan yang sangat besar bagi kemajuan peradaban dan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun yang lalu.

Bina-Qurani-Sungai-Terpanjang-Di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sungai Terpanjang Di Dunia, Source: Photo From Sherif Moharram Unsplash

3. Sungai Yangtze

Sungai terpanjang di dunia yang ketiga adalah sungai Yangtze. Sungai Yangtze merupakan sungai yang berada di Republik Tiongkong dengan panjang yang menapai 6.300 km.

Sungai melintasi hutan-hutan yang lebat dan memiliki banyak jurang. Pada zaman dahulu, sungai Yangtze digunakan untuk jalur distribusi sebgai sarana untuk mengangkut barang dagangan.

4. Sungai Kuning

Sungai terpanjang di dunia berikutnya adalah sungai kuning. Sungai Kuning atau huang he adalah sungai yang menjadi tempat lahirnya kebudayaan Republik Tiongkok.

Sungai Kuning memiliki panjang sekitar 5.464 km dan melintasi kota Zhengzhou, Luoyang, Kaifeng, Jinan, Lanzhou, Yinchuan, Baotou, dan Wuhai.

Sungai kuning juga merupakan sungai yang menjadi tempat sebagai awal mula lahirnya pertanian di Tiongkok.

Bina-Qurani-Sungai-Terpanjang-Di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sungai Terpanjang Di Dunia, Source: Photo From Martin Sanchez Unsplash

5. Sungai Parana

Sungai Parana adalah sungai terpanjang di dunia yang kelima. Sungai Parana adalah sungai utama yang terletak di kawasan Amerika Selatan. Sungai ini mempunyai panjang sekitar 4.880 km dan melintasi negara Brasil, Paraguay dan Argentina.

Hulu dari sungai parana adalah dari sungai Paranaiba dan Grande di Brasil selatan, sedangkan hilir dari sungai ini adalah Rio de la Plata.

6. Sungai Kongo

Sungai Kongo adalah sungai terbesar di kawasan Afrika Tengah bagian barat dan merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia.

Panjang keseluruhan sungai Kongo adalah sekitar 4.700 km, dan menjadikan sungai terbesar kedua di Benua Afrika. Sungai ini mengalir melintasi hutan terbesar di dunia serta melintasi beberapa negara seperti Kongo, Angola dan Republik Demokratik Kongo.

Bina-Qurani-Sungai-Terpanjang-Di-Dunia

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Sungai Terpanjang Di Dunia, Source: Photo From Dave Hoefler Unsplash

7. Sungai Mekong

Sungai mekong adalah sungai yang mempunyai panjang sekitar 4.350 km dan luas cekungannya mencapai 795.000 km².

Sungai ini mengalir dari Tibet melalui Provinsi Yunnan di Tiongkok, dan melintasi negara Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Demikianlah beberapa sungai terpanjang di dunia. Tujuh sungai di atas hanya mewakili ribuat sungai yang ada di dunia ini. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo From Ivars Utinans Unsplash

Artikel Terkait:
Keberagaman Budaya Indonesia

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Joglo #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Sungai Terpanjang di Dunia
Login