Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Sunnah-sunnah Hari Jumat

Bina-Qurani-Sunnah-sunnah-Hari-Jumat
Sunnah-sunnah Hari Jumat

Di antara tujuh hari yang istimewa dan memiliki keutamaan untuk melakukan amal shalih bagi umat Islam adalah hari Jumat. Keistimewaan hari Jumat ini disebutkan dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya:

“Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim)

Pada hari yang istimewa ini, terdapat banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan dan berlanjut di hari lainnya. Berikut ini beberapa amalan sunnah di hari Jumat.

Bina-Qurani-Sunnah-sunnah-Hari-Jumat

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sunnah-sunnah Hari Jumat, Source: Photo by Nirmal D Pexels

Amalan-amalan Sunnah yang Utama di Hari Jumat

Di antara amalan sunnah di hari Jumat yang utama yaitu:

1. Memperbanyak Shalawat

Di hari Jumat, kita disunnahkan untuk memperbanyak mengucapkan shalawat dan salam kepada Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Aus bin Aus bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Sesungguhnya salah satu hari yang paling baik bagimu adalah jari Jumat. Pada hari itu Nabi Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu pula sangkakala ditiup dan seluruh makhluk mati. Maka perbanyaklah mengucapkan shalawat kepadaku pada hari tersebut karena sesungguhnya shalawat yang kalian ucapkan akan sampai kepadaku.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam, bagaimana shalawat disampaikan kepadamu padahal tubuhmu telah hancur (lapuk)?” Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab, “Sesungguhnya Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā melarang bumi memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Daud)

Bina-Qurani-Sunnah-sunnah-Hari-Jumat

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sunnah-sunnah Hari Jumat, Source: Photo by Abdullah Pexels

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Pada hari Jumat, kita juga disunnahkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Sebagaimana Abu Sa’id al-Khudri Raḍiallāhu ‘Anhu berkata, bahwa Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat maka dirinya akan diterangi cahaya hingga Jumat berikutnya.” (HR. Baihaqi)

Bina-Qurani-Sunnah-sunnah-Hari-Jumat

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Sunnah-sunnah Hari Jumat, Source: Photo by Ali A Pexels

3. Memperbanyak Doa

Amalan sunnah lain yang hendaknya kita kerjakan di hari Jumat yaitu memperbanyak doa dan mencari waktu dikabulkannya doa. Hal ini sebagaimana Jabir Raḍiallāhu ‘Anhu berkata, bahwa Nabi Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:

“Hari Jumat terdiri atas dua belas jam. Siapa saja di antara hamba muslim yang memohon sesuatu kepada Allah pada saat-saat itu, maka Allah akan mengabulkannya. Karena itu carilah saat dikabulkannya doa tersebut di ujung waktu shalat Ashar.” (HR. Abu Daud)

Abu Salamah bin ‘Abdirrahman menuturkan bahwa sekelompok sahabat berkumpul dan membahas waktu dikabulkannya doa pada hari Jumat. Kemudian mereka berpisah dan mereka semua sepakat bahwa waktu tersebut terjadi di saat-saat terakhir hari Jumat.

Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan dan kesempatan memanfaatkan waktu di hari Jumat untuk memperbanyak dzikir dan doa serta tidak menyia-nyiakannya dengan bersenda gurau, bermain atau melakukan hal-hal yang sia-sia sebagaimana yang dilakukan kebanyakan orang.

Dikutip dari: Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim, Fiqhus Sunnah Lin Nisa’ Wama Yajibu an Ta’rifahu Kullu Muslimatin min Ahkam. Edisi terjemah: Alih Bahasa M. Taqdir Arsyad, Fikih Sunnah Wanita Panduan Lengkap Wanita Muslimah, (Bogor: Griya Ilmu, 2019), 206-208.

Thumbnail Source: Photo by Alena D Pexels

Artikel Terkait:
Hukum Seputar Shalat Jumat

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Cara Sholat Jenazah #Doa Selesai Sholat #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Memuliakan Orang Tua #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login