Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Surat Keterangan Domisili

Bina-Qurani-Surat-Keterangan-Domisili
Pengertian Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili (SKD) adalah surat keterangan berupa selembar kertas yang di dalamnya berisi data diri lengkap seseorang dan diberikan oleh pejabat yang berwenang sebagai tanda bukti bahwa seorang pendatang telah melapor dan memiliki tempat tinggal di suatu wilayah.

Sebagai di pendatang di daerah tertentu, seseorang haru memiliki surat keterangan domisili. Surat keterangan domisili merupakan salah satu dokumen yang penting dan harus dimiliki seorang pendatang baru selain KTP dan KK.

Berdasarkan UU Nomor 23 Pasal 15 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, disebutkan bahwa:

  • Ayat (1)

“Penduduk Warga Negara Indonesia yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib melapor kepada Instansi Pelaksana di daerah asal untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah.”

  • Ayat (2)

“Pindah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah berdomisilinya Penduduk di alamat yang baru untuk waktu lebih dari 1 (satu) tahun atau berdasarkan kebutuhan yang bersangkutan untuk waktu yang kurang dari 1 (satu) tahun.

Bina-Qurani-Surat-Keterangan-Domisili

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Surat Keterangan Domisili, Source: From Pinhome

Surat keterangan domisili biasanya digunakan untuk mengurus beberapa keperluan pribadi seperti mendaftar sekolah dan mengurus persisinan seperti:

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Dan berbagai bentuk perizinan yang lainnya

Mengingat pentingnya surat keterangan domisili bagi para pendatang baru di suatu daerah, maka sudah selayaknya kita mengetahui bagaimana cara membuat surat keterangan domisili.

Maka pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana proses pengurusan surat keterangan domisili.

Cara Membuat Surat Keterangan Domisili

Untuk mengurus surat keterangan domisili, seorang pendatang dapat langsung melakukannya di kantor kelurahan (kantor kepala desa), atau juga bisa melalui ketua RT setempat.

Persyaratan yang perlu dilengkapi untuk mengurus surat keterangan domisili di antaranya adalah:

  • Fotokopi KTP dan KTP asli
  • KK
  • Surat nikah
  • Akta kelahiran (Jika diperlukan)
  • Surat pindah
  • Foto berwarna ukuran 3×4 tiga lembar
  • Surat pengantar dari RT dan RW
  • Materai 10000
Bina-Qurani-Surat-Keterangan-Domisili

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Surat Keterangan Domisili, Source: Photo From Liam Truong Unsplash

Adapun untuk proses pengajuannya, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

(Sebelum mengajukan surat keterangan domisili, pastikan bahwa segala persyaratannya sudah dipenuhi)

  • Pemohon menyerahkan berkas persyaratan kepada petugas atau staf.
  • Petugas kelurahan menerima dan melakukan verifikasi kelengkapan berkas.
  • Petugas kelurahan kemudian membuat surat keterangan domisili yang selanjutnya disampaikan ke bagian Pemerintahan dan Pelayanan.
  • Bagian Pemerintahan dan Pelayanan kemudian melakukan verifikasi dan paraf pada surat keterangan domisili.
  • Kepala Desa memberikan tanda tangan dan menurunkan ke petugas kelurahan.
  • Petugas kelurahan kemudian melakukan registrasi dan stempel pada surat keterangan domisili.
  • Pemohon mengambil surat keterangan domisili

Sangat mudah bukan, proses pengurusan surat keterangan domisili?

Nah, setelah kita memiliki surat keterangan domisili maka akan memberikan kemudahan bagi kita untuk mengurus berbagi keperluan yang kita butuhkan.

Lalu, apa saja sih manfaat dan kegunaan dari surat keterangan domisili?

Bina-Qurani-Surat-Keterangan-Domisili

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Surat Keterangan Domisili, Source: Photo From Corinne Kutz Unsplash

Manfaat dan Kegunaan Surat Keterangan Domisili

Surat keterangan domisili merupakan dokumen penting yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan bagi pemiliknya.

Sebagaimana yang dijelaskan pada UU Nomor 23 Pasal 15 ayat (1) Tahun 2006 bahwa surat keterangan domisili merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pendatang.

Dalam hal ini, seorang pendatang wajib mengurus surat keterangan domisili kepada instansi yang berwenang yaitu kelurahan atau desa tempat seseorang tinggal atau menetap.

Adpun manfaat dan kegunaan surat keterangan domisili bagi seorang pendatang antara lain adalah:

  • Sebagai pengganti surat keterangan pindah.
  • Sebagai syarat untuk mengajukan beasiswa, mendaftarkan sekolah, melamar perkerjaan, perizinan usaha dan pendirian bangunan, mengurus NPWP, vaksinasi, ataupun untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.
  • Sebagai dokmen tambahan membuat akta kelahiran.
  • Sebagai syarat administratif lainnya, seperti membuka rekening, mengurus dokumen-dokumen kenegaraan.
  • Sebagai alamat tinggal resmi.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian surat keterangan domisili, cara membuat surat keterangan domisili, dan manfaat serta kegunaannya.

Semoga dapat bermanfaat ya …

Thumbnail Source: Photo From Pinhome

Artikel Terkait:
Amalan Yang Mendatangkan Rezeki

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
Login