Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Syarat Masuk Pesantren

Bina-Qurani-Syarat-Masuk-Pesantren
Syarat Masuk Pesantren

Menurut peraturan Menteri Agama RI, disebutkan bahwa pondok pesantren adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berbasis masyarakat. Baik sebagai satuan pendidikan atau sebagai wadah penyelenggaraan pendidikan.

Pesantren juga dikatakan sebagai suatu lembaga pendidikan Islam yang bersistem pondok atau asrama. Di dalam pondok pesantren, seorang santri atau pelajar akan diberikan pendidikan khusus. Mulai dari mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, hingga mengamalkan ajaran Islam yang benar dengan penekanan pada pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Pondok pesantren merupakan sebuah warisan, dan cikal bakal dari pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Namun seiring dengan perkembangan jaman, ketradisionalan lembaga pendidikan di pondok pesantren mulai mengalami banyak inovasi dan pembaharuan baik dari metode pembelajarannya maupun dari kurikulum pendidikan yang digunakan.

Bina-Qurani-Syarat-Masuk-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Masuk Pesantren, Source: Photo by Mataq DU Pexels

Hadirnya pesantren-pesantren modern yang mengajarkan berbagai macam jenis ketrampilan, penguasaan bahasa asing, entreprenur, dan jiwa kepemimpinan, telah menghilangkan kesan bahwa pesantren merupakan tempat belajar yang identik dengan pendidikan tradisional.

Berbagai konsep pendidikan yang ditawarkan oleh pesantren modern juga cukup beragam. Mulai dari menawarkan konsep pendidikan Pesantren IT, pesantren tahfidz, pesantren bahasa, pesantren adab, dan yang semisalnya.

Hal inilah yang kemudian menjadi motivasi orang tua untuk lebih konsen dan yakin untuk memasukkan anak-anak mereka kedalam pesantren. Disamping diajarkan tentang ilmu pengetahuan Islam, anak-anak juga dibekali lifeskill yang sesuai dengan zamannya saat ini. Demikian itu juga dibarengi karena adanya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan Islam bagi anak yang cukup tinggi.

Syarat Masuk Pesantren secara Umum

Bagi Anda yang ingin memasukkan anaknya ke dalam pesantren, Anda harus mengetahui beberapa syarat masuk pesantren. Masing-masing pesantren biasanya mempunyai kriteria persyaratan yang berbeda-beda. Meskipun secara umum syarat masuk pesantren itu sama, yaitu:

Bina-Qurani-Syarat-Masuk-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Masuk Pesantren, Source: Photo by Mentat DGT Pexels

1. Melengkapi Syarat Administrasi

Syarat masuk pesantren yang pertama adalah melengkapi persyaratan administrasi. Bagi Anda yang ingin memasukkan anaknya ke dalam pesantren, maka Anda harus melengkapi berbagai dokumen penunjang sebagai syarat agar sang anak bisa diterima menjadi santri.

Adapun beberapa dokumen yang perlu dilengkapi yaitu:

Surat keterangan lulus.

  • Foto kopi Ijazah.
  • Kartu keluarga.
  • Surat keterangan sehat.
  • Pas foto.
  • Foto kopi KTP orang tua.

Dan dokumen-dokumen lainnya tergantung syarat dan ketentuan pesantren yang dituju.

2. Mempunyai Pemahaman Dasar Agama

Syarat masuk pesantren yang selanjutnya adalah memiliki pemahaman dasar agama Islam.

Meskipun kedepannya setelah masuk pesantren, anak akan diajari banyak hal. Namun anak juga harus memiliki pemahaman terkait dasar-dasar agama Islam. Mulai dari mampu membaca Alquran, memiliki hafalan, dan sejenisnya.

Bina-Qurani-Syarat-Masuk-Pesantren

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Masuk Pesantren, Source: Photo by Alena D Pexels

3. Mengikuti Ujian Masuk

Syarat selanjutnya yaitu mengiktui ujian masuk tertulis tidak tertulis. Setelah Anda mendaftarkan anak-anak Anda, syarat berikutnya yang harus dipenuhi adalah anak-anak Anda harus mengikuti ujian masuk tertulis.

Materi tes masuk yang diujikan juga beragam, mulai dari tes psikotes, pengetahuan agama, praktek ibadah, membaca Alquran, dan bentuk tes ujian lainnya. Apabila setelah tes anak Anda dinyatakan lulus, maka akan dilanjutkan dengan ujian lanjutan seperti interview.

4. Tes Wawancara Anak dan Orang Tua

Tes wawancara anak dan orang tua merupakan tes lanjutan yang hanya diikuti oleh calon santri yang lolos di tahap ujian seleksi masuk. Di bagian ini, orang tua dan anak akan ditanya berbagai hal, mulai dari pengetahuan pesantren, niat masuk pesantren, tujuan masuk pesantren, serta keseriusan dan komitmen dari orang tua dan Anak dalam mematuhi tata tertib pesantren yang ada.

5. Membayar Biaya Masuk

Setelah semua tahapan dilalui, dan ananda dinyatakan lolos seleksi sebagai santri di pondok pesantre, maka hal selanjutnya adalah melunasi biaya masuk pesantren yang nantinya akan digunakan untuk keperluan santri selama di pondok pesantren. Besaran biaya masuk pesantren ini berbeda-beda tergantung dari fasilitas dan kualitas tenaga pendidik yang disediakan oleh pesantren.

Demikianlah beberapa syarat masuk pesantren secara umum. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh anak yang ingin masuk pesantren.

Thumbnail Source: Photo by Konevi Pexels

Artikel Terkait:
SMP IT Berbasis Pesantren

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Teknologi #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam #Sekolah Tahfiz
Login