Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Syarat Naik Pesawat 2022

Bina-Qurani-Syarat-Naik-Pesawat-2022
Syarat Naik Pesawat 2022

Melansir dari keterangan detik news, bahwa Pemerintah telah merilis syarat naik pesawat terbaru yang berlaku mulai akhir bulan Agustus 2022. Syarat naik pesawat terbaru dirilis oleh Pemerintah melalui Surat Edaran Kementrian Perhubungan Nomor 82 tahun 2022.

Dalam surat edaran tersebut, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan dan disiapkan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi udara atau pesawat. Lantas bagaimana syarat naik pesawat terbaru yang dirilis oleh pemerintah tersebut? Simak info lengkapnya melalui tulisan di bawah ini!

Bina-Qurani-Syarat-Naik-Pesawat-2022

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Naik Pesawat 2022, Source: Photo by Freepik

Syarat Naik Pesawat 2022 Berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan

Syarat naik pesawat terbaru bagi para pelancong yang telah dirilis oleh pemerintah melalui Surat Edaran Kementrian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022. Surat edaran yang ditetapkan oleh Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara pada tanggal 26 Agustus 2022, berisi tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19.

Di antara petunjuk dalam surat edaran tersebut yang merupakan syarat seseorang untuk naik pesawat melakukan penerbangan yaitu:

1. Wajib Telah Melakukan Vaksin Booster

Apakah seseorang yang belum vaksin bisa naik pesawat untuk melakukan perjalanan udara? Berdasarkan surat edaran Menteri Perhubungan yang telah menjadi syarat naik pesawat, disebutkan bahwa bagi pelaku perjalanan orang dalam negeri menggunakan pesawat di masa pandemic Covid-19 wajib telah melakukan vaksinasi.

Berikut persyaratan lengkapnya:

  • Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.
  • Usia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster.
  • WNA dari luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.
  • Usia 6-17 tahun wajib sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.
  • Usia 6-17 tahun berasal dari perjalanan luar negeri tidak diwajibkan vaksinasi.
  • Usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin namun harus melakukan perjalanan dengan pendamping.
Bina-Qurani-Syarat-Naik-Pesawat-2022

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Naik Pesawat 2022, Source: Photo by Freepik

2. Tidak Harus PCR atau Antigen

Menurut peraturan terbaru yang dirilis oleh Menteri Perhubungan disebutkan bahwa pelaku perjalanan tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes PCR maupun antigen. Namun, hal ini hanya berlaku bagi pelaku perjalanan yang sudah memenuhi syarat vaksinasi dosis ketiga atau booster dan melakukan perjananan dalam negeri dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan yang belum melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster, maka persyaratan ini tidak berlaku dan harus menunjukkan persyaratan seperti hasil negatif dari tes PCR maupun antigen.

Bina-Qurani-Syarat-Naik-Pesawat-2022

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Syarat Naik Pesawat 2022, Source: Photo by Freepik

3. Tidak Wajib Vaksinasi dan PCR atau Antigen Khusus Penumpang Komorbid

Dalam surat edaran yang dirilis oleh Menteri Perhubungan sebagai peraturan dan syarat bagi pelaku perjalanan udara dimasa pandemi Covid-19 juga disebutkan syarat khusus penumpang komorbid.

Bagi pelaku perjalanan udara yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang tidak dapat menerima vaksinasi, maka dikhususkan bagi pelaku perjalanan dengan kondisi tersebut tidak diwajibkan terhadap syarat vaksinasi dan tidak pula diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif baik itu PCR maupun test Antigen.

Akan tetapi, pelaku perjalanan dengan kondisi khusus tersebut wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum bisa dan atau tidak dapat menerima vaksinasi Covid-19.

Demikianlah informasi seputar syarat naik pesawat tahun 2022 bagi orang yang hendak melakukan perjalanan udara. Persyaratan ini merujuk pada hasil rilis surat edaran Menteri Perhubungan pada tanggal 26 Agustus 2022. Semoga informasi ini bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Freepik

Artikel Terkait:
Syarat Membuat Surat Keterangan Domisili

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Indonesia #khazanah #Lambang Sila Pertama #Olimpiade Tokyo 2020 #Pancasila #Pendiri Paskibraka #PPKM Level 4 #Rumah Adat Kalimantan #Rumah Adat #Sejarah #Warga Negara #Pendidikan anak #Sekolah Islam
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login