Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Tanda-tanda Kiamat

Bina-Qurani-Tanda-tanda-Kiamat
Tanda-tanda Kiamat

Ketika kebijaksanaan Allah menghendaki penyembunyian kapan waktu terjadinya Kiamat, Dia memberitahukan tanda-tanda kedekatan waktunya kepada Nabi-Nya, Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam. Lantas, beliau memberitahukan kepada kita tanda-tandanya yang banyak.

Apabila tanda-tanda itu telah tampak, berarti waktu terjadinya kiamat sudah dekat. Tanda-tanda itu ada dua, yaitu:

  • Sughra (kecil), tanda-tanda yang menunjukkan bahwa waktu Kiamat sudah dekat.
  • Kubra (besar), tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat sudah ada di hadapan dan sangat dekat.
Bina-Qurani-Tanda-tanda-Kiamat

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Tanda-tanda Kiamat, Source: Photo by Cloud Front

Tanda-tanda Kiamat yang Kecil

Di antara tanda-tanda Kiamat kecil ialah sebagai berikut:

1. Apabila Budak Wanita telah Melahirkan Tuannya

Di dalam hadits Jibril disebutkan. Yaitu ketika Jibril bertanya kepada beliau Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam,

Artinya:

“Kapan kiamat terjadi?” Beliau menjawab, “Orang yang ditanyai tidak lebih tahu dari yang bertanya. Tetapi aku akan memberitahukan kepadamu tanda-tandanya. Yaitu, bila budak wanita telah melahirkan tuannya, dan bila para penggembala sudah saling membanggakan bangunan.” (HR. Muslim)

2. Perang Melawan Yahudi

Apabila telah terjadi peperangan antara kaum Muslimin melawan kaum Yahudi, dan kaum Muslimin mengalahkan mereka. Hal ini ditunjukan oleh sebuah hadits riwayat Muslim dengan sanadnya dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya:

“Kiamat tidak akan terjadi sebelum Kaum Muslimin memerangi kaum Yahudi. Kaum Muslimin membunuhi mereka hingga ada seorang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, lalu batu dan pohon itu berkata kepada muslim. ‘Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini ada seorang Yahudi bersembunyi di belakangku, kemarilah, dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon ghorqot. Karena ia termasuk pohon milik orang Yahudi.” (HR. Muslim)

Tanda-tanda Kiamat yang kecil berikut dalil-dalilnya yang diberitahukan Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam sangatlah banyak. Seperti, pendeknya waktu, sedikitnya amalan, munculnya pelbagai fitnah dan cobaan, banyaknya perzinaan, kefasikan, dan lain sebagainya.

Bina-Qurani-Tanda-tanda-Kiamat

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Tanda-tanda Kiamat, Source: Photo by Syahida

Tanda-tanda Kiamat yang Besar

Selain tanda-tanda kiamat kecil, Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā dengan kebijaksanaannya juga memberitahukan tanda-tana kiamat yang besar. Adapun di antara tanda-tanda kiamat yang besar ialah sebagai berikut:

1. Munculnya Dajjal

Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam telah mengabarkan perihal keluarnya Dajjal dalam banyak hadits mutawatir. Para Nabi yang lain juga mengingatkan kaumnya akan hal ini. Bahkan, Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam memberitahukan bahwa fitnah Dajjal termasuk fitnah paling besar yang pernah ada dari semenjak Nabi Adam diciptakan hingga hari kiamat.

Dalam doa, beliau juga memohon perlindungan dari fitnah Dajjal, dan memerintahkan umat untuk memanjatkan doa serupa. Di antara hadits yang mengingatkan umat darinya ialah sebuah hadits Riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik Raḍiallāhu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, yang artinya:

“Seorang Nabi yang diutus pasti mengingatkan umatnya dari makhluk yang buta sebelah, lagi pendusta yaitu Dajjal. Ketahuilah, sesunggunya mata Dajjal itu buta sebelah, sementara Rabb kalian tidak buta sebelah. Dan diantara kedua mata Dajjal terdapat tulisan, ‘kafir’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Turunnya Nabi Isa

Di antara tanda kiamat yang lain adalah turunnya Nabi Isa di Menara Putih sebelah timur Damaskus. Ia lantas membunuh Dajjal, menyeru pada agama Islam, memerintah dengan hukum Islam, menghancurkan salib, membunuh babi, dan menghapus jizyah.

Dalil-dalil mengenai hal ini sangat banyak. Di antaranya ialah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,

“Kiamat tidak akan terjadi sebelum Nabi Isa, putra Maryam turun kepada kalian sebagai penguasa yang adil. Lalu ia menghancurkan salib, membunuhi babi, menghapus jizyah hingga harta benda jadi melimpah ruah dan tidak seorangpun yang mau menerimanya lagi dari orang lain.” (HR. Bukhari)

3. Matahari Terbit dari Barat

Inilah tanda Kiamat yang paling dekat dan awal mula berubahnya hukum alam yang sebelumnya berjalan. Karena begitu dahsyatnya dampak yang timbul pada tanda Kiamat yang satu ini dan putusnya harapan manusia, maka saat melihatnya mereka semua pun merasa sangat ketakutan kemudian beriman.

Tetapi, iman tidak lagi bermanfaat atau diterima bagi yang sebelumnya tidak beriman. Sebagaimana firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā:

هَلْ يَنْظُرُونَ إِلَّا أَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلَائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ لَا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا قُلِ انْتَظِرُوا إِنَّا مُنْتَظِرُونَ (158)

Artinya:

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka untuk mencabut nyawa mereka atau kedatangan siksa Rabbmu atau kedatangan beberapa ayat Rabbmu. Pada hari datangnya ayat dari Rabbmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah, ‘Tunggulah olehmu, sesungguhnya Kami pun menunggu’.” (QS. Al-An’am: 158)

Masih banyak lagi tanda-tanda Kiamat selain yang kami sebutkan. Seperti, munculnya Imam Mahdi, keluarnya bintang melata, asap serta api di negeri Hijaz, dan lain sebagainya. Semua peristiwa tersebut terjadi sangat berdekatan, lalu berakhir dengan hancurnya dunia dan matinya seluruh makhluk.

Dikutip dari: Dr. Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Aqidatut Tauhid Kitabut Tauhid lis-Shaff Al-Awwal – Ats-Tsalis – Al-Aly. Edisi terjemah: Alih Bahasa Syahirul Alim Al-Adib, Lc., Kitab Tauhid, (Jakarta: Ummul Qura, 2018), 256-259.

Thumbnail Source: Photo by AWS Image

Artikel Terkait:
Kapan Hari Kiamat Terjadi?

TAGS
#adab penuntut ilmu #adab sebelum ilmu #Adab #Alquran 30 Juz #Cara Sholat Jenazah #Doa Selesai Sholat #Generasi Qurani #Keutamaan Membaca Alquran #Memuliakan Orang Tua #Belajar Alquran #Bina Qurani #Menghafal Alquran #Sekolah Islam
Login