Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Tantangan Membaca

Bina-Qurani-Tantangan-Membaca
Tantangan Membaca

Tidak dipungkiri lagi bahwa buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kuncinya. Hal ini menunjukan betapa pentingnya membaca, semakin banyak membaca semakin banyak manfaat yang akan didapatkan.

Sudah jamak pula diketahui tentang banyaknya manfaat membaca buku, namun ada sebuah slogan “buku adalah jendela dunia, kau tau tapi kau tak mau”. Dan memang kenyataanya demikian, kita tau bahwa begitu banyak manfaat dari membaca, namun kita enggan untuk melakukannya.

Kegiatan membaca saat ini menjadi perbincangan dari berbagai kalangan. Terkhusus di Indonesia dimana data statistik dari UNESCO, tahun 2021 minat baca masyarakat Indonesia berada diurutan kedua dari bawah. Tentu saja ini menjadi catatan dan tugas besar bagi tenaga kependidikan, orang tua, pemerintah, pegiat literasi dan sebagainya untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Diantara Langkah awal sebagai upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dimulai dengan cara lembaga-lembaga dan unit-unit pendidikan yang ada harus menggaungkan tantangan membaca kepada setiap staf dan peserta didiknya. Karena ketika tantangan membaca diagendakan dan sudah menjadi kegiatan, ini akan menimbulkan kebiasaan yang jika diteruskan bisa menjadi budaya yang amat baik.

Budaya membaca seharusnya sudah menjadi budaya bagi masyarakat, karena membaca adalah kebudayaan baik manusia yang dilegitimasi oleh Alquran. Allah Subḥānahu WaTa’ālā berfirman,

ٱقْرَأْبِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ

“bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yang menciptakan.” (QS. Al-Alaq [96]: 1)

Dan sebagaimana kita ketahui bahwa tentunya terdapat perbedaan antara orang yang gemar membaca dengan yang tidak. Karena semakin banyak membaca semakin banyak wawasan dan ilmu yang didapatkan. Dan bukankah Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu, sebagaimana dalam firman-Nya,

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantara kalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah [58]:11)

Tantangan membaca sebenarnya adalah sebuah upaya mendorong diri sendiri atau orang lain untuk membaca dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya tantangan membaca ini nantinya seseorang akan menyukai kegiatan membaca. Jadi diharapakan membaca menjadi kegiatan yang akan senantiasa dilakukan sampai akhir hayatnya.

Tantangan membaca ini bisa dilakukan oleh sekolah, lembaga tertentu, pemerintah, dan bahkan kita bisa menantang diri kita sendiri. Ada beberapa kegiatan semisal yang bisa dilakukan contohnya: 30 Days Reading Challenge, Premier’s Reading Challenge,  Scholastic Book Fairs 1000 Page Reading Challenge dan kegiatan lain semisalnya.

Tujuan program ini adalah agar dapat menjadikan pribadi-pribadi yang suka membaca dan melakukan kegiatan membaca sebagai aktivitas sehari-hari. Sehingga mereka menjadi pembaca seumur hidup (reader for life).

Dan agar program atau kegiatan tantangan membaca ini bisa berjalan dengan baik, maka hendaknya diadakan reward and punishment yaitu hadiah bagi yang mampu melaksanakan lagi menuntaskan tantangan membaca dengan baik dan hukuman sebagai pelecut agar lebih termotivasi lagi untuk membaca.

Jika kegiatan membaca ini sudah menjadi budaya bagi suatu masyarakat maka masyarakat tersebut akan menjadi masyarakat yang maju. Namun sebaliknya jika minat membacanya rendah, maka hal itu akan menjadikan suatu masyarakat, bangsa dan negara tersebut akan terbelakang lagi tertinggal.

Oleh karena itu hendaknya kita semua berupaya menanamkan kegiatan tantangan membaca dimulai dari diri sendiri kemudian ditularkan kepada yang lain.

Thumbnail Source: Photo From Rodnae Productions

Artikel Terkait:
Kegiatan Literasi Sekolah

TAGS
#Batas Wilayah Indonesia #Ciri-ciri Pantun #Indonesia #Kata Kerja Mental #khazanah #Lambang Sila Pertama #Multikulturalisme #Norma Hukum #Pancasila #Teks Ceramah #Teks Eksplanasi #Sekolah Islam
Login