Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Bina-Qurani-Teknik-Dasar-Permainan-Bola-Voli
Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah salah satu olah raga yang paling digemari oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia setelah permainan sepak bola dan bola basket. Di Indonesia sendiri, permainan bola voli ini, ternyata menempati kedudukan ke tiga dengan penggemar terbanyak setelah sepak bola dan bulu tangkis.

Bermain bola voli adalah salah satu hal yang menyenangkan dan tentunya dapat meningkatkan imun tubuh serta dapat menjaga kesehatan kita. Permainan bola voli akan terasa lebih menyenangkan apabila di dalam melakukan permainan tersebut kita menggunakan teknik dasar permainan bola voli.

Namun, sudahkah kalian mengetahui akan teknik dasar permainan bola voli?

Jika kalian belum mengerti tentang teknik dasar permainan bola voli, akan lebih baik jika kalian membaca artikel ini sampai tuntas. Karena pada artikel kali ini kami akan sedikit membahas mengenai teknik-teknik dasar permainan bola voli. Di antaranya adalah:

  • Servis
  • Passing
  • Smash
  • Blocking

Sebelum masuk ke pembahasan tentang teknik dasar permainan bola voli, ada baiknya apabila kami sedikit mengulas akan pengertian dan sejarah permainan bola voli.

Bina-Qurani-Teknik-Dasar-Permainan-Bola-Voli

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Source: Photo From Pavel Danilyuk Pexels

Pengertian Permainan Bola Voli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bola voli adalah jenis permainan olahraga bola yang terdiri atas dua regu dengan masing-masing regu beranggotakan enam orang. Permainan ini dilakukan dengan memukul bola menggunakan satu atau dua tangan dengan mengarahkan ke daerah lawan yang dibatasi dengan jaring atau net, dan tidak membiarkan bola jatuh ke tanah atau area bermain kita sendiri.

Permainan bola voli adalah permainan yang mengandalkan pukulan tangan dengan berbagai teknik tertentu, sehingga permainan ini sangat menyenangkan dan dapat dilakukan oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita.

Sejarah Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah sebuah olah raga yang berasal dari negara Amerika Serikat dan ditemukan oleh William G. Morgan, yang merupakan instruktur jasmani di Young Men Association.

Permainan bola voli sebetulnya sudah ada sejak tahun 1895 dan dimainkan di kota Holyoke, AS. Namun pada saat itu, permainan ini belum terlalu terkenal. Hingga akhirnya pada tahun 1896 di saat pelajar YMCA melakukan demonstrasi umum di stadion kampus YMCA, permainan ini menjadi lebih fenomenal.

Hingga saat ini, permainan bola voli berasal dari negara Amerika Serikat menjadi semakin terkenal dan telah dimainkan oleh semua orang dari berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, perkembangan bola voli sudah ada sejak tahun 1928. Menurut catatan sejarah, permainan bola voli di Indonesia kala itu dikenalkan oleh guru-guru dari Belanda yang mengajar di sekolah lanjutan.

Bina-Qurani-Teknik-Dasar-Permainan-Bola-Voli

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Source: Photo From Pavel Danilyuk Pexels

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar permainan bola voli adalah sebuah gerakan atau teknik yang merupakan dasar dari permainan bola voli. Ada beberapa teknik dasar permainan bola voli yang penting untuk dikuasai bagi kita yang memiliki keinginan dapat bermain bola voli. Beberapa teknik tersebut yaitu:

1. Servis

Servis merupakan sebuah gerakan atau teknik dasar permainan bola voli. Servis merupakan gerakan awal yang dilakukan untuk memulai suatu pertandingan bola voli. Selain sebagai awal mula permainan bola voli, seiring berkembangnya zaman servis juga digunakan sebagai momen bagi pemain untuk menyerang lawan.

Untuk melakukan servis yang bagus, seorang pemain bola voli harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Sikap padan
  • Pandangan
  • Kekuatan pukulan
  • Kekuatan lompatan
  • Dan akurasi

Di dalam permainan bola voli, terdapat beberapa gerakan servis yaitu:

  • Servis Bawah
  • Floating Overhand
  • Hook Service
  • Jumping Service
  • Overhand Round

Servis adalah hal yang krusial dalam permainan bola voli, karena servis merupakan penentu untuk mendapatkan poin dari tim lawa. Oleh karena itu, seorang pemain bola voli harus benar-benar fokus dalam melakukan servis.

Bina-Qurani-Teknik-Dasar-Permainan-Bola-Voli

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Source: Photo From Miguel Teirlinck Unsplash

2. Passing

Passing adalah teknik dasar permainan bola voli yang merupakan kegiatan mengoper bola kepada rekan satu tim sebelum kemudian bola dilempar ke area permainan lawan.

Setiap tim dalam permainan bola voli mempunyai kesempatan sebanyak tiga kali sentuhan untuk melakukan serangan ke tim lawan setelah mereka mendapatkan bola dari lawan.

Dalam permainan bola voli, passing biasanya dilakukan oleh pemain untuk membuka peluang dan melakukan smash ke area permainan lawan dengan harapan bola jatuh di daerah lawan.

Passing dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu passing atas dan passing bawah. Boleh juga dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan bahkan menggunakan bagian tubuh yang lainnya selama tidak melanggar peraturan yang berlaku.

3. Smash

Teknik dasar permainan bola voli yang selanjutnya adalah smash. Smash merupakan gerakan memukul bola sekeras-kerasnya agar bola jatuh di daerah lawan agar dapat mendapatkan poin atau nilai.

Smash biasanya dilakukan ketika bola berada di atas jaring, yang merupakan hasil dari passing dari rekan satu tim. Dengan demikian, bagus atau tidaknya pukulan smash juga tergantung dari passing yang diberikan.

Bina-Qurani-Teknik-Dasar-Permainan-Bola-Voli

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Source: Photo From Jannes Glas Unsplash

4. Blocking

Blocking merupakan usaha untuk menahan bola atau membendung bola dari serangan lawan agar tidak jatuh di area permainan kita. Blocking dilakukan ketika pemain lawan melakukan serangan dengan smash keras.

Ketepatan waktu merupakan kunci utama untuk melakukan blocking yang maksimal. Untuk melakukan blocking, seorang pemain harus memperhatikan gerakan smash yang akan dilakukan oleh pemain lawan.

Perhatikan arah smashan yang akan dilakukan, serta perhatikan timingnya.

Demikianlah beberapa uraian singkat menganai teknik dasar permainan bola voli yang wajib dimiliki oleh pemain bola voli.

Thumbnail Source: Photo From Jim De Ramos Pexels

 Artikel Terkait:
Pengertian Sepak Bola

TAGS
#cara menjadi penulis #cara menjadi youtuber #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #Pengertian Sepak Bola #Permainan Bola Voli #Pesepak Bola Muslim #Sejarah
Login