Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Tips Belanja Harbolnas

Bina-Qurani-Tips-Belanja-Harbolnas
Tips Belanja Harbolnas

Perayaan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas tinggal menghitung hari. Harbolnas yang dirayakan pada tanggal 12 Desember, merupakan momen yang paling dinantikan oleh banyak orang. Terlebih bagi mereka yang hobi berbelanja secara online atau daring.

Selain menawarkan banyak kemudahan, Harbolnas juga menawarkan berbagai macam promosi menarik dan diskon besar-besaran pada setiap produk yang dipasarkan. Potongan yang ditawarkan saat pelaksanaan Harbolnas pun jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual biasanya.

Sehingga tidak mengherankan, apabila pada momen Harbolnas ini banyak orang yang akhirnya terlalu berlebihan dalam berbelanja. Padahal, belum tentu produk-produk yang sudah dibeli tersebut, merupakan produk yang dibutuhkan.

Berlebih-lebihan dalam berbelanja merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama Islam, terlebih untuk membeli sesuatu yang belum diketahui manfaat bagi pembelinya. Selain itu, belanja secara berlebihan juga dapat berdampak buruk pada kondisi keuangan seseorang.

Oleh karena itu, ada beberapa tips belanja Harbolnas yang perlu diperhatikan agar tidak terlalu kalap melihat promo dan diskon yang ditawarkan oleh penyedia produk.

Yuk kita simak beberapa tips belanja Harbolnas yang aman dan nyaman berikut ini!

Bina-Qurani-Tips-Belanja-Harbolnas

Site: Bina Qurani Islamic School. Image: Tips Belanja Harbolnas, Source: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

5 Tips Belanja Harbolnas Aman dan Nyaman

Menyikapi momen 12.12 atau Harbolnas, kita tidak boleh berlebih-lebihan dalam membelanjakan uang yang kita miliki. Sebesar apapun diskon-diskon yang ditawarkan pada momen ini, kita tidak boleh terlalu berlebihan, dan harus bijak dalam berbelanja.

Berikut adalah lima tips belanja Harbolnas yang aman dan nyaman:

1. Siapkan Budget untuk Belanja

Hal pertama dan paling utama yang perlu menjadi perhatian saat menjelang momen Harbolnas yaitu menyiapkan budget atau anggaran untuk belanja. Hal ini merupakan salah satu tips belanja Harbolnas yang perlu diperhatikan.

Jangan sampai ketika momen Harbolnas datang, kita belum mengalokasikan anggaran khusus untuk belanja. Kealpaan terhadap hal ini akan berakibat fatal pada kondisi keuangan dan tabungan yang kita miliki.

Maka, sebelum hari itu datang sisihkan dan alokasikanlah anggaran khusus belanja Harbolnas dari penghasilan yang kita dapatkan.

Bina-Qurani-Tips-Belanja-Harbolnas

Site: Bina Qurani Islamic School. Image: Tips Belanja Harbolnas, Source: Photo by Picjumbocom from Pexels

2. Susun Daftar Belanja

Setelah menyiapkan budget untuk belanja, tips belanja Harbolnas selanjutnya adalah menyusun daftar produk yang akan dibeli. Memiliki daftar produk belanjaan pada saat Harbolnas merupakan hal yang sangat penting, apalagi pada momen tersebut akan muncul beragam diskon dan promo yang tentunya menarik perhatian kita.

Susunlah daftar-daftar produk yang dibutuhkan. Prioritaskan pada produk-produk yang bersifat dibutuhkan dan mendesak, serta hindari produk-produk yang hanya sebatas untuk memenuhi gaya hidup semata.

Jangan menghambur-hamburkan uang karena besarnya diskon yang diberikan, namun produk yang dibeli bukanlah barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bina-Qurani-Tips-Belanja-Harbolnas

Site: Bina Qurani Islamic School. Image: Tips Belanja Harbolnas, Source: Photo by Ivan Samkov from Pexels

3. Cek dan Lakukan Perbandingan Harga di beberapa Toko

Setelah selesai menyusun daftar belanja, hal selanjutnya adala cek ulang harga barang-barang tersebut. Jangan sampai terjebak dalam strategi marketing yang dilakukan oleh para penjual, karena tidak jarang banyak kasus penipuan yang terjadi pada momen Harbolnas ini.

Cek kembali harga-harga produk yang ingin dibeli dengan detail, setelah itu bandingkan harga tersebut dengan toko online semisal. Pilihlah produk yang terbaik dengan harga yang lebih murah. Lihat pula review yang telah diberikan oleh para konsumen sebelum-sebelumnya.

4. Jangan Buru-buru dalam Belanja

Jangan terlalu buru-buru ketika melihat promo atau diskon yang diberikan oleh penjual. Tinjau kembali produk yang ditawarkan dan promo yang diberikan. Jangan sampai produk yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, dikarenakan kita terlalu buru-buru dalam berbelanja.

Tetap tenang, dan pegang kendali diri dalam berbelanja, hindari membeli barang sebelum kita cek ulang produk dan promo yang ditawarkan.

5. Perhatikan Keamanan Belanja

Ketika momen Harbolnas tiba, akan banyak situs-situs yang mengadakan promosi khusus untuk menarik konsumen. Maka, tetap perhatikan unsur keamanan dalam belanja. Pastikan penjual yang kita tuju dapat dipercaya, sehingga transaksi yang dilakukan tetap aman dan terjamin.

Lihat rating dan penilaian toko yang diberikan oleh konsumen.

Demikianlah lima tips belanja Harbolnas yang aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Thumbnail Source: Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Artikel Terkait:
Doa Agar Diampuni Dosa Karena Sikap Berlebih-lebihan

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Harbolnas #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login