Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan

Bina-Qurani-Tips-Khatam-Alquran-Generasi-Z-di-Bulan-Ramadhan
Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan

Berikut ini beberapa tips cara mengkhatamkan Alquran, yang dapat dilakukan oleh generasi z di bulan Ramadhan agar puasa menjadi semakin berkualitas.

Sebagai seorang muslim, khatam Alquran di bulan Ramadhan merupakan salah satu hal yang wajib digapai. Tidak cukup satu atau dua kali khatam Alquran, bahkan berkali-kali khatam pun harus diusahakan oleh seorang muslim di bulan Ramadhan ini.

Aktifitas tadarus Alquran baik pada malam maupun siang hari bagi generasi z di bulan Ramadhan, maupun generasi-generasi lainnya menjadi salah satu kegiatan yang tidak dapat dikesampingkan di bulan ramadhan ini. Meskipun terasa berat dengan rasa lapar, dahaga, dan ngantuk, upaya mengkhatamkan Alquran harus tetap diperjuangkan.

Bulan Ramadhan merupakan momentum yang sudah menjadi kebiasaan dan kebudayaan masyarakat dalam mengkatamkan Alquran. Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengkhatamkan Alquran oleh generasi z di bulan ramadhan ini?

Berikut beberapa tips cara mengkatamkan Alquran di bulan Ramadhan untuk generasi Z, dan generasi-generasi lainnya.

Bina-Qurani-Tips-Khatam-Alquran-Generasi-Z-di-Bulan-Ramadhan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan, Source: Photo by Abdullah Pexels

Cara dan Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan

Berikut ini cara agar seseorang dapat khatam Alquran di bulan Ramadhan, minimal satu kali khatam selama satu bulan.

1. Setiap Selesai Shalat Baca Dua Lembar Alquran

Untuk dapat mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan, usahakan untuk membaca Alquran minimal dua lembar setiap selesai shalat lima waktu selama bulan Ramadhan. InsyaAllah dengan rutin membaca empat lembar setelah selesai shalat, pada akhir ramadhan nanti akan khatam satu kali.

Hitungan dari cara ini yaitu bahwa setiap dua lembar Alquran sama dengan empat halaman di dalam Alquran. Dimana sehari semalam sebagai seorang muslim wajib shalat lima waktu. Lima waktu dikali dengan empat hasilnya adalah 20 halaman.

Apabila dalam satu hari menyelesaikan 20 halaman, maka apabila rutin dilakukan selama 30 hari, totalnya adalah 600 halaman. Dimana total jumlah halaman di dalam Alquran yaitu sekitar 604 halaman. Apalagi jika memanfaatkan waktu setelah shalat dhuha dan setelah adzan untuk membaca Alquran, tentu akan khatam Alquran lebih dari satu kali.

Bina-Qurani-Tips-Khatam-Alquran-Generasi-Z-di-Bulan-Ramadhan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan, Source: Photo by GR Stocks Pexels

2. Menambahkan Aplikasi Alquran di Smartphone

Dengan menambahkan aplikasi Alquran di dalam smartphone Anda, tentu akan memberikan kemudahan ketika ingin menyicil membaca Alquran di sela-sela waktu yang Ada. Memaksimalkan setiap menit waktu yang ada untuk membaca Alquran, mendorong Anda untuk dapat mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan ini.

Jika Anda semakin sering membuka Alquran di smarthphone pada waktu-waktu luang Anda, maka semakin cepat pula waktu yang Anda butuhkan untuk mengkatamkan Alquran di bulan Ramadhan.

3. Melakukan Tadarus di Masjid

Cara lain yang dapat dilakukan untuk bisa khatam Alquran bagi generasi Z di bulan Ramadhan adalah dengan melakukan tadarus Alquran di Masjid. Melakukan tadarus Alquran di Masjid pada malam-malam bulan Ramadhan akan meringankan cicilan untuk halaman-halaman selanjutnya.

Terlebih lagi, tadarus Alquran di Masjid biasanya akan ditemani oleh banyak orang yang seusia maupun yang lebih tua. Hal ini tentu mendorong Anda untuk lebih bersemangat dalam berlomba-lomba melakukan amal kebaikan (dalam hal ini yaitu membaca Alquran di bulan suci Ramdhan.

Bina-Qurani-Tips-Khatam-Alquran-Generasi-Z-di-Bulan-Ramadhan

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Tips Khatam Alquran Generasi Z di Bulan Ramadhan, Source: Photo by Tayeb Pexels

4. Mengikuti Komunitas Baca Alquran Online

Cara lain yang dapat memotivasi Anda agar bisa khatam menyelesaikan bacaan Alquran Anda adalah dengan mengikuti atau bergabung dengan komunitas khatam baca Alquran, baik di Whatsapp maupun telegram. Dengan mengikuti komunitas ini maka Anda akan senantiasa mendapatkan motivasi agar semangat dalam membaca Alquran.

Bahkan, ketika Anda sedang malas sekalipun, maka Admin group akan mengingatkan Anda untuk segera melakukan stor bacaan Alquran. Bergabung dengan komunitas semacam ini, selain dapat meningkatkan semangat baca Alquran juga akan menambah dan memperbanyak saudara seiman.

5. Istiqomah Membaca Alquran Meskipun Sedikit

Hal terakhir yang paling penting adalah menjaga keistiqamahan setiap Amal Ibadah. Dalam hal membaca Alquran misalnya, untuk bisa khatam satu kali dalam satu bulan, minimalnya Anda harus membaca Alquran dua lembar setiap selesai shalat wajib lima waktu. Hal ini memerlukan keistiqamahan, agar target untuk khatam dapat tercapai.

Demikianlah beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk khatam Alquran bagi generasi Z di bulan Ramadhan ini.

Thumbnail Source: Photo by Thirdman Pexels

Artikel Terkait:
Cara Mudah Menghafal Alquran

TAGS
#Al Baqarah #Al Hujurat Ayat 13 #Al Isra Ayat 32 #Al Maidah Ayat 2 #Alquran adalah Cahaya #Ayat Kursi #Cara Menghafal Alquran #Keutamaan Membaca Alquran #Sekolah Islam Terbaik #Menghafal Alquran #Sekolah Tahfiz
Login