Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Ucapan Turut Berduka Cita

Bina-Qurani-Ucapan-Turut-Berduka-Cita
Ucapan Turut Berduka Cita

Setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Kematian adalah hal yang tidak bisa dihindari dan sudah menjadi takdir bagi setiap makhluk yang bernyawa.

Sekuat apapun seseorang berusaha untuk menghindar, baik tua atau muda, kaya atau miskin, tampan atau buruk rupa semuanya tidak dapat menolak akan datangnya kematian.

Kematian adalah hak dan ketetapan Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā yang sudah digariskan kepada semua makhluk yang bernyawa.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

(Kullunafsin dzaa-iqotulmauut …)

Artinya:

“Tiap-tiap yang berjiwa pasti akan merasakan mati …” (QS. Ali Imran [03]: 185)

Bina-Qurani-Ucapan-Turut-Berduka-Cita

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ucapan Turut Berduka Cita, Source: Photo From M12 Detectives Privados

Berita orang meninggal dunia akhir-akhir ini santer terdengar di telinga kita. Banyak orang di sekeliling kita, mulai dari keluarga, saudara, teman, ataupun tetangga yang telah terlebih dahulu pergi meninggalkan dunia baik karena sakit maupun karena hal lainnya.

Ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintai, tentunya akan menorehkan luka dan kesedihan yang begitu mendalam, oleh karenanya memberikan dukungan dan motivasi kepada orang yang ditinggalkan adalah hal yang perlu dilakukan agar mereka tidak larut dalam kesedihan.

Untuk memberikan dukungan kepada mereka yang ditinggalkan kita dapat melakukannya dengan ucapan turut berduka cita dan mendoakan kebaikan kepada mereka.

Lalu, apakah ada ucapan turut berduka cita yang diajarkan oleh Islam?

Bagaimanakah Islam mengatur ucapan turut berduka cita?

Yuk kita simak uraian berikut!

Bina-Qurani-Ucapan-Turut-Berduka-Cita

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ucapan Turut Berduka Cita, Source: Photo From Lapatilla c0m

Ucapan Turut Berduka Cita Menurut Islam

Islam adalah agama yang sempurna, yang telah mengatur seluruh urusan manusia dari bangun tidur hingga tidur lagi, dari sejak terlahir ke dunia hingga mati dan dikuburkan ke dalam tanah.

Seluruh urusan manusia telah Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā atur dengan begitu detail, salah satunya adalah ucapan turut berduka cita ketika ada orang meninggal dunia.

Di dalam islam ada beberapa ucapan turut berduka cita yang dapat kita ucapkan ketika mendengar kabar orang meninggal dunia. Berikut ini adalah beberapa ucapan turut berduka cita yang dapat kita ucapkan ketika ada orang meninggal dunia:

1. Membaca Kalimat Istirja

Jika seseorang mendengar kabar orang meninggal dunia, dianjurkan untuk membaca istirja yaitu kalimat Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun. Ucapan turut berduka cita ini juga dapat diucapkan kepada keluarga yang ditinggalkan disertai dengan motivasi untuk bersabar dan mendoakan kebaikan.

Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā berfirman:

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

“(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun (sesungguhnya kita adalah milik Allah dan hanya kepada-Nya kita kembali.” (QS. Al-Baqarah [02]: 156)

Bina-Qurani-Ucapan-Turut-Berduka-Cita

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ucapan Turut Berduka Cita, Source: Photo From Brnews id

2. Membaca Doa Memohon Ampunan dan Ganti yang Lebih Baik

Selain mengucapkan kalimat Istirja, sebagai seorang muslim hendaknya ia membaca doa memohon ampunan serta meminta untuk diberikan ganti yang lebih baik apabila mendengar kabar orang meninggal dunia baik dari keluarga ataupun saudaranya.

Sebagaimana doa yang Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam ajarkan kepada Ummu Salamah, sebagai berikut:

للَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلَهُ وَأَعْقِبْنِي مِنْهُ عُقْبَى حَسَنَةً

“Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, ucapkanlah ya Allah ampunilah aku dan dia, dan berikanlah untukku ganti yang lebih baik setelah dia.” (HR. At-Tirmidzi)

3. Mendoakan Kebaikan untuk Orang yang Meninggal Dunia

Apabila seseorang mendatangi orang yang meninggal dunia, hendaknya ia mendoakan kebaikan untuk si mayit dan tidak mengucapkan sesuatu selain ucapan-ucapan kebaikan.

Berikut ini adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah Ṣallallāhu ‘Alaihi Wa Sallam saat kita mendatangi orang yang meninggal dunia.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

“Ya Allah, tolong ampunilah ia, rahmati ia, selamatkanlah ia, maafkanlah ia, dan tempatkanlah ia di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburnya, mandikan ia dengan air salju dan air embun. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan pakaian yang putih dari kotoran, berikan kepadanya rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), dan berilah pasangan yang baik dari pasangannya (di dunia). Dan Masukkan ia ke Surga, dan lindungi dia dari siksa kubur dan siksa neraka.” (HR. Muslim: 963)

Bina-Qurani-Ucapan-Turut-Berduka-Cita

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Ucapan Turut Berduka Cita, Source: Photo From Polres Metro Tangerang Kota

Demikian beberapa doa atau bacaan ketika mendengar kabar orang meninggal dunia yang dapat kita baca dan kita ucapkan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai ucapan turut berduka cita. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi seluruh kaum muslimin dan bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Thumbnail Source: From Perspektif Lampung

Artikel Terkait:
Tata Cara Sholat Jenazah

TAGS
#adab penuntut ilmu #Al Baqarah #Alquran 30 Juz #cara berbakti kepada orang tua #Cara membuat hand sanitizer #Cara Menghafal Alquran #Cara Sholat Jenazah #hukum qurban adalah #ikhlas dalam beramal #Keutamaan Membaca Alquran
Login