Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Ukuran Lapangan Bola Basket

Bina-Qurani-Ukuran-Lapangan-Bola-Basket
Ukuran Lapangan Bola Basket

Bola basket adalah olahraga berkelompok yang dimainkan oleh dua tim, dimana masing-masing tim beranggotakan lima orang. Kedua tim tersebut saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan dengan sebanyak-banyaknya.

Bola basket merupakan salah satu olah raga yang paling populer dan digemari oleh penduduk Amerika Serikat. Selain Amerika Serikat, olahraga ini juga cukup digemari di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan Indonesia.

Kompetisi bola basket juga telah banyak diselenggarakan setiap tahunnya, seperti kompetisi di Inggris dengan nama British Basketball League (BBL), di Amerika dengan nama National Basketball Association (NBA), dan di Indonesia dengan nama Indonesia Basketball League (IBL).

Bina-Qurani-Ukuran-Lapangan-Bola-Basket

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Ukuran Lapangan Bola Basket, Source: Photo by Markus Pexels

Sejarah Bola Basket

Sejarah bola basket bermula pada tahun 1891, ketika Dr. James Naismith yang merupakan seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA di Springfield, Massachusetts diminta untuk membuat permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Naismith kemudian menciptakan sebuah permainan yang sekarang di kenal sebagai bola basket pada tanggal 15 Desember 1891, karena terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan di Ontario saat kecil dulu.

Setelah melalui beberapa proses penolakan, uji coba, evaluasi, dan pembaruan peraturan, olahraga ini kemudian resmi dimainkan pertama kalinya di Gimnasium YMCA di Albany, New York, pada tanggal 20 Januari 1892 dengan Sembilan pemain. Dimana hasil akhir dari permainan tersebut tercatat dengan skoor 1-0.

Setelah permainan selesai, Frank Mahan selaku pemain pada permainan tersebut kemudian menghampiri Naismith untuk menanyakan nama dari permainan baru ciptaannya. Namun, Naismith menjawab belum memikirikan nama dari permainan tersebut dan lebih fokus kepada bagaimana memulai dan peraturan dari permainan ciptaannya tersebut.

Frank Mahan kemudian menyarankan nama “Naismith Ball”, lantas Naismith tertawa dan berkata “Nama tersebut akan membunuh permainan sebuah permainan. Lalu Mahan pun berkata, “Bagaimana dengan Basketball?” Naismith kemudian menjawab, “Kita punya sebuah keranjang atau basket dan sebuah bola, itu akan menjadi nama yang bagus.”

Maka ditetapkanlah permainan tersebut dengan nama Basketball atau bola basket.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Bola basket merupakan olahraga bola besar yang dapat dimainkan di lapangan terbuka, maupun di lapangan tertutup. Namun, untuk pertandingan profesional biasanya permainan ini dilaksanakan di dalam ruangan tertutup (indoor).

Ukuran lapangan bola basket juga relatif kecil, tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan ukuran lapangan permainan sepak bola. Ukuran lapangan bola basket yang dikeluarkan oleh Nasional Basketball Association (NBA) berbeda dengan ukuran lapangan bola basket yang dikeluarkan oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh FIBA, panjang dan lebar ukuran lapangan bola basket adalah 28 x 15 meter. Adapun pada kompetisi NBA, panjang dan lebar ukuran lapangan bola basket yang dipakai adalah 28,65 x 15,24 meter.

Bina-Qurani-Ukuran-Lapangan-Bola-Basket

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: Ukuran Lapangan Bola Basket, Source: Photo by Static

1. Ukuran Lapangan Bola Basket Standar FIBA

Untuk pelaksanaan suatu kompetisi atau pertandingan pada level Internasional, ukuran lapangan bola basket yang digunakan adalah ukuran yang sesuai dengan standar FIBA. Dimana ukuran tersebut mencakup:

  • Panjang lapangan: 28 meter.
  • Lebar lapangan: 15 meter.
  • Diameter lingkaran tengan: 3,6 meter.
  • Tinggi ring: 3,05 meter.
  • Radius busur: 1,25 meter.
  • Jarak lemparan bebas: 4,6 meter.
  • Jarak lemparan tiga angka: 6,6 hingga 6,75 meter.
  • Lebar garis: 5 sentimeter.
2. Ukuran Papan Pantul

Ukuran papan pantul pada permainan bola basket sesuai dengan standar FIBA adalah panjang papan 1.800 mm dengan toleransi 30 mm, dan lebar papan 1.200 mm dengan toleransi 20 mm.

3. Ukuran Ring Basket

Sesuai dengan standar FIBA, ukuran ring basket yang ditetapkan adalah:

  • Diameter ring: 450 mm hingga 459 mm.
  • Ketebalan ring: 16 mm hingga 20 mm.
  • Jarak ring dengan papan: 151 mm.

Itulah rincian dari ukuran lapangan bola basket sesuai dengan standar FIBA. Mulai dari ukuran lapangan, ukuran papan pantul, dan ukuran dari ring yang digunakan sebagai sasaran bola. Semoga tulisan kali ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari tahu tentang ukuran lapangan bola basket sesuai standar FIBA.

Thumbnail Source: Photo by Joaquin Pexels

Artikel Terkait:
Pengertian Sepak Bola

TAGS
#cara menjadi youtuber #Olimpiade Tokyo 2020 #Pendiri Paskibraka #Pengertian Sepak Bola #Permainan Bola Voli #Pesepak Bola Muslim #Sejarah
© 2021 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved
Login