Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Urgensi Belajar islam

Belajar islam tidak mengenal usia. Namun menyia-nyiakan usia sampai tua baru mau belajar islam hanya akan berbuah penyesalan. Jika seseorang menyadari bahwa hanya dengan belajar islam dia akan mendapatkan kemuliaan dunia dan akhirat maka pasti seluruh waktunya hanya ada untuk belajar islam.

Imam Muhammad Ibnu Idris atau yang lebih dikenal Imam Asy Syafi’i berkata: “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka haruslah dengan ilmu dan barangsiapa yang menginginkan akhirat pun haruslah dengan ilmu.” (Manaqib Asy Syafi’i lil Baihaqi, 2015).

Urgensi belajar islam bagi seorang muslim adalah kewajiban utama. Saking wajibnya para ulama menyebutkan bahwa belajar islam lebih dibutuhkan oleh seorang muslim melebihi makan dan minumnya yang sehari hanya 2 atau 3 kali. Sedangkan kebutuhan terhadap ilmu adalah sebanyak tarikan nafasnya. (Madarij al Salikin li Ibni al Qayyim, 1973).

Bahkan lebih dari itu, Imam Ibnul Qayyim pun menambahkan di kitabnya yang lain bahwa jika manusia tanpa ilmu maka tidak ada bedanya dengan binatang yang kerjanya makan, minum, dan memenunuhi nafsu biologisnya saja. Manusia bisa lebih buruk dari binatang jika tidak belajar islam. Sehingga yang membedakan manusia dengan binatang adalah akalnya yang digunakan untuk menimba ilmu dan belajar islam bukan hanya sekedar makan, minum, dan lainnya.  (Miftah Dar as Sa’adah li Ibni Qayyim al Jauziyah).

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dalam ayat diatas yang tertera di QS. Al Baqarah[2] ayat 201 disebutkan oleh Imam Hasan al Basri Rahimahullah bahwa doa meminta kebaikan dunia dan akhirat diantara tafsirnya adalah meminta kebaikan ilmu dan ibadah serta surga. Dan bagaimana mungkin seseorang akan mendapatkan kebaikan ilmu kecuali dengan mempelajarinya. (al ‘ilmu fadhluhu wa syarfuhu, 1996).

Selain urgensi belajar islam yang disebutkan oleh para ulama diatas banyak juga ayat dan hadis yang sahih yang menunjukkan keutamaannya.

  1. Belajar islam sebab meraih derajat yang tinggi. (QS. Al Mujadilah[58]: 11).
  2. Belajar islam tanda hamba yang bertaqwa dan terbukti rasa takutnya kepada Allah Subhanahu wata’ (QS. Fatir[35]: 28).
  3. Belajar islam tanda hamba yang diberi petunjuk untuk melakukan banyak kebaikan. Karena tidak akan banyak mendapat kebaikan kecuali dengan difahamkan agama. (HR. Bukhari dan Muslim).
  4. Belajar islam cara termudah meraih surga. (HR. Muslim).
  5. Keluar untuk belajar islam dan menempuhnya sama seperti berjihad di jalan Allah. (HR. Tirmizi).
  6. Orang yang belajar islam mendapatkan doa dari malaikat dan penghormatan dari malaikat. (HR. Tirmizi)
  7. Hanya dengan belajar islam pahala akan mengalir deras walau telah wafat. (HR. Muslim). (alukah.net, 2015).

Tentunya masih banyak lagi dalil yang menunjukkan urgensitas belajar islam. Semoga Allah mengistiqamahkan kita belajar islam dan mengamalkan kebaikan dari ilmu yang Allah beri serta memberkahi hidup kita, Amin.

TAGS
#Fadilah Ilmu #keutamaan Ilmu #Belajar Agama #Belajar Islam
Login