Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Urgensi Planning dalam Menetapkan Tujuan Pendidikan

Dr. Ade Wahidin, Lc., M.Pd.I.
Pengasuh Bina Qurani Islamic School

Komponen pertama pendidikan yang cukup signifikan adalah tujuan pendidikan. Kontruksi tujuan pendidikan yang kuat dan istiqamah akan membuat komponen-komponen lainnya seperti kurikulum, proses, dan evaluasi dapat dengan mudah didesain dengan alur pemikiran yang menuju terwujudnya tujuan pendidikan tersebut.

Secara eksplisit, Tafsir juga menegaskan bahwa tujuan pendidikan adalah hal pertama dan terpenting bila seseorang merancang, membuat program, serta mengevaluasi pendidikan (Filsafat Pendidikan Islami, 2012). Dari kontruksi tujuan pendidikan kuat dan istiqamah itulah akan ditempuh jalur perumusan kurikulum yang selektif tetapi terukur, seleksi pendidik dan tenaga kependidikan yang profesianal, berpengalaman, ahli di bidangnya masing-masing, penerimaan peserta didik yang penuh pertimbangan dengan kualifikasi yang besar kemungkinan dapat dengan mudah mencapai standar kelulusan, sampai pada tahapan evaluasi yang dibuat secara variatif dan komprehensif yang semakin mengafirmasi kelulusan peserta didik.

Oleh karena tujuan pendidikan ini menempati urutan pertama dalam komponen pendidikan yang cukup berpengaruh terhadap komponen-komponen setelahnya sebagaimana yang tersebut di atas maka tujuan pendidikan tersebut haruslah dipersiapkan dengan perencanaan atau planning yang matang. Dalam hal ini, tampaknya manajemen dalam pendidikan secara umum memegang peranan penting dan secara khusus dalam tujuan pendidikan.

Planning atau perencanaan secara umum dipandang oleh George DR Terry sebagai salah satu tindakan yang identik dengan proses manajemen. Karena baginya manajemen merupakan sebuah proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggiatan (actuating), dan juga pengawasan (controlling) atau yang disingkat dengan POAC (Manajemen Kurikulum Sekolah Islami, 2019).

Dalam Islam, Planning sebagai proses dalam menetapkan tujuan pendidikan telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala jelaskan dalam kisah Nabi Musa ‘alaihisalam ketika Allah Subhanahu Wa Ta’ala ingin menjadikannya sebagai output pendidikan rabbani yang diharapkan dapat meruntuhkan tirani Fir’aun yang sudah berlangsung lama dan menjadikan Bani Israil berada pada masa-masa kesempitan hidup dan penderitaan yang cukup berkepanjangan.

Oleh karena itu, dalam hal ini Allah Subhanahu Wa Ta’ala hendak menjadikan Nabi Musa ‘alaihisalam sebagai target yang dididik untuk memutus tirani dan hegemoni Fir’aun. Langkah yang pertama ditempuh oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah merencanakan Fir’aun sebagai sosok Rasul yang kuat dan sabar dalam menghadapi Fir’aun. Secara eksplisit Allah berkata, “Aku telah memilihmu (menjadi Rasul) untuk diri-Ku.” (QS. Thaha [20]: 41)

Kontekstualisasi dari ayat tersebut pada tataran kronologis sebelum diperintahkannya Musa dan Harun menghadap Fir’aun; yaitu bahwa Musa ‘alaihisalam menjadi sosok Rasul yang kuat seperti ini melalui perencanaan atau planning yang matang untuk menjadi sosok Rasul yang sabar yang memiliki jiwa leadership yang kuat. Mulai dari penjagaan-Nya saat Musa ‘alaihisalam bayi yang dihanyutkan di sungai Nil dalam rangka menghindari pasukan Fir’aun yang sedang mencari bayi laki-laki Bani Israil yang akan dieksekusi mati, diasuh oleh Istri Fir’aun dan hidup di lingkungan kerajaan (QS. Asy-Syu’ara [26]: 18), sampai mengabdi di keluarga Madyan kurang lebih sepuluh tahun, itu semua ditempuh melalui perencanaan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Kuasa.

Berdasarkan uraian tersebut, Planning dalam menetapkan tujuan pendidikan sangatlah urgen. Sebagai seorang muslim, planning adalah sebuah keharusan dalam mewujudkan tujuan pendidikannya baik dalam skala personal, keluarga mapun skala sosial-komunal. Sulit dibayangkan menemukan bangunan tujuan pendidikan yang kokoh tanpa didasari dengan perencanaan yang matang. Karena perencanaan yang matang akan mendorong terwujudnya tujuan pendidikan yang diharapkan.

TAGS
#Ade Wahidin #Manajemen Pendidikan #Manajemen #Planning #Tujuan
Login