Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Visualisasi Data

Bina-Qurani-Visualisasi-Data
Visualisasi Data

Setiap perusahaan atau organisasi maupun lembaga, pasti memiliki data yang jumlahnya tidak sedikit. Menurut Forum Ekonomi Dunia atau yang dikenal dengan World Economic Forum, di dalam situsnya weforum[dot]org menjelaskan bahwa 90% dari data di dunia dibuat dalam rentang waktu 2 tahun terakhir.

Semakin banyak data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, maka akan semakin sulit pula untuk mengelola dan memahami isi dari data tersebut. Maka, disinilah pentingnya visualisasi data oleh suatu perusahaan.

Bina-Qurani-Visualisasi-Data

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Visualisasi Data, Source: Photo by Lukas From Pexels

Apa Itu Visualisasi Data?

Visualisasi data adalah serangkaian proses untuk menampilkan data atau informasi dari bentuk yang kompleks menjadi sebuah data yang lebih sederhana dan mudah dipahami oleh banyak orang.

Data yang dikumpulkan oleh sebuah perusahaan biasanya adalah data yang masih mentah atau raw data, yaitu data yang berupa kumpulan angka-angka dengan dimensi yang sulit dibaca oleh orang awam.

Visualisasi data diperlukan karena tidak semua orang memiliki latar belakang sebagai seorang data analyst yang dapat menerjemahkan data mentah, dan tidak semua orang betah untuk berlama-lama melihat kumpulan angka dengan penjelasan yang rumit.

Dengan adanya visualisasi data, kita dapat dengan mudah melihat tren atau pola dari hasil analisa data scientist. Dari data tersebut, kita juga akan mendapatkan masukan-masukan informasi dengan cepat mengenai sebuah tren bisnis, sehingga dapat menentukan strategi maupun pengambilan keputusan yang sesuai untuk bisnis kita.

Bina-Qurani-Visualisasi-Data

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Visualisasi Data, Source: Photo by Karolina Grabowska From Pexels

Berbagai Jenis Bagan dalam Visualisasi Data

Dalam menerjemahkan suatu data mentah ke dalam data sederhana yang mudah dimengerti, seorang data analyst biasanya akan menggunakan bantuan bagan dalam pekerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa jenis bagan yang biasanya digunakan dalam visualisasi data:

1. Teks Sederhana (Simple Text)

Teks sederhana dalam visualisasi data biasanya digunakan ketika seseorang hanya memiliki satu atau dua angka yang akan disajikan dalam materi presentasinya.

Dalam penerapannya, penggunaan teks sederhana dalam visualisasi data kerap kali ditambahkan dengan beberapa kata pendukung untuk memperjelas maksud dari data yang ditampilkan.

2. Tabel

Dalam visualisasi data, tabel digunakan untuk menampilkan kumpulan data yang lebih besar. Dimana, rincian data tersebut akan hilang atau tidak terbaca ketika kita menggunakan grafik.

Dengan menggunakan tabel, kita pun dapat mempresentasikan temuan-temuan yang signifikan secara visual agar dapat memberikan cerita yang lebih dalam lagi.

3. Diagram Garis

Diagram garis biasanya digunakan dalam visualisasi data untuk plotting data yang berkelanjutan. Diagram garis akan menunjukan perubahan yang relatis terhadap sesuatu hal selama periode waktu tertentu.

Bagan ini seringkali digunakan untuk menampilkan data yang berkelanjutan dalam satuan waktu seperti hari, minggu, bulan, kuartal, bahkan tahun.

Bina-Qurani-Visualisasi-Data

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Visualisasi Data, Source: Photo by Karolina Grabowska From Pexels

4. Diagram Batang

Dalam visualisasi data, diagram batang sering digunakan untuk menampilkan hubungan antar variabel, dengan tujuan untuk memberikan perbandingan.

Diagram batang merupakan bagan yang mudah dibaca oleh orang awam sekalipun. Kita dapat membandingkan titik terakhir dari diagram batang antar variabel, sehingga kita dapat dengan mudah melihat kategori mana yang lebih besar dan kategori mana yang lebih kecil.

5. Diagram Pie

Diagram pie sering digunakan untuk perbandingan komponen dalam visualisasi data. Perbandingan komponen ini ditunjukan dengan persentase total setiap unit yang ada.

6. Diagram Donat atau Donut Chart

Dalam visualisasi data, diagram donat menunjukkan bagaimana persentasi hubungan satu data dengan yang lainnya secara keseluruhan. Dalam penggunaannya, setiap irisan diagram donat harus selalu bernilai sama dengan 100% dari keseluruhan jumlah.

7. Peta atau Maps

Bagan peta atau maps biasanya digunakan dalam visualisasi data untuk menampilkan lokasi, wilayah penjualan, jangkauan pelanggan, maupun distribusi karyawan sebuah perusahaan.

Dalam penggunaannya, kita dapat memberikan warna tertentu di dalam peta untuk menandai suatu wilayah sesuai dengan variabel yang ingin kita presentasikan agar dapat memberikan kemudahan dalam membaca data tersebut.

Demikianlah uraian singkat visualisasi data, mulai dari pengertiannya hingga jenis-jenis bagan yang dapat digunakan dalam visualisasi data. Dengan menggunakan visualisasi data yang baik dan menarik, maka akan memberikan kemudahan kepada perusahaan untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Thumbnail Source: Photo by Pixabay From Pexels

Artikel Terkait:
Pengertian Data

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login