Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Web Phising

Bina-Qurani-Web-Phising
Web Phising

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi belakangan ini, semakin sering pula kita jumpai kasus-kasus kejahatan online yang berkaitan dengan kebocoran data pribadi seseorang.

Kejahatan online ini nampaknya semakin menjadi ancaman bagi aktivitas online seseorang. Selain mendatangkan kecemasan, kejahatan ini juga menimbulkan banyak kerugian, baik kerugian karena menjadi korban pencurian data maupun kerugian karena dijadikan terget sasaran untuk melakukan penipuan.

Bentuk kejahatan ini sering juga disebut dengan phising, yaitu tindak kejahatan yang dilakukan guna untuk mendapatkan informasi dan data pribadi seseorang melalui beragam teknik pengelabuan. Adapun data yang menjadi sasaran aktivitas phising ini adalah:

  • Data Pribadi – Seperti: Nama, usia, dan alamat.
  • Data Akun – Seperti: Username, dan password.
  • Data Finansial – Seperti: Informasi kartu kredit dan rekening.

Dalam praktiknya, kejahatan ini diluncurkan dengan menggunakan berbagai macam media digital seperti email maupun website. Maka tak heran jika kemudian muncul istilah-istilah seperti email phising dan web phising.

Bina-Qurani-Web-Phising

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Web Phising, Source: Photo by Nikita Belokhonov From Pexels

Bagi orang awam, mungkin istilah web phising masih belum terlalu familiar terdengar di telinga mereka. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang apa itu web phising dan cara menghindarinya.

Pengertian Web Phising

Apa itu web phising?

Dapat dikatakan bahwa web phising adalah sebuah situs website yang dirancang dan dibangun untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan dan pencurian. Web phising ini dilakukan melalui berbagai percobaan demi mendapatkan informasi sensitif seperti nama, usia, alamat, nomor kartu kredit, username, kata sandi, dan data-data lainnya.

Bentuk web phising biasanya dibuat dengan menyerupai website aslinya baik dari tampilan layout maupun designnya. Bahkan dari penggunaan nama domainnya pun mirip dengan domain aslinya (domain spoofing). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecurigaan calon korbannya.

Di Indonesia sendiri, web phising biasanya digunakan untuk mengambil alih akun media sosial seseorang yang telah menjadi targetnya. Sedangkan di luar negeri, web phising digunakan untuk mendapatkan data nomor kartu kredit dan akun bank online pribadi.

Bina-Qurani-Web-Phising

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Web Phising, Source: Photo by Mikhail Nilov From Pexels

Ciri-Ciri Web Phising

Bagaimana ciri-ciri web phising?

Untuk mengetahui ciri-ciri web phising dapat kita pelajari melalui dua hal, yaitu:

1. Ekstensi dan Nama Domain

Untuk mengetahui sebuah situs yang kita kunjugi merupakan web phising atau bukan, dapat kita lakukan dengan melihat ekstensi dan nama domainnya.

Domain merupakan sebuah alamat unik sebuah website yang hanya dapat didaftarkan satu kali di seluruh dunia. Jadi, tidak akan ada nama domain yang sama di dunia ini, kecuali dengan ekstensi yang berbeda.

Ekstensi sebuah website atau situs resmi biasanya menggunakan ekstensi top level domain atau TLD seperti, .com maupun .di atau .co.id jika di dalam negeri. Jika sebuah domain populer namun menggunakan selain ekstensi TLD, maka dapat dipastikan situs tersebut adalah web phising.

2. Copywriting

Selain ekstensi dan nama domainnya, untuk dapat mengetahui sebuah situs termasuk web phising atau bukan dapat kita lihat dari copywriting di halaman login.

Web phising cenderung akan menggunakan kata-kata yang sifatya terlalu berlebihan atau cenderung memaksa agar calon korban segera mengisi informasi yang telah disediakan di halaman tersebut.

Bina-Qurani-Web-Phising

Site: Bina Qurani Islamic School, Image: Web Phising, Source: Photo by Lee Campbell From Pexels

Cara Menghindari Web Phising

Setelah kalian mengetahui tentang pengertian dari web phising dan ciri-cirinya, hal selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah cara menghindari web phising tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk menghindari web phising:

  • Selalu cek domain website yang bersangkutan.
  • Hindari mengunjungi situs atau link yang dikirim dari email mencurigakan.
  • Senantiasa memeriksa akun.
  • Rajin mengganti password.
  • Gunakan verifikasi dua langkah.

Demikianlah beberapa langkah tentang cara menghindari web phising agar data pribadi kita tetap aman dan terhindar dari pencurian.

Kita ketahui bersama bahwa web phising merupakan salah satu tindak kejahatan cyber yang sering terjadi di Indonesia maupun di luar negeri. Oleh karena itu, berhati-hati dan lebih waspada merupakan kunci agar kita terhindar dari kejahatan tersebut.

Thumbnail Source: Photo by Mikhail Nilov From Pexels

Artikel Terkait:
Apa Itu Hacking

TAGS
#Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Web Design #Web Developer
Login