Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

What Is Computer Science?

Bina-Qurani-What-Is-Computer-Science
What Is Computer Science?

Apa itu computer science?

Computer science atau ilmu komputer merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang ilmu komputasi, perangkat lunak, maupun perangkat keras. Bidang ilmu ini lebih khusus mengajarkan tentang bagaimana cara agar komputer dapat bekerja atau melakukan berbagai perintah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Menurut Peter Denning terkait what is computer science, Denning menyebutkan bahwa computer science atau ilmu computer adalah studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransfromasikan informasi. Baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.

Sedangkan menurut CSAB atau Computing Sciences Accredation Board tentang what is computer science atau apa itu computer science, CSAB menyebutkan bahwa computer science atau ilmu computer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesain komponen, serta termasuk di dalamnya hal-hal yang berhubungan dengan teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem. Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep, metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya, dan metodologi analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta.

Maka, berdasarkan persamaan pemaknaian terminology dan hakikat makna dalam definisi yang digunakan di atas, dapat disimpulkan bahwa computer science atau ilmu computer adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain, dan implementasi, yang berhubungan dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak maupun perangkat keras.

Bina-Qurani-What-Is-Computer-Science

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: What Is Computer Science, Source: Photo by Cottonbro Pexels

Namun, banyak persepsi yang salah atau kurang tepat dari masyarakat awam tentang computer science atau ilmu komputer. Di antara persepsi yang salah kaprah tersebut antara lain:

  • Computer science atau ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajadi tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop. Atau ilmu biologi juga bukan ilmu yang mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop, dan mikroskop adalah alat dari ilmu, bukan ilmu itu sendiri.
  • Computer science atau ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
  • Computer science atau ilmu komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan aplikasi-aplikasi komputer.
Cabang-cabang Computer Science

Sebagaimana ilmu pengetahuan pada umumnya, computer science atau ilmu komputer juga memiliki cabang-cabang ilmu. Di antara cabang-cabang ilmu komputer tersebut antara lain:

1. Matematika Komputasi

Salah satu cabang dari computer science atau ilmu komputer adalah matematika komputasi. Matematika komputasi adalah matematika yang menggunakan komputasi khusus dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika.

2. Keamanan Internet

Cabang dari computer science yang lain adalah kemanan internet. Keamanan internet merupakan kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber-sumber dan informasi pribadi di internet. Pada saat komputer terhubung dalam jaringan internet dan mulai saling berkomunikasi, maka keamanan komputer akan mulai beresiko.

Keamanan internet meliputi perlindungan akun dan file internet dalam sebuah komputer terhadap intrusi atau gangguan pengguna asing.

Bina-Qurani-What-Is-Computer-Science

Site: Bina Qurani Islamic Boarding School, Image: What Is Computer Science, Source: Photo by Cottonbro Pexels

3. Data Warehouse

Data warehouse merupakan suatu sistem yang mengkonsolidasikan data secara periodic dari sistem-sistem yang ada, menuju ke dalam suatu penyimpanan dimensional. Data warehouse pada umumnya menyimpan data histori beberapa tahun dan di-quey untuk keperluan business intelligence atau aktifitas analisis lainnya.

Setelah data historis dikumpulkan oleh data warehouse, kemudian dapat disajikan sebagai bahan komprehensif bagi manajemen untuk dapat mengambil keputusan, analisis kebutuhan organisasi, hingga peramalan kondisi organisasi berdasar data.

4. Mobile Computing

Cabang computer science selanjutnya yaitu mobile computing. Moblie computing adalah menggunakan peralatan komputer yang bergerak. Mobile computing berarti transmisi tanpa kabel atau wireless tetapi tidak sebaliknya, dimana transmisi wireless tidak selalu berarti mobile computing.

5. Algoritma

Cabang lain dari computer science adalah algoritma. Dalam menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuat desain atau rancangan. Desain menyajikan cara berfikir pemrograman dalam menyelesaikan masalah.

Desain ini berisi urutan langkah-langkah pencapaian solusi yang ditulis dalam notasi-notasi deskriptif. Urutan langkah-langkah yang sistematis untuk menyelesaikan masalah dinamakan algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Itulah beberapa cabang dari computer science, selain kelima cabang di atas masih ada cabang-cabang komputer science yang lain. Cabang-cabang ilmu komputer atau computer science di atas sekaligus menutup tulisan tentang “what is computer science”.

Thumbnail Source: Photo by Mati M Pexels

Artikel Terkait:
Modern Smart Technology

TAGS
#Augmented Reality #Belajar Website Pemula #Coding Dasar #Data #Jaringan #Pemrograman Android #Software Pemrograman Android #Virtual Reality #Web Design #Web Developer
Login