Profile Bina Qurani Islamic School

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

SELAYANG PANDANG

BQ Islamic Boarding School adalah lembaga pendidikan formal dengan konsep Sekolah Integritas yang mengusung teori kuat dan praktik tepat. Sekolah yang memberikan kenyamanan proses belajar mengajar dalam rangka mempelajari Kurikulum Quality bagi seluruh pendidik, peserta didik, serta para orang tua. Bina Qurani Islamic School didirikan pada tahun 2019 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Qurani Kota Bogor dengan harapan demi terwujudnya generasi qurani yang beradab, berwawasan lingkungan dan global. Bina Qurani Islamic School merupakan sekolah berasrama jenjang SMP Putera yang menawarkan fasilitas terbaik untuk menunjang kenyamanan, kelancaran, dan kesuksesan proses pembelajaran peserta didiknya.

Pada awal pendiriannya, Bina Qurani Islamic School dirancang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi sehingga target pencapaian peserta didik diharapkan menjadi pribadi yang berintegritas, memiliki pemahaman Islam yang benar dan cakap dalam penguasaan bahasa dunia serta mahir di bidang IT. Sejak didirikan pada tahun 2019, dan atas izin Allah Subahannahu wa ta’ala Bina Qurani Islamic Boarding School membuka angkatan pertama untuk tahun pelajaran 2022-2023 dengan 64 siswa.

LEGALITAS

Pada tahun 2021 Bina Qurani Islamic Boarding School secara resmi mendapatkan izin Pendirian Program atau Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) SK KEMENKUMHAM: AHU-0015067 .AH.01.04 Tahun 2021, dengan alamat: Nama Sekolah : SMP BQ Islamic School Alamat : Jl. Pinus RT. 001 RW. 009, Kel. Situ Gede, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor Jawa Barat 16115

Bina Qurani Islamic Boarding School selalu berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kenyamanan kegiatan belajar peserta didik dan bagi orang tua. Tower-tower unik yang dipersembahkan oleh BQ Islamic Boarding School didesain dengan konsep high quality dan hospitality diharapkan dapat menciptakan nuansa keakraban dan menambah kehangatan bagi seluruh peserta didik dalam belajar dan menjalani kegiatan sehari-hari. Lokasi BQ Islamic Boarding School juga strategis dan asri, ditambah dengan keindahan pemandangan gunung Salak dan Pangrango serta dikelilingi danau cantik, Situ Gede, Situ Burung, dan Situ Panjang semakin menambah kenyamanan dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah.

KURIKULUM DAN PROGRAM

  • Penerapan Kurikulum

BQ Islamic Boarding School memadukan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum khas Bina Qurani yaitu QUALITY (Quran, Adab, Language dan Informasi Teknologi). Dengan kurikulum QUALITY yang dirancang sesuai dengan perkembangan kebutuhan peserta didik dan perkembangan dunia IT maka di BQ Islamic Boarding School bukan hanya mendidik siswa JAGO NGAJI tapi juga JAGO CODING.

  • Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Kurikulum Merdeka juga merupakan upaya untuk pemulihan pembelajaran yang lebih sederhana dan mendalam. Penerapan Kurikulum Merdeka salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan Indonesia, dirancang dengan fokus pada pengembangan karakter yang diharapkan mampu melahirkan insan-insan berpengatahuan luas.

SMP BQ Islamic School menjadi salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengikuti perkembangan Pendidikan di Indonesia. Sehingga siswa SMP BQ Islamic School dapat mengenal nilai-nilai kebudayaan dalam proses pembelajaran, menumbuhkan, dan mengembangkan rasa merdeka belajar serta membantu siswa mengembangkan kemandirian dan keterampilan belajar. Selain itu siswa juga diharapkan dapat merencanakan, mengatur waktu, dan mengevaluasi kemajuan sendiri, keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan di masa depan. Lihat selengkapnya. Di sini

PRINSIP KURIKULUM MERDEKA

  • Fokus pada Muatan Esensial

Pembelajaran berpusat pada muatan yang paling diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter murid agar pendidik memiliki waktu memadai untuk melakukan pembelajaran yang mendalam dan bermakna. Hal ini sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan zaman dan isu terkini, seperti perubahan iklim, literasi finansial, literasi digital, literasi kesehatan, dan pentingnya sastra dalam memperdalam kemampuan literasi murid.

  • Pengembangan Karakter

Pengembangan kompetensi spiritual, moral, sosial, dan emosional murid, baik dengan pengalokasian waktu khusus maupun secara terintegrasi dengan proses pembelajaran, seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

  • Fleksibel

Pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi murid, karakteristik satuan pendidikan, dan konteks lingkungan sosial budaya setempat.

EKSTRAKURIKULER

Bina Qurani Islamic Boarding School memberikan keluasan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, karena dengan adanya kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi minat dan bakat peserta didik yang cukup variatif, sehingga output Bina Qurani ini tidak hanya mumpuni dari sisi kognitif dan afektif tetapi juga secara psikomotorik mampu berkompetisi dengan lulusan-lulusan sekolah lainnya. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian integral dari pengalaman siswa di sekolah menengah pertama (SMP) yang dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Diantaranya, untuk pengembangan keterampilan di luar lingkungan kelas untuk dapat berbicara di depan umum dalam logika berargumentasi; Menentukan bakat dan minat melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler sehingga siswa dapat memiliki kesempatan untuk menemukan bakat dan minat yang mungkin belum mereka sadari sebelumnya; Serta dapat meningkatkan prestasi akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan membantu meningkatkan keterampilan manajemen waktu, disiplin, dan konsentrasi dalam meraih kesuksesan akademik. Kegiatan ekstrakurikuler Bina Qurani Islamic Boarding School merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap peserta didik. Contoh kegiatan ekstrakurikuler diantaranya adalah: Tennis, Basket, Badminton, Futsal, Taekwondo, Pramuka, Animasi, Desain Grafis dan PMR.

STANDAR MUTU PENJAMINAN INTERNAL

  1. Memiliki jiwa leadership yang berilmu, jujur, amanah, dan cerdas
  2. Mahir berbahasa Arab dan Bahasa Inggris
  3. Menguasai seluk-beluk pembuatan website dan bahasa pemrograman
  4. Terampil dalam desain grafis dan video editing
  5. Mendapatkan sanad Al-Qur’an bersambung kepada Rasulullah ﷺ

NILAI-NILAI INTI BINA QURANI

Profesional
  1. Bekerja keras dengan ikhlas, cerdas, dan tuntas
  2. Bekerja dengan fokus dan totalitas
  3. Memberikan hasil diatas ekspektasi
Integritas
  1. Berkomitmen tinggi dalam melaksanakan amanah pendidikan
  2. Membudayakan kejujuran akademik dan kebebasan ilmiah
  3. Menerapkan transparansi akademik
Ukhuwah
  1. Berbagi ilmu, melatih, membimbing dan peduli
  2. Menjaga ikatan kekeluargaan dengan senantiasa tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwan
  3. Memberikan loyalitas terhadap pimpinan, lembaga, dan keluarga besar Bina Qurani
Pelayanan
  1. Berkualitas Berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik
  2. Menjadi orang tua bagi seluruh siswa di sekolah
  3. Menjadi pelayan terbaik bagi seluruh orang tua siswa

Contact Details​

Lokasi BQ Islamic Boarding School sangat strategis dan asri, dengan keindahan dikelilingi danau cantik, Situ Gede, Situ Burung, dan Situ Panjang serta view gunung Salak Bogor.

Find Us

Jl. Pinus, RT. 01, RW. 09, Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, 16115.

Our Mail

Call Center

08135-000-0434