Inspiring Articles
BQ Islamic Boarding School

Dampak Penggunaan Komputer dalam Pendidikan

Prestasi-Siswa-Bina-Qurani-islamic-school

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

Dampak Penggunaan Komputer dalam Pendidikan – Perkembangan dunia teknologi informasi khususnya komputer merupakan sebuah dilema antara peluang dan tantangan. Perkembangan tersebut telah merambah di berbagai aspek kehidupan dan tak lepas juga dari dunia pendidikan. Lantas bagaimana dampak dari penggunaan komputer dalam aspek pendidikan? Berikut ulasannya.

Perkembangan Komputer

Komputer atau yang dikenal dengan istilah PC (Personal Computer) adalah alat yang dipakai untuk mengolah sebuah data sesuai perintah yang sudah diprogram. Komputer yang kita kenal sekarang pada awalnya adalah sebuah perhitungan aritmetika. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer modern telah dipakai dalam segala bidang yang tidak terkait dengan matematika.

Sejarah komputer tercipta sejak abad ke-19 dengan desain awal komputer mekanik dengan nama mesin analitikal, oleh Charles Babbage. Kemudian desain awal ini menjadi basis kerangka pertama dari desain komputer yang sekarang kita kenal.

Sejarah dari perkembangan komputer tersebut kemudian terbagi menjadi berbagai generasi, diantaranya ialah:

  • Generasi Pertama; Terjadinya perang dunia ll merupakan cikal bakal terciptanya komputer. Negara-negara yang terlibat dalam perang, berusaha membuat teknologi canggih sebagai alat dalam perang tersebut.

  • Generasi Kedua; Penemuan transistor untuk menggantikan mesin dalam televisi dan radio mempengaruhi perkembangan komputer. Dimana transistor tersebut mulai digunakan dalam komputer pada tahun 1956.

  • Generasi Ketiga; Kemajuan perkembangan komputer pada generasi ini adalah terciptanya sistem operasi atau OS. Dimana sistem operasi ini memungkinkan mesin dapat menjalankan berbabagi program berbeda dengan serentak. Kemudian dalam periode ini pula, mesin komputer semakin kecil dengan dikembangkannya sirkuit terpadu pada tahun 1958 oleh Jack Kilby.

  • Generasi Keempat; Pada generasi ini, komputer mulai dikembangkan dan diproduksi ke masyarakat umum. Sehingga semua orang dapat menggunakan komputer, atau yang juga disebut dengan istilah minikomputer. Kemudian pada generasi ini tepatnya pada tahun 1981, Personal Computer secara resmi diperkenalkan oleh IBM.

  • Generasi Kelima; Periode dimulainya AI atau Artificial Intelligence adalah dengan ditemukannya komputer fiksi, yaitu HAL9000 dari sebuah novel kerya Arthur C. Clarke pada tahun 2001.

Baca Selengkapnya | Sejarah Komputer

Dampak Penggunaan Komputer dalam Pendidikan
Source: Komputer ENIAC (Unidentified U.S. Army photographer – Image from Historic Computer Images)

Dampak Penggunaan Komputer dalam Pendidikan

Setelah kita mengetahui perkembangan singkat dunia komputer, apakah komputer itu sendiri memiliki dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan? Setidaknya terdapat dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer.

Dampak Positif bagi Pendidikan

Bagi dunia pendidikan tentu keberadaan komputer sangat berpengaruh terhadap terlaksananya proses pembelajaran. Bagi peserta didik, guru dan lembaga pendidikan, komputer telah mengubah cara pendang pendidikan ke arah yang lebih modern, cepat dan lebih efisien.

Berikut adalah dampak komputer terhadap dunia pendidikan:

  1. Pembelajaran yang lebih interaktif
  2. Efisiensi dalam administrasi
  3. Akses informasi yang lebih luas
  4. Peningkatan dalam keterampilan
  5. Kolaborasi dan komunikasi

Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan dari komputer adalah:

  1. Ketergantungan akan teknologi
  2. Kesulitan dalam akses internet
  3. Distraksi terhadap konten buruk
  4. Gangguan terhadap kesehatan fisik
  5. Keamanan data pribadi

Kesimpulan

Komputer ibarat dua mata pisau, disamping memiliki dampak positif, penggunaan komputer juga menimbulkan dampak buruk bagi segala lini kehidupan. Tak luput juga dalam dunia pendidikan, komputer sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan kurikulum pendidikan. Jadi, gunakanlah komputer dengan bijak untuk kepentingan yang baik. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga | Inspiring Articles Bina Qurani

Mamduh-Hafidz-Quran-Bina-Qurani-Islamic-Boarding-School
Nilai Pendidikan Nabi Muhammad SAW yang Masih Relevan di Era Modern

Kurikulum Inti BQ Islamic Boarding School

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Belajar Berkualitas dengan Fasilitas Berkelas

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Info Pendaftaran

Download Profil

© 2024 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved