Inspiring Articles
BQ Islamic Boarding School

Penting Belajar Coding Sejak Usia Dini

Penting Belajar Coding Sejak Usia Dini
Prestasi-Siswa-Bina-Qurani-islamic-school

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

Penting Belajar Coding Sejak Usia Dini – Coding adalah sebuah proses menulis perintah atau instruksi yang hanya dapat dipahami oleh program komputer. Untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, instruksi tersebut ditulis ke dalam bahasa pemrograman. Lantas seberapa pentingkah mempelajari coding untuk anak usia dini?

Bahasa Pemrograman

Definisi singkat bahasa pemrograman adalah sekumpulan perintah atau instruksi yang digunakan untuk dapat berkomunikasi dengan komputer. Jika diibaratkan, komputer adalah asisten yang sangat cerdas namun tidak dapat berbicara seperti manusia. Peran bahasa pemrograman adalah sebagai penerjemah sehingga dapat dipahami oleh komputer tersebut.

Bahasa pemrograman merupakan sebuah alat yang sangat luar biasa dalam mengendalikan sebuah komputer. Tanpa bahasa pemrograman tersebut, komputer tidak dapat membaca perintah dari manusia.

Dengan mempelajari bahasa pemrograman, kita dapat membuka banyak peluang untuk menciptakan inovasi yang mutakhir. Sebagaimana program yang terdapat pada ponsel kita, banyak perintah yang dapat kita berikan hanya dengan satu kali klik saja.

Macam-macam Bahasa Pemrograman

Berikut ini adalah bahasa pemrograman paling populer yang digunakan untuk coding, meliputi:

  • Phyton
  • JavaScript
  • C++
  • C#
  • php

Dari semua bahasa pemrograman di atas memiliki ciri khas dan tujuannya masing-masing. Bahasa tersebut memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, jika kita menginginkan pengembangan game, maka memilih C++ mungkin lebih tepat.

Bahasa Pemrograman Paling Populer

Belajar Coding Sejak Usia Dini

Mempelajari coding untuk anak sejak usia dini merupakan investasi pendidikan yang sangat baik demi masa depan sang anak. Coding secara tidak langsung dapat memberikan manfaat akademik, salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan berfikir secara logis.

Selain itu, mempelajari coding juga dapat mengambangkan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga hal ini sangat berguna untuk tumbuh kembang anak di lingkungan sekitarnya.

Lantas apa saja manfaat mempelajari coding untuk anak pada usia dini? Berikut ulasannya.

Manfaat Belajar Coding Sejak Usia Dini

  • Meningkatkan Kreatifikas: Dengan mempelajari coding memungkinkan anak-anak dapat menuangkan ide-ide briliant mereka ke dalam produk yang nyata. Seperti membuat game, website atau aplikasi mobile.
  • Meningkatkan Kemampuan Berfikir: Coding dapat mengajarkan anak untuk bisa berfikir logis. Sehingga diharapkan dapat memecehkan masalah yang rumit dengan cara yang sistematis.
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri: Dengan belajar coding sejak usia dini dapat meningkatkan rasa kepuasan dan percaya diri. Hal ini sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.
  • Belajar Sambil Bermain: Tak dipungkiri lagi bahwa coding adalah kegiatan yang menyenangkan. Bagi anak yang suka bermain game, dengan coding tidak hanya bermain melainkan menciptakan game sendiri.
  • Mempersiapkan Diri untuk Masa Depan: Perkembangan teknologi informasi melaju dengan sangat cepat. Sehingga dengan coding, anak-anak diharapkan dapat mengimbangi perkembangan dan tantangan zaman.

Penting Belajar Coding Sejak Usia Dini

Coding untuk Pemula

Coding bagi pemula khususnya anak-anak yang baru beranjak dewasa atau tingkat Sekolah Dasar, tidaklah kompleks. Ada banyak hal yang harus dilalui sebelum berkenalan dengan bahasa pemrograman. Salah satunya adalah menatih logika atau cara berpikir dalam coding.

Sebagaimana yang sudah kita bahas bersama di atas, coding berisi perintah atau instruksi. Sehingga logika di sini berperan sebagai jembatan untuk memahami instruksi yang akan diterima oleh komputer.

Salah satu platform untuk mempelajari logika dalam coding adalah Scratch. Sebagai bahasa pemrograman yang paling populer, scratch dirancang untuk anak-anak usia 8 tahun ke atas. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, scratch dapat digunakan dengan mudah oleh anak-anak.

Ibarat sebuah puzzle, scratch adalah sekumpulan kode program dalam bentuk puzzle tersebut. Sehingga dengan puzzle yang tersusun dalam kode program, kita bisa membuat game, animasi dan cerita interaktif yang menyenangkan.

Baca Juga | Inspiring articles Bina Qurani

Mamduh-Hafidz-Quran-Bina-Qurani-Islamic-Boarding-School
Nilai Pendidikan Nabi Muhammad SAW yang Masih Relevan di Era Modern

Kurikulum Inti BQ Islamic Boarding School

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Belajar Berkualitas dengan Fasilitas Berkelas

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Info Pendaftaran

Download Profil

© 2024 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved