Inspiring Articles
BQ Islamic Boarding School

Belajar IT Mulai Dari Mana

Belajar IT Mulai Dari Mana
Prestasi-Siswa-Bina-Qurani-islamic-school

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

Belajar IT Mulai Dari Mana –  Dunia IT menawarkan banyak peluang di segala bidang. Baik dalam pekerjaan, pendidikan, bahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun sebagai orang awam yang ingin belajar IT, dari mana sebaiknya memulai? Berikut ulasannya.

Teknologi informasi (IT) merupakan sebuah istilah yang umum digunakan dalam segala bidang teknologi untuk meyimpan, mengubah dan membantu manusia menyebarkan informasi. Atau secara sederhana, ruang lingkup IT adalah mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan komputer dalam memproses dan mengolah data.

IT memiliki peranan penting yang sangat signifikan dalam segala aspek kehidupan dan dunia bisnis. Salah satunya adalah efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan data dan informasi yang cepat. Baca Selengkapnya.

Untuk memahami Teknologi informasi (IT) dengan mudah, dapat dibagi menjadi beberapa golongan:

  • Perangkat Keras (Laptop, Komputer, Smartphone, Tablet, Router, Server dan berbagai perangkat keras input/output lainnya)
  • Perangkat Lunak (Software seperti Photoshop, Sitem Operasi Windows, Ms. Office dan Software aplikasi lainnya)
  • Jaringan (Internet, Extranet dan berbagai jenis jaringan lainnya)
  • Database (Untuk menyimpan sebuah data dalam jumlah yang besar dan terorganisir)
  • Internet of Things (Sebuah perangkat fisik dari jaringan yang terhubung ke dalam internet yang saling berkomunikasi)

Selain ruang lingkup Teknologi informasi (IT) di atas, dunia IT juga terbagi menjadi beberapa bidang, diantaranaya adalah:

  • Programming
  • Web Designer
  • Data Science
  • Cyber Securiry
  • Artificial Intelligence

Penting Belajar Coding Sejak Usia Dini

Baca Juga | Pesantren IT Terbaik di Kota Bogor

Lalu untuk belajar IT mulai dari mana? Untuk pemula yang sedang memulai belajar IT, simak ulasan berikut ini:

  • Tentukan Tujuan Anda

Langkah awal untuk memulai belajar IT adalah dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai dari belajar IT. Kemudian tentukan juga apa hal yang menarik dan menjadi alasan mengapa memilih belajar IT.

  • Mulai dari Dasar-dasar

Mulailah dari dasar untuk membantu mempermudah dalam proses belajar. Yaitu dengan membangun logika dasar tentang konsep komputer, jaringan, sistem operasi dan lain sebagainya.

  • Manfaatkan Platform Online

Dunia internet sudah semakin berkembang, di sana kita bisa mencari sumber ilmu dan materi dari platform yang sudah tersedia. Seperti e-Modul, e-Learning dan materi berbasis online lainnya.

  • Pilih Bahasa Pemrograman

Di dunia pemrograman sendiri, bahasa pemrograman sangat beragam. Namun pilihlah yang paling mudah dan populer untuk digunakan. Salah satunya adalah Python yang dianggap sebagai pilihan yang terbaik bagi pemula.

  • Praktik dengan Konsisten

Tidak ada hasil kecuali dengan praktik. Sebanyak apapun materi yang sudah dipelajari, akan sia-sia jika tidak dituangkan dalam praktik secara langsung. Mulailah dengan membuat project kecil untuk mengplikasikan program yang telah dipelajari.

  • Jangan Takut Gagal

Setiap programmer pasti dan harus mengalami kegagalan atau kesalahan. Bahkan disegala bidang, kegagalan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Sehingga mulailah dengan kesalahan kecil untuk diperbaiki menjadi lebih baik. Belajar dari kesalahan untuk menciptakan inovasi yang terbaik. Jangan malu untuk bertanya dan minta bantuan kepada rekan atau komunitas online.

  • Kolaborasi

Bergabunglah dengan komunitas atau teman kerja untuk menjalin kolaborasi dalam produk yang nyata. Hal ini akan mempercepat proses belajar dan lebih menyenangkan.

Belajar IT tidak semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan skill dan dedikasi yang tinggi untuk menguasai bidang tersebut secara konsisten. Cabang dari IT memang luas, sehingga untuk mendalami profesi tersebut pilihlah sesuai dengan kemampuan dan tujuan kita.

Semoga atas izin Allah SWT, dapat dipermudah dalam mempelajari IT dan membuat inovasi baru yang bermanfaat bagi kemaslahatan bersama.

Baca Juga | Inspiring articles Bina Qurani

Mamduh-Hafidz-Quran-Bina-Qurani-Islamic-Boarding-School
Nilai Pendidikan Nabi Muhammad SAW yang Masih Relevan di Era Modern

Kurikulum Inti BQ Islamic Boarding School

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Belajar Berkualitas dengan Fasilitas Berkelas

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Info Pendaftaran

Download Profil

© 2024 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved