Inspiring Articles
BQ Islamic Boarding School

Pesantren Sebagai Wujud Kebudayaan Di Indonesia

Menerapkan Sunnah Rasulullah dalam Kehidupan Sehari-hari
Prestasi-Siswa-Bina-Qurani-islamic-school

Penerimaan Peserta Didik Baru 2025-2026

BQ Islamic Boarding School Kota Bogor

Pesantren Sebagai Wujud Kebudayaan Di Indonesia – Pondok pesanten sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, telah berperan penting dalam struktur kemajuan masyarakat Indonesia. Yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Lalu bagaimana peran Pesantren Sebagai Wujud Kebudayaan Di Indonesia? Berikut ulasannya.

Sejarah Singkat Pesantren

Pondok pesantren di Indonesia telah berdiri sejak zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman, pondok pesantren telah berevolusi mengikuti perkembangan waktu. Namun secara umum, berdirinya pondok pesantren dimulai dari surau-surau atau pendidikan Alquran oleh para Kiyai.

Dimana pendidikan Alquran tersebut dilakukan dalam lingkup kecil, kemudian seiring dengan banyaknya santri mulainya berdiri sebuah lembaga pendidikan yang lebih besar lagi. Sehingga pada awalnya para Kiyai tidak secara langsung terlibat dalam kepengurusan secara sistematis berdirinya pesantren.

Para Kiyai hanya berfokus pada pengajaran Alquran kepada santri, pendidikan aqidah dan pendidikan karakter. Sehingga yang terfikirkan hanyalah bagaimana mengajarkan pendidikan agama Islam kepada santri.

Seiring dengan perkembangan waktu, pondok pesantren di Indonesia telah tersebar hingga ke pelosok negeri. Lebih dari 39.551 pondok pesantren yang tercatat oleh Kementerian Agama pada tahun 2023/2024 dengan total santri sebanyak 4,9 Juta. Baca Selengkapnya

Sekolah Berintegritas Hadirkan Inovasi Terbaru

Budaya Pesantren di Indonesia

Selain sebagai lembaga pendidikan yang kental akan nilai-nilai agama Islam. Pondok pesantren juga dikenal sebagai lembaga pendidikan yang kental dengan nilai budaya. Sehingga pondok pesantren berperan penting dalam pelestarian nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat.

Apa saja yang dimaksud budaya dalam pesantren? Budaya tersebut merupakan kebiasaan yang sudah tertanam ribuan tahun yang lalu. Sejak pondok pesantren didirikan, kebiasaan-kebiasaan seperti menghafal Alquran, penerapan adab-adab Islami, kepengasuhan dalam pesantren serta penanaman nilai-nilai Islam yang lainnya.

Lalu bagaimana peranan pondok pesantren dalam melestarikan budaya di Indonesia? Berikut diantaranya:

  • Sebagai Lembaga Pendidikan Islam
  • Pelestarian Seni dan Budaya
  • Pusat Peradaban
  • Kontribusi Generasi Penerus Bangsa
  • Pelestarian Budaya

Kesimpulan

Seiring berjalannya waktu, meskipun pesantren sudah mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Pondok pesantren tetap menjadi tempat utama dalam melestarikan budaya. Budaya tersebut merupakan kebiasaan yang harus dilestarikan agar para penerus bangsa tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam yang luhur.

Baca Juga | Inspiring Articles Bina Qurani

Mamduh-Hafidz-Quran-Bina-Qurani-Islamic-Boarding-School
Nilai Pendidikan Nabi Muhammad SAW yang Masih Relevan di Era Modern

Kurikulum Inti BQ Islamic Boarding School

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Belajar Berkualitas dengan Fasilitas Berkelas

BQ Islamic Boarding School mengintegrasikan antara kurikulum Dinas Pendidikan & Kurikulum Inti Bina Qurani. Yaitu Tahfidz ...

Info Pendaftaran

Download Profil

© 2024 BQ Islamic Boarding School, All Rights reserved