Bentuk Dukungan Terhadap Gerakan Literasi Sekolah

Gerakan Literasi Sekolah bagi siswa merupakan program yang perlu didukung oleh seluruh pihak di sekolah. Pengoptimalan gerakan literasi sekolah akan meningkatkan minat baca siswa sehingga dalam jangka panjang akan menghadirkan banyak manfaat bagi siswa dan guru baik dalam kegiatan belajar mengajar, maupun kegiatan di luar belajar mengajar.

BQ Islamic Boarding School mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan menghadirkan 1.469 lebih koleksi buku yang tersedia di BQ Library. Dengan berbagai topik pembahasan yang menarik untuk siswa, koleksi buku BQ Islamic Boarding School diharapkan dapat mendorong minat baca siswa.

Gerakan Literasi Sekolah merupakan program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai bentuk usaha untuk menumbuhkan rasa cinta siswa sekolah dalam membaca buku. Selain itu, Gerakan Literasi Sekolah juga merupakan upaya pemerintah dalam membentuk dan menumbuhkan budi pekerti anak.

Program Gerakan Literasi Sekolah dikemas dan dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Gerakan Literasi Sekolah bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah seperti peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, komite sekolah, orang tua atau wali murid, akademisi, penerbit, media massa, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gerakan Literasi Sekolah bagi siswa merupakan program yang perlu didukung oleh seluruh pihak di sekolah. Pengoptimalan gerakan literasi sekolah akan meningkatkan minat baca siswa sehingga dalam jangka panjang akan menghadirkan banyak manfaat bagi siswa dan guru baik dalam kegiatan belajar mengajar, maupun kegiatan di luar belajar mengajar.

Oleh karena itu, BQ Islamic Boarding School sebagai lembaga pendidikan formal dengan konsep Sekolah Integritas (SI) yang mengusung teori kuat dan praktik tepat, sangat mendukung program Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan Literasi Sekolah ini selaras dengan dengan visi BQ Islamic Boarding School dalam mewujudkan output dan lulusan-lulusan yang berkualitas. Output yang berkualitas tentu dilahirkan dari konsep kurikulum yang berkualitas pula, sebagaimana BQ Islamic Boarding School yang menerapkan konsep pendidikan QUALITY Kurikulum, yaitu Quran, Adab, Language, and Information Technology.

Dukungan BQ Islamic Boarding School terhadap Gerakan Literasi Sekolah diwujudkan dengan memberikan fasilitas pendukung literasi bagi siswa yaitu perpustakaan atau BQ Library yang di dalamnya terdapat 1.469 lebih koleksi buku dengan berbagai topik pembahasan. Dengan desain yang simple dan elegan, BQ Library diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi siswa untuk berlama-lama berada di dalamnya dalam rangka membaca buku dan memperkaya wawasan.

Melalui BQ Library, BQ Islamic Boarding  School menjalankan tahapan demi tahapan pelaksanaan literasi sekolah. Tahap pertama dari pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah yaitu pembiasaan siswa untuk membaca buku. Pada tahap pertama, seluruh santri BQ Islamic Boarding School dijadwalkan secara rutin untuk berkunjung ke BQ Library dan membaca buku selama 30 sampai 60 menit setiap harinya. Tahapan ini merupakan tahap pembiasaan, agar santri terbiasa dalam berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku.

Selanjutnya yaitu tahap pengembangan, di mana pada tahap ini siswa diharapkan sudah mampu untuk meningkatkan kemampuan literasi melalui kegiatan menanggapi buku-buku dan pengayaan. Kemudian pada tahapan berikutnya, yaitu tahap pembelajaraan maka siswa diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran dengan  menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran.

BQ Islamic Boarding School terus memberikan perhatian dan pengawasan lebih demi terlaksananya seluruh tahapan demi tahapan Gerakan Literasi Sekolah. Semoga melalui Gerakan Literasi Sekolah ini akan lahir generasi-generasi penerus bangsa yang berintelektual tinggi, berbudi pekerti luhur, dan memiliki adab-adab qurani.

Share the Post:

Related Posts