kurikulum dan Program Bina Qurani Islamic Boarding School Kota Bogor

Sekolah Tahfidz Al-Qur’an, IT dan Bahasa

Penerapan Kurikulum

BQ Islamic Boarding School memadukan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum khas Bina Qurani yaitu QUALITY (Quran, Adab, Language dan Informasi Teknologi). Dengan kurikulum QUALITY yang dirancang sesuai dengan perkembangan kebutuhan peserta didik dan perkembangan dunia IT maka di BQ Islamic Boarding School bukan hanya mendidik siswa JAGO NGAJI tapi juga JAGO CODING.

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Kurikulum Merdeka juga merupakan upaya untuk pemulihan pembelajaran yang lebih sederhana dan mendalam.

Penerapan Kurikulum Merdeka salah satu terobosan baru dalam dunia pendidikan Indonesia, dirancang dengan fokus pada pengembangan karakter yang diharapkan mampu melahirkan insan-insan berpengatahuan luas. SMP BQ Islamic School menjadi salah satu sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengikuti perkembangan Pendidikan di Indonesia. Sehingga siswa SMP BQ Islamic School dapat mengenal nilai-nilai kebudayaan dalam proses pembelajaran, menumbuhkan, dan mengembangkan rasa merdeka belajar serta membantu siswa mengembangkan kemandirian dan keterampilan belajar. Selain itu siswa juga diharapkan dapat merencanakan, mengatur waktu, dan mengevaluasi kemajuan sendiri, keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan di masa depan. Prinsip dari Kurikulum Merdeka antara lain adalah sebagai berikut:

Fokus pada Muatan Esensial

Pembelajaran berpusat pada muatan yang paling diperlukan untuk mengembangkan kompetensi dan karakter murid agar pendidik memiliki waktu memadai untuk melakukan pembelajaran yang mendalam dan bermakna. Hal ini sebagai upaya untuk menjawab berbagai tantangan zaman dan isu terkini, seperti perubahan iklim, literasi finansial, literasi digital, literasi kesehatan, dan pentingnya sastra dalam memperdalam kemampuan literasi murid.

Pengembangan Karakter

Pengembangan kompetensi spiritual, moral, sosial, dan emosional murid, baik dengan pengalokasian waktu khusus maupun secara terintegrasi dengan proses pembelajaran, seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Fleksibel

Pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi murid, karakteristik satuan pendidikan, dan konteks lingkungan sosial budaya setempat.

Struktur Muatan Kurikulum

QUALITY CURRICULUM

Quran

  • Teori Kuat
  • Praktik Tepat
  • Tahfiz Al-Qur’an
  • Sanad Al-Qur’an
  • Irama (Langgam)

Internalisasi Adab

  • Knowing
  • Doing
  • Being

Language

  • Reading (fahm al-maqru’)
  • Writing (al-kitabah wa al-khat)
  • Speaking (muhadathah)
  • Grammar (‘ilm al-alah)

Informations Technology

  • Computer Architecture
  • Programming
  • Mobile Application
  • Web Developer
  • Robotic
  • Graphic Design
  • Broadcasting