Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content

Artikel

Bina-qurani-Puasa-arafah-penghapus-dosa-dua-tahun-yang-lalu-dan-yang-akan-datang

Puasa Arafah

12 Juli 2021

Puasa Arafah adalah puasa sunah yang dilakukan pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah yang bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Arafah. Jadi jelas kenapa puasa ini disebut dengan puasa Arafah? Yaitu karena puasa sunah ini bertepatan dengan wukufnya jamaah haji di Arafah. Hukum puasa Arafah adalah sunah bahkan para ulama sepakat bahwa puasa Arafah adalah puasa […]

Panduan Adab Di Hari Jumat Sesuai Sunah (2)

11 Desember 2020

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ، فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ Artinya: “Sesungguhnya sebaik-baik hari kalian adalah hari Jumat, di hari itu Nabi Adam diciptakan, Nabi Adam diwafatkan, ditiupkan sangkakala pertama, dan ditiupkan sangkakala kedua. Maka perbanyaklah berselawat kepadaku (HR. Abu Daud).” Hari jumat yang merupakan […]

Panduan Adab di Hari Jumat Sesuai Sunah (1)

8 Desember 2020

Hari Jumat adalah hari raya umat Islam yang sangat dimuliakan. Kekhususan hari Jumat sebagai hari yang dimuliakan terdapat dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah Raḍiallāhu ‘Anhu yang artinya: “Sebaik-baik hari di saat matahari terbit adalah di hari Jumat. Di hari Jumatlah Nabi Adam ‘alaihissalām diciptakan, dimasukkan kedalam surga, dan dikeluarkan darinya. Hari kiamat tidak […]

Lemahnya Actuating dalam Sekolah Islam

30 November 2020

Salah satu unsur manajemen yang cukup signifikan adalah aktivasi atau penggiatan dari apa yang sudah direncanakan atau diprogramkan. Karena bagi George DR Terry unsur actuating atau aktivasi/penggiatan merupakan tindakan khas dari manajemen. (Manajemen Kurikulum Sekolah Islami, 2019). Artinya tidak dikatakan manajemen jika tidak ada aktivitas actuating atau penggiatan. Jika unsur actuating atau aktivasi/penggiatan ini dikaitkan […]

Pendidikan Karakter Dalam Kisah Nabi Shalih (2)

27 November 2020

Pendidikan karakter sebuah keharusan dalam setiap jenjang pendidikan. Para Nabi menanamkan pendidikan karakter kepada kaumnya sejak awal diutus kepada siapapun baik anak kecil atau dewasa. Pilar pertama yang ditanamkan dalam pendidikan karakter adalah cinta Allah dan kebenaran. Adapun yang kedua adalah tanggungjawab, disiplin, dan mandiri. Nabi Shalih ‘alaihissalam menunjukkan pilar penting ini kepada kaumnya dengan […]

Apa Itu Arti Pendidikan?

25 November 2020

Salah satu istilah yang cukup populer di tengah masyarakat dan diyakini telah menjadi kebutuhan semua usia, profesi, dan kalangan adalah istilah pendidikan. Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan, 2020) Dalama istilah bahasa Arab, […]

Pendidikan Karakter Dalam Kisah Nabi Shalih (1)

24 November 2020

Karakter adalah lebih dekat atau sama dengan akhlak yaitu spontanitas manusia bersikap atau perbuatan yang telah menyatu dalam perbuatan diri manusia sehingga ketika muncul tidak perlu dipikirkan lagi (Ahmat Tafsir, 2000). Adapun pendidikan karakter adalah upaya yang disengaja untuk membantu memahami manusia, peduli dan merealisasikan nilai-nilai etis/susila (Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, 2017). Pendidikan karakter […]

Apa Arti Hikmah dalam Alquran

20 November 2020

“Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak.” Al-Baqarah (2): 269. (quran.kemenag.go.id, 2020). Terjemahan dari penggalan ayat 269 surat al-Baqarah tersebut mengajak kita mendalami lebih jauh lagi untuk memahami arti dari kata الحكمة tersebut. Di antara penyebutan kata  الحكمة di dalam alquran sebagai contoh pada ke empat ayat ini. Pertama, dalam surat al-Baqarah […]

Panduan Adab dan Tugas Murid Menurut Imam al-Ghazali (2)

20 November 2020

Adab dan tugas murid keenam yang dijelaskan oleh Imam al-Ghazali raḥimahullāh dalam kitabnya Ihya Ulumuddin (2005) adalah tidak mendalami seluruh cabang-cabang ilmu agama secara sekaligus, tetapi hendaknya memperhatikan tahapan belajar yang benar, yaitu dengan memulai ilmu yang paling terpenting di antara cabang-cabang keilmuan penting lainnya. Karena jika memang tidak cukup waktu untuk mempelajari semuanya, paling […]

Panduan Adab dan Tugas Murid Menurut Imam al-Ghazali (1)

20 November 2020

Imam al-Ghazali raḥimahullāh menjelaskan adab-adab yang harus diperhatikan oleh murid atau para penuntut ilmu dalam kitabnya Ihya Ulumuddin (2005). Adab bagi penuntut ilmu ini dibahas oleh Imam al-Ghazali raḥimahullāh pada bab kelima jilid pertama dengan judul bab adab-adab penuntut ilmu dan pengajar. Pada artikel ini, akan dijelaskan 5 di antara 10 adab yang disampaikan oleh […]

Tujuan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Alquran (1)

19 November 2020

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia mengamanatkan pemerintah Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Konsekuensi amanat kemerdekaan ini adalah  pemerintah wajib mengusahakan dan menyelenggerakan satu sistem pengajaran nasional. Dalam upaya penyelenggaraan sistem pengajaran ini pemerintah menetapkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang  dituangkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Bab II pasal […]

Panduan Internalisasi Adab untuk Peserta Didik Melalui Diri Sendiri (1)

19 November 2020

Internalisasi adalah setiap usaha dan upaya memasukkan pengetahuan dan keterampilan melaksanakan itu ke dalam pribadi. Disebut internalisasi karena memasukkan daerah luar atau extern (artinya pengetahuan itu masih berada di otak atau di kepala dan ini masih wilayah eksternal) ke intern atau dalam jiwa sehingga menjadi identitas kesehariannya. (Filsafat Pendidikan Islami, 2016) Secara sepintas internalisasi dapat […]

Login